Tanaman Hias ini Cocok Untuk Daerah Tropis

Memiliki halaman rumah yang cukup besar tentu terasa lebih indah saat ditanami tanaman hias. Namun, banyak yang khawatir tanaman itu akan layu dan mati karena cuaca panas. Karena itu, lebih baik memelihara tanaman hias yang tahan sinar matahari di halaman Anda.

Terdapat banyak jenis tanaman hias yang tahan terhadap sengatan matahari dan udara panas. Beberapa tanaman ini berasal dari daerah panas seperti padang pasir, tetapi beberapa tidak. Secara umum, tanaman yang tahan terhadap sinar matahari tidak membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya.

Apa saja tanaman yang tahan panas? Selanjutnya kami ingin menyebutkan beberapa jenis tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari. Tanaman yang disebutkan di bawah ini sangat cocok untuk ditanam di wilayah Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan suhu yang cukup tinggi.

Bayam Merah

tanaman hias tahan panas matahari bayam merah

Bayam merah adalah tanaman dari jenis bayam. disebabkan memiliki warna daun yang memesona, bayam merah saat ini sudah banyak dijadikan tanaman hias. Bayam merah hendak tumbuh dengan maksimal pada suhu tinggi, sehingga di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari, bayam merah bisa tumbuh secara maksimal.

Jengger Ayam

jengger-ayam

Tanaman bunga dari famili Amaranthaceae dinamakan dengan tanaman jengger ayam disebabkan bunga yang dihasilkan terlihat sesuai daging merah yang tumbuh pada bagian kepala ayam jantan. Ada banyak warna anggun yang dipunya oleh tanaman dengan nama latin Celosia cristala ini, antara lain merah, kuninng, dan oranye. Jengger ayam adalah tanaman yang tahan terhadap panas matahari dengan waktu berbunga sebagian kali dalam satu bulan.

Kaktus

kaktus mini

Dengan habitat asli di gurun pasir yang tandus, tentu kaktus memiliki daya tahan terhadap matahari, terlebih tumbuhan yang mengeluarkan duri ini memiliki cadangan air dalam batang yang berlapiskan lilin. kalau kamu mau mengoleksi tanaman hias tahan panas seperti kaktus, cobalah pilih salah satu dari sebagian kategorinya, seperti ariocarpus, astrophytum, cereus tetragonous, chepalocereus senilis, echinocactus grusonii, echhinofossulocactus, ferocactus, gymnocalycium, haworthia attenuata, lobivia oganmaru, dan lain sebagainya.

Bunga Kertas (Bougenville)

bunga-bougenville

Bougenville adalah tanaman hias bunga yang tahan terhadap panas matahari. Bougenville (dibaca bugenvil) atau yang juga dinamakan bunga kertas ini bisa ditanam di pekarangan rumah kamu. Perawatannya simpel dan bisa tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. sebagian bunga kertas yang lumayan beken antara lain california gold, gold rush, after glow, bambino baby allison, bambino baby victoria, bambino baby lauren, cherry blossom, coconut ice, alexandra, barbara karst, dan bambino majik.

Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

kalau kamu bertanya tanaman hias outdoor tahan panas matahari itu apa, jawabannya adalah kamboja. Bunga kamboja tergolong sebagai tanaman hias jenis outdoor (luar ruangan) yang bisa beradaptasi dengan lingkungan dengan udara terbuka dan lebih kerapkali mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Bunga kamboja memiliki daya pikat pada bagian kelopaknya yang berwarna memesona dan anggun dengan kombinasi warna putih dan kuning. Bunga kamboja bisa tumbuh subur sekalipun tidak disiram dengan air.

Lidah Mertua

lidah-mertua

Lidah mertua atau Sansevieria banyak ditanam sebagai tanaman hias di dalam rumah. Lidah mertua lebih kerapkali ditanam di rumah karena bisa menetralisir udara kotor di dalam ruangan, menyerap bau tidak sedap dari perabotan rumah tangga, dan obat herbal. sekalipun begitu, tidak berarti lidah mertua tidak bisa tumbuh di luar ruangan sebab tumbuhan ini juga digolongkan ke dalam tanaman hias tahan panas matahari. kalau ditanam di luar ruangan, lidah mertua hendak bekerja menyerap polusi udara yang berada di sekitar rumah.

Tags: