Temumangga: Rimpang Musuh Kolesterol 1
Polifenol dalam temumangga bermanfaat turunkan kadar kolesterol.

Polifenol dalam temumangga bermanfaat turunkan kadar kolesterol.

Konsumsi rimpang temumangga menurunkan kadar kolesterol darah.

Sejak 2 tahun terakhir Mujiana mengeluh pusing, pundak pegal dan kaku, tidak bersemangat, serta selalu mengantuk. Untuk meredakan pusing, pria 46 tahun itu biasanya menyeduh kopi meski cara itu hanya membantu beberapa saat saja. Setiap kali berangkat dinas sebagai anggota Tentara Nasioanl Indonesia (TNI) di Kodim 0729 Bantul, Yogyakarta, ayah 3 anak itu loyo, tidak bertenaga, tidak bersemangat, dan mengantuk.

Istrinya khawatir lantaran Mujiana menganggap gangguan kesehatan itu karena tubuh yang kurang fit. Atas desakan sang istri, Mujiana memeriksakan diri ke laboratorium klinik. Benar saja, hasil pemeriksaan darah menunjukkan kadar kolesterol pria 46 tahun itu mencapai 600 mg per dl. Lazimnya pria seusianya memiliki kadar kolesterol maksimal 200 mg per dl. Dokter yang menanganinya menyarankan Mujiana mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Prof Dwiyati Pujimulyani MP, meneliti kandungan temumangga pada desertasinya.

Prof Dwiyati Pujimulyani MP, meneliti kandungan temumangga pada desertasinya.

Pemicu stroke
Sebagaimana diulangi Mujiana, dokter mengatakan, “Jika tidak segera ditangani, kolesterol tinggi dapat memicu gangguan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke.” Mujiana menduga tingginya kadar kolesterol akibat kegemaran mengonsumsi gorengan dan kulit ayam goreng. Sudah begitu, sejak kecil ia tidak suka makan sayur dan lebih memilih makan nasi hanya dengan lauk seperti ayam goreng atau telur.

Kolesterol sejatinya dibutuhkan tubuh untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun, bila berlebihan dapat memicu penyakit seperti jantung koroner dan stroke. Menurut dr Ika Prasetya Wijaya SpPD-KKV FINASIM dari Rumah Sakit Umum Pusat dr Cipto Mangunkusumo, ada 3 jenis kolesterol. Ketiganya adalah trigliserida, LDL (Low Density Lipoprotein), dan HDL (High Density Lipoprotein).

Baca juga:  Temumangga Peluruh Batu Ginjal

Trigliserida merupakan bahan baku pembentukan HDL dan LDL. LDL merupakan lemak yang menjadi salah satu sumber energi dan bahan pembentuk sel. Saat tidak terpakai, tubuh menyimpan dan menumpuk LDL di pembuluh darah. Bila penumpukan terjadi di pembuluh darah jantung hingga menyumbat, akibatnya terjadi serangan jantung; penyumbatan pembuluh darah otak, terjadilah stroke.

Makanan berminyak dapat meningkatkan risiko kolesterol.

Makanan berminyak dapat meningkatkan risiko kolesterol.

Adapun HDL berfungsi mengangkut lemak yang tidak terpakai dalam darah kembali ke hati untuk dibongkar menjadi asam empedu. Menurut dr Ika kadar kolesterol total tidak menggambarkan perbandingan LDL-HDL dalam darah. Namun, secara umum bisa dikatakan bahwa kadar kolesterol tinggi tidak membahayakan selama kadar HDL lebih tinggi daripada LDL.

Usai memeriksakan diri, Mujiana menuruti saran dokter. Ia mengonsumsi obat penurun kolesterol. Namun, setelah mengonsumsi selama 6 bulan, ia tidak merasakan perbaikan berarti. Kepalanya tetap saja pusing dan berputar bila sedang tiduran. “Pusing, seperti vertigo,” ujarnya. Badannya pun tetap lesu, ketika sedang berdinas rasa kantuk pun sering menyerang.

Rimpang temumangga
Untungnya Muji masih mampu berdinas dengan baik walaupun kerap merasakan pegal dan nyeri di punggung bagian atas. Putus asa dengan pengobatan medis akhirnya Muji membiarkan saja penyakitnya itu. Sang istri berinisiatif membelikan 3 botol kapsul temumangga untuk mengatasi penyakit Mujiana. Semula Muji menolak untuk meminumnya lantaran pria asal Bantul itu tidak terlalu percaya dengan pengobatan herbal.

Namun, karena desakan istrinya akhirnya Muji mencoba meminum 5 kapsul 3 kali sehari atau total 15 kapsul per hari. Setelah sepekan mengonsumsi temumangga Mujiana merasakan perubahan. Ia tidak merasakan lagi pegal di punggung, bugar tanpa rasa kantuk pada siang hari, tubuhnya terasa segar, dan bersemangat lagi. Yang terpenting, pusing yang selalu dideritanya berangsur menghilang.

Baca juga:  Seteru Asam Urat

Menurut peneliti dan penyedia temumangga di Yogyakarta, Prof Dwiyati Pujimulyani MP, rimpang tanaman mengandung senyawa polifenol antara lain katekin, epigalokatekin, epigalokatekin galat, kuersetin, dan kurkumin yang berfungsi sebagai atioksidan. Senyawa itu menghambat oksidasi lemak menjadi kolesterol. Akibatnya kadar kolesterol dalam darah pun turun.

Maria Anjarwati meresepkan temumangga untuk menurunkan kadar kolesterol.

Maria Anjarwati meresepkan temumangga untuk menurunkan kadar kolesterol.

Karena pembentukan kolesterol dalam tubuh berkurang, maka tubuh akan memanfaatkan kolesterol yang yang ditimbun di saluran darah untuk proses metabolisme. Itulah sebabnya kadar kolesterol dalam darah berangsur-angsur turun. Menurut herbalis di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Maria Anjarwati, temumangga memang berkhasiat mengatasi kolesterol.

Untuk memperoleh khasiat temumangga, Maria menyarankan untuk menyeduh 2 sendok serbuk dengan segelas air panas. Setelah mengaduk rata, biarkan agar serbuk mengendap, tutup gelas, dan konsumsi saat seduhan hangat. Frekuensi konsumsi 2 kali sehari. Menurut Maria temumangga meluruhkan lemak dalam aliran darah dan lalu membuangnya bersama urine.

Kini Mujiana bisa bersenang hati, terakhir pemeriksaan kolesterol pada awal 2015 kondisi kolesterol darahnya angka 205mg/dl, itu berarti mendekati batas normal. Untuk menjaga kondisi tubuhnya dan mengontrol kolesterol dalan darahnya, Muji masih rutin mengonsumsi 2 kapsul temumangga setiap hari. Bila kondisi tubuhnya sedang turun, ia mengonsumsi 5 kapsul temumangga sebelum tidur. Keesokan hari Mujiana merasakan tubuhnya segar kembali (Muhammad Awaluddin)

Pembuluh Darah

Tubuh menyimpan LDL yang belum terpakai di pembuluh darah sehingga memicu penyumbatan. HDL mengangkut lemak ke hati dan merombaknya menjadi asam empedu.

Tubuh menyimpan LDL yang belum terpakai di pembuluh darah sehingga memicu penyumbatan. HDL mengangkut lemak ke hati dan merombaknya menjadi asam empedu.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *