Tips dan Trik Dalam Perawatan Burung Tledekan


Warning: Use of undefined constant FT_URI - assumed 'FT_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u7663867/public_html/wp-content/plugins/moreview/public/class-moreview-public.php on line 471
Tips dan Trik Dalam Perawatan Burung Tledekan
Tips dan Trik Dalam Perawatan Burung Tledekan – Pecinta burung yang hidup di tahun 2000-an pasti kenal betul dengan jenis satu burung ini, Tledekan.

Suara yang dimilikinya pun tidak membosankan, merdu. Tapi sayangnya dari tahun ke tahun pamor kepopulerannya tidak lah seperti beberapa tahun yang lalu. Banyak pecinta burung yang lebih memilih burung lainnya untuk dilombakan.

Tapi tidak bisa dipungkiri juga masih ada para penggemarnya yang setia memilihnya.

Tledekan atau sulingan merupakan unggas pengicau yang masuk dalam katagori burung sikatan (flycatcher). Warnanya pun berkelas dan indah.

Tidak hanya itu gerakannya pun sudah bisa membuat kamu falling in love for the sight lho. Tledekan juga mampu menirukan beberapa nada suara dari burung lain. Apalagi jika burung ini dilatih sejak masih kecil pasti akan lebih lihai lagi.

Terdiri Dari Beberapa Jenis

Merawatnya saja tidak cukup, kamu harus kenali apa saja jenis – jenis burung Tledekan. Iya, burung ini ternyata mempunyai beberapa jenis lho.

Ada Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas), Tledekan Bakau (Cyornis Rufigastra), Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana) dan Tledekan Selendang Biru (Cyornis Unicolor). Diantara semua jenis ini Tledekan Biru Jantan lah yang paling banyak digandrungi oleh para pecinta burung.

Lalu apa saja tips dan trik setelah kamu memiliki jenis Tledekan ini? Mari ikuti beberapa langkahnya ya.

Berjemur Di Pagi Hari

Manfaat berjemur di pagi hari memang banyak manfaatnya. Contohnya saja menutrisi kulit dengan vitamin E yang langsung diberkan oleh matahari pagi.

Oleh karenanya kamu harus rutin menjemur burung Tledekan pada jam 7 pagi. Setelah 1 – 2 jam dijemur maka angin – anginkan Tledekanmu baru lah dimandikan. Tergantung pada kebiasaan peliharaanmu bisa dimandikan dengan menyediakan keramba mandi atau disemprot. It’s depend on you.

Bersihkan Kandang

Kebersihan adalah salah satu poin utama agar peliharaan kamu bertahan lama lho. Membiarkan limbah kotoran di kandang mereka akan membuatnya jatuh sakit.

Oleh karenanya kamu harus membersihkan kandangnya setiap hari. Jangan lupa ganti atau tambahkan Voer serta air minumnya.

EF (Extra Fooding)

Makanan ekstra atau yang lebih dikenal EF memang perlu dijadikan menu tambahan untuk burung Tledekan. Menu tambahan ini pun bisa bermacam – macam dengan nutrisinya masing – masing.

Diantaranya ada jangkrik, cacing, ulat, kroto atau belalang. Untuk Tledekan berilah 3 ekor jangkrik atau makanan lainnya pada cepuk EF.

Tapi ingat, jangan memberikan jangkrik langsung pada burung ya. Pemberian EF juga disesuaikan dengan karakteristik masing – masing.

Master

Ingin burung Tledekan kamu jadi juara? Setelah peliharaanmu diangin – anginkan maka master hingga jam 3 sore hari. Tujuan memaster ini adalah tidak lain agar burung kamu dapat menirukan suara burung lainnya.

Kamu juga dapat menggunakan burung master atau bahkan suara burung / audio mp3 yang sudah disediakan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x