Gymnocalycium Mihanovichii

Tanaman kaktus adalah salah satu tanaman yang benar-benar unik jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Alasannya, karena tanaman kaktus ini tidak memerlukan banyak air selama proses pertumbuhannya.

Salah satu tanaman tersebut adalah Kaktus Gymno miha, nama lain dari Gymnocalycium mihanovichii. Jenis kaktus mini yang memiliki beragam variasi warna.

Kaktus jenis ini sangat cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan. Berikut ini beberapa informasi mengenai tanaman ini, yang biasanya ditemukan di gurun pasir.

Mengenal kaktus Gymnocalycium mihanovichii

Gymnocalycium Mihanovichii adalah kaktus kecil yang cantik dengan bentuk bulat. Kaktus kecil ini memiliki rib yang ditandai dengan alur horizontal yang jelas dan duri putih pendek.

Warna kaktus Gymnocalycium Mihanovichii dapat bervariasi dari hijau hingga coklat, atau dari hijau tua hingga merah cerah. Dengan perawatan yang tepat, bunga dapat muncul di musim semi dengan warna hijau kekuningan.

Warna kaktus Gymnocalycium mihanovichii bikin jatuh hati

Mutasi membuat sekujur tanaman Gymnocalycium mihanovichii tertutup warna-warni nan indah. Yang paling fenomenal adalah mihanovichii bertubuh mungil dalam balutan warna merah, kuning, dan hijau gelap.

Warna merah berkumpul di bagian atas tanaman, sedangkan warna kuning mendominasi bagian tengah hingga bawah. Sekilas jika dipandang dari atas sosok tanaman mirip puding.

Gymnocalycium mihanovichii
Gymnocalycium mihanovichii milik Andre Atmadja berpenampillan mirip puding.

Andre Atmadja di Surabaya, Jawa Timur, mendapatkan kaktus berkelir aduhai itu dari Jepang. Harga tanaman mencapai Rp10 juta. Ia jatuh hati pada tanaman berdiameter 4 cm itu lantaran langka.

Baca juga:  Hyacinth Hiasi Halaman

Pantas saja mihanovichii berumur 5 tahun itu menjadi incaran sejumlah pehobi kaktus. Beberapa pehobi di tanah air tertarik memiliki kaktus itu, tetapi Andre bergeming.

Semarak warna

Sesosok mihanovichii dengan warna serupa pelangi koleksi Andre juga sukses membikin pehobi lain jatuh hati. Kaktus asal Amerika Selatan itu amat cantik. Lihatlah ada banyak warna dalam tubuh kaktus yang didatangkan dari Taiwan itu.

Ada hijau, kuning, merah muda, dan ungu. Warna yang muncul memang tidak terlalu menyala, tetapi artistik. Tanaman mempunyai ribs atau lekukan berbentuk gepeng dengan jumlah 8 lekuk.

Gymnocalycium Mihanovichii
Mihanovichii cantik dengan warna serupa pelangi

Ada pula mihanovichii yang tampil molek lantaran mempunyai warna dan bentuk unik. Tanaman yang memiliki 10 rib itu mengalami mutasi di bagian punggungnya.

“Punggung rib membentuk tonjolan-tonjolan,” kata Andre. Di setiap puncak tonjolan terdapat bulu berwarna putih. Tanaman berselimut warna hijau tua dan jingga. Koleksi mihanovichii lain milik Andre yang juga istimewa adalah tanaman dengan paduan warna kuning dan hijau.

Mihanovichii
Mihanovichii yang mengalami mutasi di punggung rib membentuk tonjolan-tonjolan

Warna kuning pastel menutupi sisi kanan, sedangkan sisi kiri berbalut motif belang-belang hijau dan kuning dengan batas warna yang jelas. Rib tanaman tebal dan gembung dengan jumlah 9 lekuk.

Mihanovichii dengan kombinasi warna jingga dan hijau gelap juga sedap dipandang. Tanaman berumur 6 tahun itu tumbuh dari biji. Begitu pula dengan mihanovichii yang berpenampilan molek lantaran terdapat garis-garis hijau rapat yang menghias setiap rib tanaman.

Bisa dibilang mihanovichii merupakan jenis kaktus populer karena memiliki beragam variasi. Andre menuturkan mihanovichii berwarna cantik bukan sekadar hasil mutasi, tetapi juga persilangan. Sebab itu muncul mihanovichii varian baru berparas mengagumkan.

Baca juga:  Teknik Budidaya Tanaman Hias Mawar

Aneka varian mihanovichii

Pehobi kaktus senior di Surabaya, Jawa Timur, Sugita Wijaya menuturkan tren mihanovichii dimulai dari kemunculan G. mihanovichii ‘hibotan’. Sejak itu para penangkar berlomba mendapatkan tanaman baru dengan warna dan karakter nyentrik.

rib mihanovichii
Corak garis-garis hijau rapat yang menghias setiap rib tanaman membuat mihanovichii kian elok

“Mihanovichii dengan warna-warna apik semula banyak lahir dan berkembang di Jepang. Namun, perlahan negara lain seperti Taiwan dan Thailand pun tertarik untuk mendapatkan jenis-jenis baru yang menawan,” kata Sugita.

Menurut Sugita tujuan penangkar menyilangkan bukan cuma untuk mendapatkan tanaman dengan variasi warna elok tetapi juga tanaman dengan rib dan duri unik. Bicara soal rib ada mihanovichii dengan rib tipis, ada pula yang memiliki rib cembung.

Begitu pula dengan duri tanaman ada banyak varasi mulai dari duri berukuran panjang, sedang, dan pendek. Juga ada duri berwarna putih, kemerahan, dan hitam.

Mihanovichii
Mihanovichii bertipe corak blok. Warna kuning pastel menutupi sisi kiri, sedangkan sisi kanan berbalut motif belang-belang hijau dan kuning

Sementara dari tingkat kecerahan warna ada mihanovichii yang berintensitas warna menyala, tetapi ada juga yang berwarna lembut. Begitu juga dengan kategori warna. Ada tanaman yang mempunyai kombinasi warna merah dan hitam, merah dan kuning, bahkan pelangi.

Adapun soal corak ada tanaman yang bercorak blok, garis,dan sembur. Tanaman disebut bercorak blok apabila mempunyai paduan warna dengan batasan yang tegas.

Mihanovichii
Mihanovichii dengan kombinasi warna jingga dan hijau gelap

Tanaman tergolong bercorak garis jika pada rib muncul garis-garis mencolok. Sementara tanaman bercorak sembur jika pada warna dasar tanaman muncul semburat warna lain mirip semburat cat. Sugita menuturan mihanovichii bercorak sembur dengan intensitas warna lembut menjadi incaran pehobi.

Sayangnya keberadaan mihanovichii berwarna kalem sangat jarang. “Itu yang menyebabkan harga mihanovichii berwarna lembut lebih mahal dibandingkan dengan tanaman berwarna ngejreng,” ujar Sugita.

Baca juga:  Cara Agar Aglaonema Bebas Hama dan Penyakit

Gymno miha dengan warna cerah

Gymnocalycium Mihanovichii
Kaktus Gymnocalycium Mihanovichii dengan warna cerah

Kaktus Gymnocalycium mihanovichii yang berwarna cerah seperti merah, pink juga kuning tidak dapat berfotosintesis, oleh karena itu membutuhkan nutrisi dari kaktus lain.

Biasanya para penjual kaktus jenis ini sudah melakukan grafting/ menempelkan dengan jenis kaktus hijau lainnya, seperti Hylocereus.

Perawatan kaktus gymno miha

Andre menyimpan tanaman eksotis itu di bawah naungan dengan intensitas sinar matahari 50—70%. Tanaman hidup sehat dalam media tanam berupa 60% pumis dan 40% campuran sekam dan pupuk organik.

Penyiraman dilakukan satu kali seminggu atau 2 kali dalam seminggu sesuai dengan tingkat kelembaban tanah.

Hindari kerusakan pada batang, perhatikan jangan sampai ada serangga atau hama yang merugikan. Pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar jika diperlukan.

Kesimpulan

Jenis kaktus yang unik dan penuh warna ini cocok untuk menghisi rumah anda. Harga di marketplace untuk ukuran 2 cm mulai dari Rp 10 Rb, tapi perlu diingat bahwa kaktus gymno miha ukuran kecil, kurang dari 5 cm masih dapat bermutasi/ berubah warnanya.

Coba rawat kaktus dari harga murah terlebih dahulu, belajar bagaimana merawat kaktus dengan baik. jika sudah bisa, anda dapat membeli kaktus sesuai selera anda. Sebagai info tambahan, di marketplace ada yang menjual gymno miha seharga Rp 33 juta untuk ukuran 7,5 cm. Selamat mencoba.

Similar Posts