e135dd539a779c8d503ae975a34730ae

Marmut adalah hewan mamalia yang memiliki darah panas dan sering digunakan sebagai hewan penelitian karena memiliki banyak persamaan biologis dengan manusia. Marmut biasanya hidup dalam kelompok dan bahkan dapat membentuk koloni.

Hewan ini mirip dengan tikus dan termasuk dalam kelompok hewan pengerat yang memakan tumbuhan. Saat lahir, berat marmut sekitar 75-100 gram, tetapi saat dewasa, beratnya mencapai 450-500 gram.

Marmut memiliki tubuh yang pendek dan gemuk, berambut, kaki pendek, dan telinga kecil. Marmut dapat dijumpai di beberapa negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. hewan ini juga dapat hidup di beberapa habitat alami, seperti hutan, padang rumput, dan tundra.

Manfaat saat kita memelihara marmut

Memelihara marmut dapat memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat memelihara marmut:

  • Menjadi sumber hiburan: Marmut dapat menjadi sumber hiburan yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Mereka dapat bermain dan belajar bersama marmut, yang dapat membantu mengembangkan kemampuan sosial dan emosional.
  • Mereduksi stres: Memelihara marmut dapat membantu mereduksi stres dan kecemasan karena mengelola marmut membutuhkan pengalaman yang menenangkan.
  • Meningkatkan kebugaran: Memelihara marmut dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan meningkatkan kebugaran, karena kita harus sering bergerak dan berinteraksi dengan marmut.
  • Belajar bertanggung jawab: Memelihara marmut dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, karena kita harus mengelola marmut dengan tanggung jawab yang tinggi.
  • Meningkatkan empati: Memelihara marmut dapat membantu meningkatkan empati kita terhadap hewan lain, karena kita harus memahami kebutuhan dan perasaan marmut.
Baca juga:  Aroma Parfum Untuk Mengundang Burung Walet

Untuk merawat marmut, kita tentu saja membutuhkan kandang yang nyaman, bersih serta sehat. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat kandang marmut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada pembuatan kandang marmut

Untuk membuat kandang yang baik untuk marmut, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Ukuran: Marmut membutuhkan kandang yang cukup luas untuk bergerak dan bermain.
  • Kebersihan: Kandang marmut perlu selalu dibersihkan secara teratur, oleh karena itu desain kandang perlu dibuat agar mudah dibersihkan.
  • Perlindungan dari cuaca: Marmut membutuhkan kandang yang terlindung panas terik atau hujan lebat. Kandang harus dapat menjaga suhu tubuh marmut agar tetap stabil.
  • Perlindungan dari predator: Kandang harus dapat melindungi marmut dari predator seperti serigala, anjing, atau harimau.
  • Pemakaian material yang aman: Kandang harus dibuat dari material yang aman bagi marmut.
  • Pencahayaan dan ventilasi yang cukup: Kandang harus dapat memberikan pencahayaan dan ventilasi yang cukup bagi marmut. Ini akan membantu menjaga kesehatan marmut dan mencegah penyakit respirasi.
  • Tempat tidur yang nyaman: Marmut membutuhkan tempat tidur yang nyaman dan hangat, seperti kotak tidur yang terbuat dari kayu atau bahan lain yang aman.

Pembuatan kandang marmut

Bahan dan ukuran kandang

Pada umumnya kandang marmut terbuat dari kayu atau bambu dengan ukuran yang bervariasi.  Untuk kandang yang ditempatkan diluar ruangan, kandang bisa dibentuk seperti  panggung dengan ketinggian dari tanah 60-100 cm.

Untuk ukuran yang standar tingginya 80 cm supaya marmut bisa tegak jika berdiri. Dan panjang kandang dibuat minimal 3 kali lipat dari ukuran marmut, tetapi lebih luas lebih baik. Meskipun ada marmut yang kecil, tapi patokan kandang harus disesuaikan dengan marmut dewasa.

Baca juga:  5 Cara Budidaya Burung Gelatik Putih di Rumah

Namun untuk kandang koloni yang di isi oleh banyak marmut betina dan jantan serta anak-anak marmut yang lepas sapih, tentu saja kita harus membuat kandang yang lebih luas lagi.

Lantai dan atap kandang

Untuk lantai kandang bisa terbuat dari tanah, kayu, bambu dan juga kawat. Jika lantainya dari tanah, sebaiknya dilapisi dengan batu bata atau disemen.

Pastikan lantai kandang selalu kering dan tidak ada genangan air. Jika lantai kandang memakai bambu, pastikan kulit bambu yang luar dipasang menghadap ke atas.

Namun lantai kandang yang paling cocok untuk marmut adalah menggunakan kawat. Karena kotoran marmut akan langsung jatuh keluar kandang sehingga kandang selalu kering dan tidak basah dan lembab. Karena marmut biasanya tidak bisa tumbuh di lingkungan yang lembab dan basah.

Buatlah kandang dengan atap dan dinding yang kokoh untuk melindungi marmut dari terpaan angin dan hewan buas yang lain.

Fasilitas kandang marmut

Dan sediakan tempat makan dan minum untuk marmut dan bersihkan secara rutin agar tempat makan dan minum tidak menjamur sehingga menjadi sarang penyakit.

Supaya hewan marmut tidak gampang stress dan bosan di kandangnya, sediakan tempat bermain bagi marmut seperti putaran roda, tangga di kandang dan juga rumah rumahan kecil untuk tempat tidur.

Penempatan/ lokasi kandang

Dan pastikan kandang diletakan di tempat yang bisa mendapat sinar matahari untuk menerangi dan mengeringkan kandang sekaligus untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang ada di kandang. Marmut bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang sejuk pada suhu 15-20 derajat celcius.

Baca juga:  Cara Membedakan Burung Srigunting Betina dan Jantan

Letakan kandang marmut di pepohonan yang rindang supaya udara sekitar tetap sejuk dan mendapat sinar matahari. Dan letakan kandang marmut di tempat tidak terlalu jauh dari rumah agar memudahkan kita dalam pengawasan.

Kebersihan kandang

Untuk menjaga kebersihan kandang, kita harus benar-benar memelihara kebersihannya karena banyak kotoran marmut dan juga sisa makanan yang membuat kandang menjadi kotor. Segeralah membuang sisa makanan karena jika membusuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Untuk menjaga agar kandang marmut selalu bersih, buatlah area sanitasi di tempat kotoran marmut terbuang, agar tidak terinjak-injak oleh marmut dan membasahi bulunya. Buatlah celah-celah di alas kandang agar kotoran jatuh langsung ke bawah.

Kandang marmut alternatif

Ketika membuat kandang marmut sendiri seperti contoh diatas masih masih sulit atau tidak punya banyak waktu untuk membuatnya, maka anda dapat membeli yang sudah jadi di pasar atau toko online.

Namun jika itu pun masih sulit didapat, anda dapat menggunakan kurungan burung atau kandang kucing yang memiliki jeruji yang rapat. Anda pun dapat memodifikasinya sesuai keinginan anda, seperti yang dilakukan orang dalam video dibawah ini.

Ia memodifikasi kandang kucing biasa menjadi kandang marmut dua lantai dengan menggunakan barang-barang seadanya.

Demikianlah sedikit artikel mengenai cara membuat kandang marmut secara mandiri, semoga artikel ini bermanfaat.

Similar Posts