Proses curing termodifikasi tingkatkan kadar vanilin. Teknologi baru lebih cepat.

Vanili tanaman bernilai ekonomis tinggi.

Vanili tanaman bernilai ekonomis tinggi.

Usai memetik polong vanili, para petani melakukan curing. Proses pascapanen itu mencapai 1—1,5 bulan. Menurut anggota staf pengajar Departemen Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Ir Dwi Setyaningsih MSi, curing mirip pengeringan. Bedanya curing berlangsung lebih lambat agar terjadi perubahan biokimia sehingga terbentuk aroma vanili yang optimal.

“Buah vanili hasil curing juga tidak getas dan fleksibel,” kata Dwi. Petani melakukan curing karena polong vanili meski sudah tua belum beraroma. Musababnya senyawa glikosida berikatan beta dengan glukosa. Proses itu mengaktifkan enzim yang memotong ikatan beta sehingga aroma khas buah tanaman asli Meksiko itu menguar tajam. Eksportir menginginkan polong seperti itu.

Lebih singkat
Vanili tanaman bernilai ekonomis tinggi. Data International Trade Centre (ITC) pada 2016 menunjukkan harga kering vanili sekitar US$200/kg setara Rp2,6-juta per kg. Sementara perusahaan pengolah vanili, Nielsen-Massey Vanillas, melego ekstrak vanili Rp1,2-juta per kg. Ekstrak vanili larutan hidroalkohol yang mengandung zat terekstrak dari buah tanaman anggota famili Orchidaceae atau anggrek-anggrekan itu.

Dr Ir Dwi Setyaningsih MSi, penemu proses curing vanili termodifikasi.

Dr Ir Dwi Setyaningsih MSi, penemu proses curing vanili termodifikasi.

Konsumen lazim menggunakan ekstrak vanili sebagai perasa kue atau kukis. Dwi menuturkan kualitas polong Vanilla planifolia kering Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan potensi sebenarnya. Oleh karena itu ia tergugah meriset teknologi pengeringan vanili. Harapannya kadar vanilin—senyawa aktif dalam vanili—meningkat karena terhidrolisis sempurna.

Hasil penelitian Dwi menunjukkan proses curing termodifikasi menghasilkan ekstrak berkadar vanilin tinggi. Selain itu curing lebih singkat menjadi 5—7 hari dari semula 12 hari (lihat infografis: Pangkas Waktu Curing). Ekstrak vanili dari proses temuan sekretaris Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi IPB itu juga sesuai dengan standar internasional yaitu bercitarasa manis dan beraroma khas. (Riefza Vebriansyah)

Baca juga:  Cegah Flu Burung

Ekstraksi Vanili 1

Ekstraksi Vanili 2

Tags: ekstraksi vanili, teknologi baru

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d