Budidaya lebah madu adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Sejalan dengan meningkatnya kepedulian terhadap kesehatan, konsumsi madu hutan telah menjadi gaya hidup.

Madu hutan memiliki manfaat yang sangat beragam. Meski memiliki banyak kandungan gula, namun rasanya yang manis tidak berbahaya. Madu hutan sering digunakan sebagai obat mujarab untuk beberapa penyakit.

Bahkan seiring dengan perkembangan dunia kecantikan dan perawatan wajah, madu dianggap sebagai salah satu bahan alami yang dapat memberikan manfaat bagi wajah. Ini kemudian membuat peluang budidaya lebah madu, bagi mereka yang berani berbisnis.

Di alam ada beberapa jenis lebah yang dapat menghasilkan madu secara alami. Lebah madu Klanceng mungkin tidak populer dan dianggap tidak dapat dibudidayakan sebagai sumber alami madu, tetapi ternyata anggapannya tersebut tidak benar.

Karena lebah ini, walaupun lebih kecil dari lebah madu pada umumnya, tapi mampu menghasilkan madu dengan cukup produktif. Berikut adalah 5 trik untuk budidaya lebah madu Klanceng untuk pemula.

1. Menentukan Lokasi Sarang lebah

Langkah pertama dan merupakan langkah yang paling penting ialah menentukan lokasi sarang lebah madu. Dalam hal ini, lokasi memegang peranan penting dalam keberhasilan budidaya, karena tentunya lebah klanceng membutuhkan lokasi yang sesuai dengan habitatnya. Dengan begitu maka ia akan bisa beradaptasi dengan lingkungan serta menghasilkan madu secara produktif.

Untuk lokasi sendiri sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Suhu daerah budidaya haris berada dibawah 32C
  • Sebab pada lokasi ini lebah klenceng biasa hidup serta menghasilkan madu
  • Rentang suhu ideal biasanya antara 18-24 derajat celcius
  • Kelembaban udara berada pada 60-80 %
  • Karakteristik lebah ini juga tidak menyengat juga hidup secara berkoloni
  • Mereka biasa hidup pada batang-batang pohon, ruas bambu serta didalam tanah

2. Membuat Sarang Lebah Madu Klanceng

Setelah menentukan lokasi budidaya maka tahapan selanjutnya ialah membuat sarang lebah klenceng. Sarang ini berguna sebagai habitat/ tempat hidup. Jika tidak dibuatkan sarang maka pastinya akan membuat kamu kesulitan untuk memanennya.

Baca juga:  Berpadu Atasi Tuberkulosis

Berikut panduan bagaimana mempersiapkan sarang bagi lebah klanceng yang ideal :

  • Sarang lebah klenceng sebaiknya dibuat menggunakan bahan-bahan alami.
  • Bahan tersebut merupakan bahan yang biasa di pakai di alam bebas
  • Persiapkan batok kelapa, tembukar, batang bambu juga kayu kering
  • Kemudian sarang ditempatkan dan dibuat tertutup dengan hanya diberi lubang sebesar 1 cm
  • Lubang ini akan digunakan sebagai pintu keluar masuknya lebah

3. Membuat Koloni Dari Sarang Buatan

Setelah sarangnya siap, maka Anda hanya perlu menemukan cara agar lebah menempati sarang yang dibuat sebelumnya. Biasanya metode yang paling umum digunakan adalah menempatkan lebah ratu dan beberapa prajurit, sehingga diharapkan akan menarik perhatian bagi lebah lain untuk bergabung.

Namun, poin pentingnya adalah bagaimana membuat lebah untuk dapat memperluas koloni mereka. Semakin banyak koloni, semakin banyak madu yang akan dihasilkan.

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan serta pemeliharaannya sendiri relatif tidak sulit dan bahkan sangat sederhana. Anda cukup menanam tanaman yang menghasilkan banyak bunga.

Bunga inilah yang nantinya akan digunakan sebagai makanan lebah. Serta merupakan bahan untuk dapat membentuk madu. Tanamlah sebanyak mungkin tanaman berbunga disekitar lokasi. Sehingga lebah klanceng akan dapat menghasilkan madu dengan produktif dan panen dapat menghasilkan madu yang jumlahnya banyak.

5. Penen Madu Lebah Klenceng

Panen bisa dilakukan ketika terlihat ada bulir-bulir madu dalam sarang. Pembentukan bulir-bulir madu klenceng ini biasanya bisa terjadi setelah 3-4 bulan.

Namun juga tergantung dengan jumlah koloni serta jenis lebah yang kamu miliki dalam budidaya. Semakin banyak jumlah koloni dan sarang yang ada, maka pastinya hasil panen akan semakin banyak. Oleh sebab itu, tentunya kamu harus secara kontinyu untuk melakukan pembentukan koloni baru. Hal ini dilakukan agar panen madu yang kamu lakukan bisa diperoleh hasil panen yang kontinyu.

Pastinya panen tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, diperlukan yekni yang mumpuni dan memada, agar madu dapat diperoleh dengan maksimal. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pertama, pilih sarang yang sudah nampak membesar.
  • Lalu kemudian, jangan lupa gunakan pengaman untuk menutup wajah serta tubuh kamu.
  • Meskipun lebah ini telatif tidak menyengat namun kamu tetapembutuhkan perlengkapan  safety untuk berjaga-jaga.
  • Sisir atau kerik dengan hati-hati sarang lebah yang menghasilkan madu.
  • Kemudian tempatkan pada wadah yang berukuran besar.
  • Kemudian tempatkan pada wadab penampungan.
  • Setelah itu, kamu harus melakukan penyaringan utuk memisahkan antara madu serta kotoran.
  • Untuk proses ini, kamu bisa menggunakan kain kasa, sehingga proses penyaringan hanya akan menghasilkan madu alami yang bersih.
  • Letakkan madu yang telah disaring pada wadah yang bersih.
  • Kemudian masukkan kedalam botol sesuai dengan takaran yang akan kamu jual.
  • Untuk sisa penyaringan sendiro tentunya masih terdapat sisa-sisa madu yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan konsumsi sendiri.
Baca juga:  7 Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium yang Pasti Menguntungkan

Kualitas madu klenceng nyatanya lebih bagus di bandingan madu biasa lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran pastinya jika kemudian madu ini banyak diburu. Dengan harganya relatif lebih mahal dibandingkan harga madu di pasaran. Tentunya, ide usaha budidaya madu klenceng merupakam salah satu bisnis yang patut di tekuni.

Rintangan awal budidaya lebah ini hanya pada tahap awal yakni menarik perhatian lebah untuk menempati sarang. Tidak jarang bahkan sarang tersebut dapat menarik perhatian lebah madu jenis lain untuk menempatinya.

Anda juga harus memperhatikan karakteristik lebah klanceng itu sendiri. Sehingga dengan cara itu Anda akan bisa mengetahui apakah kemudian ada jenis lebah lain yang menempati sarang. Ukuran tubuh lebah klanceng jauh lebih kecil dibandingkan dengan lebah madu pada umumnya. Bahkan lebah ini lebih kecil dari lalat. Memiliki warna hitam dengan kaki berbulu.

Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan tambahan pengetahuan bagi Anda. Pada saat yang sama itu juga merupakan tambahan yang menyegarkan untuk ide bisnis. Semoga artikelnya bisa bermanfaat.

Sumber : i l m u b u d i d a y a