Teman Berbagi

Teman Berbagi 1
Memiliki hewan peliharaan seperti Varanus salvator bisa mengurangi stres

Memiliki hewan peliharaan seperti Varanus salvator bisa mengurangi stres

Hubungan antara manusia dan hewan peliharaan terjalin sejak ribuan tahun sebelum masehi. Hasil penelitian Wim Van Neer dan rekan dari Royal Belgian Institute of Natural Sciences, Belgia, mengungkapkan manusia memelihara kucing sejak 3700 sebelum masehi di Mesir. Itu berdasarkan temuan kerangka kucing hutan kecil dengan tulang patah yang sudah disembuhkan.

Dosen di Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area, Dra Mustika Tarigan MPsi, mengatakan memiliki hewan peliharaan bisa menghilangkan berbagai stres seperti akibat beban pekerjaan atau masalah hidup. Meski begitu hanya orang yang menyenangi satwa yang bisa memiliki hewan peliharaan. Jika tidak suka dengan hewan, ada orang yang menyenangi benda mati seperti jam.

Sebab, “Setiap individu memiliki afeksi pada benda mati atau hidup,” kata Mustika. Jenis binatang yang dipelihara menyesuaikan selera pemilik asalkan tidak buas dan jinak. Mustika mengatakan di Jepang orang yang mengalami stres diterapi menggunakan ubur-ubur. “Gerakan ubur-ubur yang ritmis bisa membawa ketenangan bagi orang yang melihat hewan itu,” ucap perempuan kelahiran Bandung, 26 April 1957 itu.

Klangenan juga mengatasi kesepian sang pemilik seperti riset Rizqi Khoirunnisa Nurlayli dan Diana Savitri Hidayati dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Objek penelitian 50 pemilik hewan peliharaan. Hasil penelitian menunjukkan 36 responden mengalami kesepian kategori rendah, sedangkan 14 orang mengalami kesepian tingkat tinggi.

Pemilik yang sangat dekat dengan satwa peliharaan kemungkinan kecil mengalami kesepian. Menurut Society for Companion Animal Studies (SCAS) di Inggris meningkatkan sistem imunitas tubuh dan berperan sebagai alarm kondisi kesehatan pemilik. Temuan terbaru menyatakan anjing mampu mendeteksi dan mengidentifikasi jenis kanker tertentu. (Riefza Vebriansyah)

Baca juga:  Burung Cinta Paling Cantik

Tags: klangenan, reptil

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x