Tanaman Hias Daun yang Banyak Diminati

Tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati untuk menambah keindahan taman atau ruangan rumah. Tanaman ini memiliki ciri khas dan keindahan pada daunnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali peminat tanaman hias daun bahkan ada yang berani membelinya dengan harga yang cukup tinggi. Oleh karena itulah banyak petani yang ingin membudidayakan tanaman hias jenis ini.

Banyak sekali tanaman hias daun yang ada di Indonesia diantaranya adalah aglaonema, dieffenbachia, anthurium, keladi serta masih banyak jenis yang lain. Berikut ini beberapa daftar tanaman hias yang memiliki keindahan pada daunnya.

Jenis Tanaman Hias Daun yang Banyak Diminati

Tanaman hias merupakan tanaman yang menjadi tanaman favorit untuk ditanam di taman rumah. Selain sebagai penghijauan, tanaman ini juga berfungsi sebagai aksesoris yang menambah keindahan taman. Salah satu jenis tanaman hias yang bayak di tanam oleh masyarakat adalah tanaman hias daun yakni tanaman yang memiliki keindahan pada daunnya.

Di Indonesia tanaman jenis ini sangat populer, bahkan ada yang harganya sampai ratusan juta, tergantung pada keunikan dan keindahan tanaman. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias daun yang banyak diminati oleh masyarakat.

Tanaman Hias Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

Tanaman hias ini merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang banyak digemari oleh masyarakat. Bentuk daunnya yang lebar serta mirip dengan telinga gajah sehingga orang-orang menyebutnya dengan tanaman kuping gajah. Daun tanaman ini memiliki warna hijau tua dengan urat-urat hijau muda agak keputih-putihan.

Tanaman kuping gajah termasuk ke dalam jenis tanaman Anthurium daun yang memang memiliki daya tarik pada keindahan daunnya. Selain keindahan warna tanaman ini juga memiliki bentuk daun yang unik. Alasan lain kenapa tanaman ini begitu digemari oleh masyarakat adalah karena mudah untuk merawatnya. Anthurium hanya membutuhkan sedikit sinar matahari sehingga cocok sebagai hiasan di beranda rumah, teras belakang atau bahkan di dalam ruangan.

Suplir atau Adiantum

Tanaman suplir adalah jenis tanaman hias yang memiliki banyak jenis dan varietes. Meski demikian, tanaman ini memiliki tampilan yang cantik karena berdaun kecil dan memberikan suasan segar di sekitar taman. Tanaman suplir agak susah untuk dipelihara karena membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara yang bersih. Habitat asli dari tanaman ini berada di pinggir-pinggir sungai yang dinaungi pohon rindang. Bila kamu ingin menanamnya maka harus menyediakan tempat yang teduh dan sejuk.

Tanaman hias daun jenis ini tidak terlalu memerlukan banyak air, sehingga cara penyiramannya dengan sedikit air yang terpenting di sekitar tanaman lembab (tidak terlalu basah dan tidak kering). Kalau bisa penyiramannya menggunakan air hujan, tapi bila tidak ada bisa menggunakan air biasa. Ketika datang musim kemarau maka di sekitar tanaman sebaiknya diberikan mos yang basah dengan air. Hal ini untuk menjaga kelembaban tanaman. Tanaman ini akan mulai tumbuh bila musim hujan tiba sehingga sebaiknya diberikan pupuk secara teratur dan dipindah ke dalam lahan tanam yang lebih besar.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x