Terong merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemukan disekitar kita serta disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Banyak orang yang menyukai terong, karena teksturnya yang lembut serta kenyal ketika berada di dalam mulut. Terong juga bisa diolah menjadi beberapa jenis olahan sehingga para penggemarnya tidak akan merasa bosan menikmatinya. Karena banyak yang suka mengkonsumsi sayuran yang satu ini, sehingga banyak juga orang yang mencari tahu trik menanam terong ungu dengan media polybag karena banyak yang penasaran untuk menanamnya.

Sebelum saya menjelaskan mengenai trik menanam terong ungu dengan media polybag, ada baiknya kamu mengetahui dahulu tentang fungsi dari nutrisi yang terkandung dalam terong ungu ini. Ternyata terong ungu dapat berperan sebagai pelindung organ yang paling penting bagi tubuh manusia yaitu otak. Kandungan zat fitonutrient pada terong ungu bisa melindungi sel otak dari kerusakan serta melindungi memori otak manusia.

Terong ungu juga berfungsi sebagai zat yang dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Kandungan vitamin serta mineral pada terong ungu juga ternyata baik untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Manfaat terong ungu yang lainnya ialah melancarkan proses pencernaan sehingga bisa mencegah sembelit.

  1. Menyiapkan Bibit Terong

trik menanam terong ungu dengan media polybag sendiri

Trik menanam terong ungu dengan media polybag yang pertama harus dilakukan tentu saja menyiapkan bibitnya. Jika kamu mau membuat bibitnya sendiri, kamu bisa memilihnya dengan mengambil biji terong dari buah yang sudah tua dan sehat. Ambillah dari buah yang benar-benar tua atau bahkan yang sudah membusuk di pohonnya. Jika tidak, kamu bisa membeli bibit pohon terong ungu. Setelah menyiapkan biji untuk dijadikan bibit, yang perlu dilakukan selanjutnya ialah menjemur biji terong sekitar dua jam lamanya, lalu diletakkan pada tempat pengeringan.

  1. Menyemai Bibit Terong
trik menanam terong ungu dengan media polybag
Bibit Terong di Dalam Botol Bekas

Setelah bibit kamu sudah siap, trik menanam terong ungu dengan media polybag yang selanjutnya ialah menyemai bibit. Buatlah dahulu tempat penyemaian dengan menggemburkan tanah (bisa juga pakai botol bekas). Kegiatan ini tidak memerlukan area yang terlalu lebar, hanya secukupnya saja sekitar setengah meter setiap sisinya. Berikan pupuk kandang secukupnya pada area yang sudah kamu gemburkan. Lalu tebarkan bibit terong lalu taburi kembali dengan tanah cukup tipis saja. Pelindung perlu dibuat pada area penyemaian agar penyemaian tidak terganggu.

  1. Menyiapkan Tempat Menanam Terong Ungu

budidaya terong ungu dalam polybag

Karena kamu akan menanam dengan polybag, kamu harus menyiapkan polybag dengan ukuran sedang sekitar 40 cm. Isikan dengan tanah yang gembur lalu campurkan dengan pupuk kandang atau kompos. Perbandingan antara tanah dan pupuk kandang ialah 1 : 3. Isi tanah hingga cukup untuk menanam.

  1. Menanam Terong Ungu
trik menanam terong ungu dengan media polybag
Bibit terong dipindahkan ke polybag

Trik menanam terong ungu dengan media polybag selanjutnya tentu saja menanamnya. Jika bibit yang kamu semai telah tumbuh serta memiliki sekitar 4 helai daun, kamu sudah bisa memindahnya ke polybag yang sudah kamu persiapkan. Berhati-hatilah dalam memindahnya agar bibit kamu tidak rusak maupun mati.

  1. Perawatan Yang Perlu Dilakukan
trik menanam terong ungu dengan media polybag yang baik dan benar
Terong ungu dalam polybag sudah berbuah

Perawatan yang perlu dilakukan tidak terlalu rumit. kamu hanya perlu menyiramnya dua kali sehari pada musim panas. Selain itu, perawatan lainnya yang perlu dilakukan ialah, membersihkan tanaman lain seperti rumput yang bisa mengganggu. Jika kamu ingin memberikan pupuk, sangat dianjurkan untuk memberinya pupuk organik, karena lebih sehat tanpa bahan kimia. Jika kamu daun yang terserang hama, buanglah daun tersebut. Jika kamu sudah melakukan semua hal tersebut diatas, maka tidak lama lagi kamu akan memanen terong ungu tersebut.

Itulah sedikit trik menanam terong ungu dengan media polybag, selamat mencoba dan semoga sukses.

 

Sumber : b e l a j a r b e r k e b u n . c o m