Naylyndra Benjamin of Hurayra meraih gelar Best of The Best Kitten. (Koleksi Ray Managgar & Ririn Subroto)

Naylyndra Benjamin of Hurayra meraih gelar Best of The Best Kitten. (Koleksi Ray Managgar & Ririn Subroto)

Ganswed Vivaldy of Atharina dan Nayllyndra Benjamin of Hurayra meraih gelar bergengsi di kontes internasional.

Penampilan Ganswed Vivaldy of Atharina amat khas, bermata tajam dan jinak. Juri asal Amerika Serikat, John Webster, mengatakan bahwa Vivaldy bertubuh proposional, bulu lebat khas persia berwarna putih kebiruan dan sedikit abu-abu pada ekor dan kepala. Itulah sebabnya para juri mengganjar Vivaldy dengan gelar Best of Best kategori Champion Indonesian Breed pada kontes The Champ Open Season 2017.

Penyelenggara kontes yang berlangsung di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor, Jawa Barat, pada 13 Mei 2017 itu Cat Fanciers’ Association (CFA). Panitia mendatangkan 6 juri dari luar negeri, yakni Kit Fung dari Hongkong, Bob Zenda, Allan Davies, John Webster, dan Melanie Morgan dari Amerika Serikat, serta Megumi Yamashita dari Jepang. Mereka menilai kucing secara bergantian.

Gelar ganda

Pemilik Vivaldy, Shinta Maya Permata Atharina, sepenuh hati merawat kucing persia jantan itu. Ia memberikan pakan dan sampo berkualitas agar kucing tampil prima. Pehobi di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, itu menghabiskan Rp10 juta–Rp12 juta per bulan untuk pakan dan perawatan Vivaldy. Selain Visaldy, Ganswed The Queen Elzanela juga meraih gelar membanggakan.

Kit Fung, juri kontes kucing dari Hongkong.

Kit Fung, juri kontes kucing dari Hongkong.

Kucing persia bertubuh proposional dan berbulu putih halus itu meraih dua gelar sekaligus, premiership dan premiership Indonesia breed. Menurut John Webster kucing betina itu mempunyai motorik yang bagus dan cepat tanggap. Pehobi di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Ikhsan Maulana, sering melatih dan bermain bersama Queen. Dengan demikian terjalin keakraban sehingga kucing pun cepat tanggap.

Baca juga:  Cara Siam Panen Kurma

Penampilan Nayllyndra Benjamin of Hurayra juga takkalah apik. Kucing persia jantan itu meraih gelar kategori Best of The Best Kitten Indonesian Breed. Nayllyndra berbulu lebat dan halus. Warna bulu putih solid menghiasi sekujur tubuhnya. Peserta kontes dan pengunjung kagum melihat keelokan rupanya. Ia bermata bulat kekuningan seperti tembaga, berhidung pesek merah muda. Nayllyndra baru berumur 7 bulan dengan bobot 4,2 kilogram.

Adapun persia memiliki spesifikasi kaki pendek dan hidung pesek. Menurut juri asal Hongkong, Kit Fung, karakteristik persia terlihat jelas di bagian hidung yang pesek. Hidung yang turun akan mengesankan muka judes, sedangkan hidung yang naik atau rata akan terlihat lebih manis. Pemilik Nayllyndra, Ray Mananggar dan istrinya, Ririn Subroto, sangat memperhatikan perawatan kucing di bawah satu tahun, yakni kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal.

Peserta mancanegara

Para jawara Cat Fanciers’ Association (CFA)

Para jawara Cat Fanciers’ Association (CFA)

Ray memberikan lampu, selimut agar situasi hangat. Pemberian pakan dan air minum harus steril, tak lupa vitamin untuk mencegah penyakit.   “Tubuh mereka yang masih kecil dan bulunya belum lebat, sehingga perlu perhatian lebih,” ujar Ray. The Real Internationan Cat Show bertajuk “The Champ Open Season”, tidak hanya diikuti peserta dalam negeri, tetapi juga peserta dari Thailand dan Malaysia.

Sebanyak 225 kucing terdaftar dalam kontes itu. Menurut panitia The Champ Open Season, Ferdy Biel, kontes kucing menghasilkan devisa dari sektor fancy tourism. Pun demikian dengan para juri yang didatangkan dari luar negeri menjadi duta Indonesia di negara masing-masing. Setiap peserta yang berhasil dalam lomba itu akan mendapatkan poin. Poin itu menentukan level prestasi setiap kucing, seperti gelar championship, premiership, kitten. (Marietta Ramadhani)

Baca juga:  Kontes Kucing: Dua Gelar Hurayra

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d