Tahan Dua Bulan 1
Tahan Dua Bulan | Trubus Online

  1. Bahan baku telur itik berasal dari peternak di Karawang, Pati, Tegal, dan Brebes. Bagian penerimaan telur mencatat nama peternak dan tanggal penerimaan. Rully mensyaratkan maksimal 3 hari setelah diterima telur harus diproses. “Telur memiliki proteksi maksimal 10 hari. Lewat dari 10 hari proteksi sudah hilang sehingga rentan terkena bakteri,” kata Rully.
  2. Petugas kemudian membawa telur ke ruang gelap berukuran 3 m x 3 m. Di sana petugas menerawang bagian dalam telur dengan bantuan lampu belajar. Proses itu biasa disebut candling. Telur yang dipilih adalah yang posisi kuning telur masih di tengah dan tanpa noda hitam.
  3. Telur hasil candling kemudian diberi kode telusur. Contoh kode telusur 009-027. Angka 009 adalah kode peternaknya (farm), sementara 027 adalah kode petugas candling. Kode telusur bermanfaat untuk melacak jika suatu saat terjadi komplain  dari konsumen.
  4. Telur kemudian dicuci dengan air  bersih lalu ditiriskan. Setiap 3 bulan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kerawang datang untuk mengambil 500—600 ml sampel air tanah untuk diuji di laboratorium. Pengecekan bertujuan agar air selalu sesuai dengan standar kualitas air bersih.
  5. Pembuatan pasta berbahan baku abu sekam, garam, dan air. Sebelum ditumbuk jadi abu, sekam bakar disemprot desinfektan mengandung senyawa amonium quartener konsentrasi 10 ml per 1 l air kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama satu hari agar kandungan air berkurang, sehingga tidak berjamur. Rully menggunakan garam halus mengandung NaCl minimal 97% sesuai  standar internasional untuk makanan pengawetan menggunakan garam.
  6. Telur yang telah dicuci bersih kemudian dibalut dengan pasta secara merata. Pasta 20% dari bobot jenis telur. Penggunaan pasta dari abu sekam membuat telur asin mudah dibersihkan. Bandingkan dengan tanah yang sulit dibersihkan.
  7. Telur berbalut pasta kemudian digulingkan ke dalam wadah berisi sekam bakar. Sekam berfungsi sebagai pengaman telur dari guncangan selama pengangkutan. Rully rutin mengirim 1,1-juta telur asin perbulan ke Kalimantan Barat via laut. Telur asin tetap bagus meski menempuh perjalanan selama 7 hari.
  8. Telur kemudian dikemas dalam kotak plastik dan diberi label yang mencantumkan waktu produksi. Satu kotak berisi 4 telur. Kotak telur itu kemudian dimasukkan kembali ke dalam kardus. Satu kardus berisi sekitar 30 kotak telur. Menurut Rully dengan kondisi penyimpanan yang baik telur asin tahan simpan hingga 2 bulan. (Rosy Nur Apriyanti)
Baca juga:  Bisnis Besar Barang Hitam

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *