Oh nooo, You use Adblocker!
Your Adblocker is active! It is preventing us to show you our content.

Tips Penanggulangan Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga

Tips Penanggulangan Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga
Hama dan penyakit yang menyerang tanaman mangga dapat dimulai dari fase pembibitan sampai pada fase tanaman menghasilkan buah. Pemeliharaan tanaman mangga yang kurang tepat dapat mengakibatkan meningkatnya serangan hama dan penyakit. Tanaman yang terserang serangan hama dan penyakit biasanya mempunyai tanda pada bagian tubuh tanaman yang rusak akibat keropos atau patah serta pertumbuhan tanaman akan terhambat. Tips agar pohon mangga cepat berbuah, baca di sini

Akar, daun, bunga, buah dan batang merupakan bagian yang sangat rentan terserang oleh hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit pada tanaman mangga dapat ditanggulangi dengan cara membuang bagian yang terserang kemudian membakarnya. Anda juga dapat memberikan pestisida untuk mencegah serangan terjadi kembali. Penyemprotan pestisida dapat Anda lakukan dalam rentang waktu 2 minggu sekali dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan. Jangan menyemprot pestisida secara berlebihan karena akan berdampak negatif terhadap proses penyerbukan bunga karena bisa mematikan serangga yang membantu proses penyerbukan.

Jagalah kebersihan lingkungan tempat tanaman mangga Anda tumbuh. Anda juga bisa meminimalisir serangan hama dan penyakit dengan menggunakan bibit mangga yang tahan terhadap serangan. Berikut beberapa contoh hama penyakit pada tanaman mangga dan bagaimana cara pengendaliannya.

Hama Pada Tanaman Mangga

Kutu Putih

Karakteristik hama ini berbentuk oval, datar dan tubuhnya terlapisi oleh lapisan tebal seperti lilin. Sering ada di daun serta mengisap cairan sel daun. Gejala serangan yang ditimbulkan pada tanaman mangga adalah daun menjadi kering dan gugur. Hama ini juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit embun jelaga yang menyerang pada saat musim penghujan.

tanaman mangga
Serangan hama kutu putih

Cara pengendalian hama kutu putih ini adalah dengan cara mengendalikan semut merah yang bisa menjadi vektor kutu putih disekitar tanaman mangga Anda. Caranya adalah dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif delmetrin atau lambdacyhalothrin. Buang dan bakar dedaunan atau cabang yang terserang.

Lalat Buah

Lalat buah dewasa mempunyai ukuran 7 – 8 mm, berwarna kuning dan sayapnya putih bening. Serangga ini seringkali hinggap pada buah mangga dan bertelur. Serangan lalat buah biasanya terjadi pada saat buah mulai kelihatan. Gejala serangan lalat buah pada tanaman mangga dapat dilihat dengan adanya tanda titik – titik hitam di permukaan buah akibat tusukan dari lalat buah. Akibatnya produktivitas mangga menurun dikarenakan banyak bagian dari daging buah yang busuk dan gugur. Telur lalat buah yang menempel pada buah mangga akan berubah menjadi larva dan merusak daging buah mangga.

Untuk mengendalikan hama ini, jagalah kebersihan lingkungan di sekitar budidaya tanaman mangga Anda. Anda juga bisa melakukan pengasapan dan menanam tanaman perangkap seperti selasih di sekitar tanaman buah mangga.  Cara lainnya yaitu membungkus buah mangga dengan kertas atau plastik, memasang perangkap lalat yang diberi Petrogenol 880 L dan memanfaatkan musuh alami lalat seperti parasitoid dari famili Braconidae.

Penyakit Pada Tanaman Mangga

Page :
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x