Temumangga, Obat Herbal Untuk Penyakit Amandel

Kurkumin dan polifenol berfungsi antioksidan, sedangkan kuersetin meningkatkan daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh meningkat, maka infeksi mikrob tidak akan berdampak fatal. Selain itu daya tahan tubuh yang kuat mempercepat penyembuhan radang.

Prof Bambang menyatakan radang amandel sebenarnya dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan higienis, hidup teratur, dan menjauhi penderita ISPA.

Prof Dwiyati Pujimulyani MP, periset temumangga

Prof Dwiyati Pujimulyani MP, periset temumangga

Cara lain adalah memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan agar sistem imun meningkat. Jika kekebalan tubuh bagus, tubuh mampu menghalau mikrob patogen sebelum makhluk liliput itu sempat memperbanyak diri dan menyerang sel yang sehat.

Masalahnya anak-anak kerap mengonsumsi makanan kecil yang tidak terjamin kesehatannya. Alih-alih mendapat asupan makanan sehat, mereka malah terpapar patogen yang merugikan kesehatan.

Tiwi memang gemar mengonsumsi jajanan yang mungkin kurang higienis ketika di sekolah sehingga memicu radang amandel yang mendera gadis kelahiran Desember 2004 itu.

Menurut dr Zaenal Gani, dokter penganjur herbal di Kota Batu, Jawa Timur, temumangga memang berkhasiat antiradang, termasuk radang amandel. Zaenal meresepkan campuran ekstrak temulawak, daun pegagan, dan pecut kuda untuk mengatasi tonsilitis itu.

Ketiganya mengandung bahan antioksidan yang meredakan peradangan sehingga mengempiskan pembengkakan amandel. Antioksidan adalah bahan yang menetralkan radikal bebas penyebab ketidakseimbangan atau merusak sel organ tubuh.

Adapun amandel adalah organ yang berada di garis depan untuk mengatasi adanya infeksi yang berasal baik dari bakteri atau radikal bebas.

Akibatnya organ itu kerap terpapar radikal bebas dan rawan oksidasi. Meskipun sekarang Tiwi sehat, kebiasaan jajan makanan kecil dan es lilin membuat Risnawan, ayahnya, kerap khawatir.

Bila pulang sekolah dan putrinya batuk, ia segera memberikan ekstrak temumangga. “Untuk antisipasi saja agar amandelnya tidak kambuh,” ujar karyawan di sebuah pabrik mebel itu.

Amandel normal: ukuran kecil dan berwarna sama dengan rongga mulut. Amandel radang: membesar, bengkak, berwarna kemerahan, kadang ada bercak putih.
Amandel normal: ukuran kecil dan berwarna sama dengan rongga mulut.
Amandel radang: membesar, bengkak, berwarna kemerahan, kadang ada bercak putih.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x