Oh nooo, You use Adblocker!
Your Adblocker is active! It is preventing us to show you our content.

Yuk Mengenal Kucing Kinkalow

Yuk Mengenal Kucing Kinkalow 1

Persilangan kucing american curl dan kucing munchkin lahirlah kucing kinkalow.

Kucing berwarna cokelat muda itu unik dan menggemaskan. Ukuran kakinya lebih pendek dibandingkan dengan kucing lain. Penampilan itu mengingatkan pada sosok anjing tekel atau dachshund yang juga berkaki pendek. Keunikan lain daun telinga menekuk ke bagian luar. Hasil silangan itu disebut kinkalow.

Pemilik kucing itu, Hari Harjanto, mengatakan bahwa di Amerika Serikat kinkalow tergolong populer. Kinkalow kucing hasil perkawinan silang antara kucing jenis munchkin dan american curl.

Induk munchkin mewariskan karakter kaki pendek yang menjadi ciri khasnya. Adapun american curl mewariskan bentuk telinga yang menekuk ke bagian luar.

Yang istimewa, Hari memperoleh kucing kinkalow bukan hasil membeli dari penangkar kucing dari Negeri Abang Sam, melainkan hasil tangkaran sendiri.

kucing kinkalow,kucing persilangan,kucing baru

Kucing kinkalow, hasil silangan kucing munckin dan kucing american curl.

Anakan kucing beragam

Pada 2014 Hari Harjanto membeli 7 kitten atau anakan munchkin berumur 3—5 bulan dari salah satu penangkar kucing di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Pehobi di Kota Depok, Jawa Barat, itu juga membeli 3 kitten american curl dari penangkar di Jakarta.

Ia merawat semua kitten itu hingga dewasa. Menurut Hari munchkin siap kawin pada umur setahun dan american curl 1,5 tahun. Untuk menghasilkan kinkalow Hari mengawinkan munchkin betina dan american curl jantan atau sebaliknya. Meski induk berbeda jenis, Hari tidak kesulitan saat menjodohkan kedua jenis induk.

“Induk jantan siap kawin setiap saat, tergantung kesiapan sang betina,” katanya. Menurut Hari peluang untuk memperoleh kinkalow tidak bisa diperkirakan. Sebab, kedua jenis itu heterozigot atau memiliki dua gen yang berbeda.

kucing kinkalow,kucing baru

Varian warna kucing kinkalow hasil tangkaran Hari Harjanto.

Oleh karena itu dari hasil persilangan kedua jenis itu tidak bisa ditebak, bisa jadi akan menghasilkan anakan yang mewarisi karakter dominan salah satu induk atau kombinasi karakter keduanya. Dari setiap kelahiran, Hari memperoleh rata-rata 3—5 kitten.

Anakan yang lahir dari persilangan itu ada yang dominan karakter munchkin, yaitu berkaki pendek, daun telinga tetap tegak.

Ada juga yang berdaun telinga menekuk ke bagian luar, tapi kakinya tinggi sehingga karakternya tetap seperti american curl. Untuk menghasilkan kinkalow Hari menyeleksi anakan yang memiliki karakter kombinasi kedua induk, yaitu berkaki pendek dan berdaun telinga menekuk ke bagian luar.

Dari 3—5 kitten itu kadang-kadang hanya satu anakan yang berkarakter kinkalow. Ia menyilangkan betina munchkin dan pejantan american curl. Hasilnya dari 4 anakan, 3 di antaranya berkarakter kinkalow.

Pada kesempatan lain ketika menyilangkan betina munchkin dan pejantan american curl, “Saya pernah juga mendapatkan 3 anakan dan tak satu pun berkarakter kinkalow. Jadi, hasilnya tidak bisa ditebak,” tutur Hari.

Harus telaten

Menurut Hari munchkin dan american curl tergolong induk yang telaten. Saat melahirkan sang induk betina berinisiatif memecahkan kantong amnion dan membersihkan seluruh anaknya. Menurut dokter hewan di Yogyakarta, drh Slamet Raharjo, pada kucing ras, terutama jenis persia dan exotic, terkadang indukan malas memecahkan kantong amnion yang membungkus anakan.

Page :
Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x