Bunga kol bima 45, produk perdana PT Clause Indonesia.

Bunga kol bima 45, produk perdana PT Clause Indonesia.

PT Clause Indonesia berdiri pada 2000. Perusahaan semula bernama PT Marco Polo Seed Nusantara. Lantaran adanya perubahan pengelolaan di tingkat pusat, sejak 2009 perusahaan berganti nama menjadi PT Clause Indonesia. Lahirnya perusahaan terdorong oleh populasi penduduk Indonesia yang besar. Lagi pula Indonesia negara agraris, sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian.

“Melihat dari sisi itu, Indonesia merupakan pasar potensial,” ujar national sales manager PT Clause Indonesia, Eko Hadi Afandi. Berdasarkan analisis itu, Grup Limagrain dari Perancis mendirikan perusahaan benih sayuran di Indonesia pada 2000. Perusahaan itu merilis varietas bunga kol sebagai produk yang pertama kali pada 2002. Bima 45, nama varietas itu,  adaptif di dataran rendah sampai menengah dan bertahan hingga kini.

Berkembang

Keunggulan lain, varietas bima 45  tahan penyakit daun xanthomonas sehingga bisa ditanam sepanjang musim, baik musim hujan maupun kemarau. Pada umur 55 hari setelah tanam bunga kol sudah bisa dipanen. Produktivitasnya mencapai 22—28 ton per hektare dengan bobot setiap krop 1—1,5 kilogram.

Produktivitas itu jauh lebih besar dibanding produktivitas nasional. Produksi rata-rata bunga kol di Indonesia 12,08 ton per hektare. Perlahan tetapi pasti PT Clause Indonesia mulai berkembang. Semula Clause tidak memiliki fasilitas atau departemen produksi. Namun, perusahaan itu kini memiliki departemen produksi sendiri beserta tim kendali mutu.

Pabrik produksi berlokasi di Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi produksi benih itu berdiri di lahan seluas 5.000 m2. Jumlah tenaga kerja total saat ini mencapai 100 orang. Berkat kerja kerasnya itu PT Clause Indonesia telah mengantongi beragam penghargaan. Pada 2015 Clause meraih juara pertama lomba varietas hortikultura kategori melon di Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca juga:  Lele Bersalin Jadi Tepung

Selain itu  Clause juga meraih juara ketiga kategori cabai besar pada Jambore Varietas Hortikultura pada Penas 2014 di Malang, Jawa Timur. Penghargaan lainnya, juara pertama kategori tomat determinate pada Lomba Varietas Hortikultura Pekan Flori dan Flora Nasional di Yogyakata pada 2013. (Desi Sayyidati Rahimah)

Tags: berkembang, bunga kol, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d