Tanaman labu kuning ialah salah satu jenis tanaman komoditas pertanian yang bisa kamu budidayakan sebagai tanaman pangan alternatif. Hal ini karena labu kuning mempunyai kandungan karbohidrat, labu kuning juga kaya akan kandungan vitamin A serta vitamin C. Selain itu tanaman ini juga mengandung beberapa macam zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti zat berbentuk betakaroten yang mempunyai fungsi melindungi mata dari serangan katarak, melindungi dari kanker, diabeter, disentri, jantung, serta mengandung anti toxin.

Labu kuning bisa tumbuh dengan baik pada berbagai tempat. Mulai dari daerah yang panas sampai daerah yang berhawa dingin. Namun, tanaman ini akan tumbuh lebih maksimal jika kamu tanam pada daerah tropis, mulai dari dataran rendah dengan ketinggian 1.500 mdpl. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi yang hangat dengan temperatur 18 – 27 derajat celcius.

Menanam labu kuning bisa dikatakan cukup mudah. Baik itu pada langkah penanaman awal sampai pada saat pemanenan. Sehingga praktis tidak membutuhkan perlakuan yang istimewa. Tanaman ini juga tahan terhadap serangan hama serta penyakit. Adapun trik menanam labu kuning langkah – langkahnya ialah sebagai berikut:

Pembibitan

Pastikan benih yang tanaman yang kamu gunakan dalam menanam labu kuning mempunyai kualitas yang baik. buat mendapatkan bibit yang berkualitas tersebut bisa kamu lakukan dengan trik:

  • Memilih bibit dari buah labu kuning yang telah tua.
  • Setelah mendapatkan buah yang diinginkan, selanjutnya potong melintah buah labu kuning serta ambil bijinya.
  • Cuci bersih biji buah labu kuning serta keringkan di bawah sinar matahari kurang lebih selama 3 – 4 hari.

Biji yang telah dijemur tersebut setelah 3 – 4 hari sudah bisa kamu manfaatkan buat benih. Namun jika kamu ingin menyimpan benih tersebut maka kemaslah di dalam kertas atau alumunium foil. Penyimpanan akan lebih baik lagi jika udara yang berada di dalam alumunium foil dihisap keluar dengan menggunakan alat vacum. Kemudian benih yang dikemas tersebut disimpan dalam toples atau wadah yang telah diberi tambahan arang atau abu gosok.

Proses Penanaman

trik menanam labu kuning selanjutnya ialah membuat lubang tanam. Buatlah lubang tanam dengan diameter 25 cm serta kedalamannya 20 cm. Setiap lubang tanam tersebut bisa kamu tambahkan dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg. Campur pupuk kandang dengan tanah bekas galian lubang tanam.

Tutup kembali lubang tanam dengan tanah campuran tersebut sampai membentuk gundukan. Seminggu setelah itu benamkan dua biji benih labu kuning. Setelah itu taburkan abu sekam buat menghindari serangan hama cacing serta bekicot. Abu sekam bisa terus kamu taburkan sampai pertumbuhan tanaman mencapai ketinggian 25 cm.

Pemeliharaan Tanaman Labu Kuning

Labu kuning akan terus tumbuh serta batangnya akan terus memanjang. Demikian juga dengan cabangnya. Jika sulur serta batang kamu biarkan terus tumbuh serta merambat di tanah sebenarnya tidak masalah karena tanaman masih bisa berbuah, akan tetapi kualitas serta kuantitas buanya tidak bisa maksimal.

buat itu kami sarankan kamu membuat ajir atau para – para sebagai tempat merambat sulur serta cabang tanaman labu kuning. Buah labu yang dihasilkan biasanya bisa mencapai berat antara 3 – 5 kg. Oleh karena itu pembuatan para – para haruslah dibuat dengan kuat sebab satu tanaman bisa menghasilkan buah sebanyak 10. Adapun tips buat membuat para – para dalam trik menanam labu kuning ialah sebagai berikut:

  • Lanjarkan potongan bambu dengan ukuran 2 m. Kemudian bambu tersebut kamu tanam ke dalam tanah sedalam kurang lebih 0,5 meter serta sisanya bisa kamu gunakan buat tiang para – para.
  • Ukuran tinggi tiang para – para bisa kamu buat seukuran tinggi kamu atau kurang lebih 1,5 meter dari atas permukaan tanah. Hal ini bertujuan agar kamu mudah dalam melakukan pemeliharaan tanaman. buat mencegah ambruknya para – para karena banyaknya buah serta beratnya buah yang dihasilkan maka satu batang tanaman dibutuhkan sekitar empat batang tiang serta satu turus.

Selama masa pemeilharaan tanama dalam trik menanam labu kuning, maka lakukanlah langkah – langkah perawatan sebagai berikut:

  • Lakukan penyiangan pada lahan tanam sebanyak 2 – 3 kali dari tanaman pengganggu. Penyiangan pada trik menanam labu kuning bisa kamu lakukan pada saat tanaman berumur 10 hari, 3 minggu serta 6 minggu. Pada saat umur tanaman 3 minggu serta 6 minggu, selain melakukan penyiangan kamu juga bisa melakukan pembumbunan.
  • Pemupukan pada tanaman labu kuning sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan pada masa pemeliharaan ini. Akan tetapi jika tanaman labu kuning terus dibiarkan tumbuh serta berproduksi lebih dari 6 bulan maka setiap 3 bulan sekali perlu kamu berikan tambahan berupa pupuk kandang atau kompos dengan dosis 5 kg setiap tanamannya.

Masa Panen Tanaman Labu Kuning

Langkah terakhir trik menanam labu kuning ialah panen. Tanaman labu kuning bisa kamu panen pada saat berumur 50 – 60 hari setelah tanam. Panen bisa terus dilakukan dengan interval waktu 2 – 3 kali per minggunya. Buah labu kuning yang telah matang mempunyai warna kuning dengan tangkai buah yang telah mengering. buat memanennya kamu bisa melakukan dengan trik memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau yang tajam.

 

Sumber : i n f o a g r i b i s n i s . c o m