Telur Herbal | Trubus Online

 

  1. Siapkan herbal segar: akar alang-alang, daun dewa, daun panjang nyawa, daun jambu biji, daun tolesom, dan daun salam masing-masing 100 gram. Tambahkan 50 g kayu secang, 20 g daun teh hijau, 20 g ketumbar, dan 1 rimpang setara 50 g jahe (ilustrasi dari kiri ke kanan).
  2. Rebus bahan herbal dengan 3 liter air hingga mendidih dan tersisa setengahnya kemudian saring untuk memperoleh air rebusan.
  3. Campur air herbal dengan 1 kg tanah merah, 1 kg garam dapur halus beryodium, gula merah, abu gosok, dan bubuk batubata masing-masing 250 g sebagai bahan pelapis telur. Campuran bahan pelapis itu untuk 100 telur.
  4. Ambil telur itik terpilih: berumur maksimal 4 hari setelah ditelurkan, kuning telur berada di tengah, dan tidak ada noda hitam. Cuci dengan air mengalir hingga bersih.
  5. Gulingkan telur dalam bahan pelapis hingga rata lalu letakkan di wadah dengan bagian telur yang runcing di bawah agar rongga udara berada di atas. Diamkan selama 10—15 hari.
  6. Rendam 50 telur dalam larutan air sitrun berkonsentrasi 15 cc sitrun per 25 l air selama 3—5 menit. Kemudian cuci telur dengan air mengalir hingga bersih. Rebus telur hingga matang dan dinginkan. Telur asin rendah kolesterol siap dinikmati. (Rosy Nur Apriyanti)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d