Stop Jantung Bengkak 1
Biji anggur mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk jantung

Biji anggur mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk jantung

Penderita pembengkakan jantung membaik sejak rutin konsumsi biji anggur.

Tiba-tiba tubuh Mawar Rahma—bukan nama sebenarnya—terasa berat. Dadanya sesak. “Batuk tak berhenti-henti. Jantung seperti ditekan-tekan,” ujar Mawar mengenang kejadian 2 tahun silam. Ibu 3 anak itu pun memutuskan berobat ke dokter di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dokter menyarankan rontgen dada. “Setelah hasilnya keluar, saya dinyatakan terkena penyakit jantung dan paru-paru. Jantung dan paru-paru saya membengkak,” ujar Mawar yang terbiasa menyantap gorengan hampir setiap pagi.

Sebelum kejadian itu Mawar memang acap mudah lelah, sesak napas, dan batuk-batuk berkepanjangan. Semula untuk mengatasi rasa sakit itu, Mawar hanya mengonsumsi obat yang dibeli di warung di dekat rumah. Namun, ketika dada terasa sakit tak tertahankan, ia bergegas ke dokter sehingga terkuak biang keladi gangguan kesehatan itu.

Dr Arijanto Jonosewojo, “Penyakit pembengkakan jantung yang tak tertangani menyebabkan penderita kesulitan napas dan akhirnya meninggal.”

Dr Arijanto Jonosewojo, “Penyakit pembengkakan jantung yang tak tertangani menyebabkan penderita kesulitan napas dan akhirnya meninggal.”

Sesak napas

Dokter spesialis penyakit dalam di rumahsakit dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, dr Arijanto Jonosewojo SpPD FINASIM, menuturkan, penyebab pembengkakan jantung beragam di antaranya hipertensi atau tekanan darah tinggi. “Hipertensi membuat kerja jantung lebih keras, karena pemompaan darah ke jantung lebih tinggi, sehingga centrikel jantung bagian kiri membengkak,” ujarnya.

Pembengkakan jantung juga bisa diakibatkan infeksi jantung yang biasa disebut miokarditis atau peradangan otot jantung yang terletak di lapisan tengah dinding jantung. Saat jantung membengkak, biasanya penderita akan mengalami beberapa gejala di antaranya tidur tak bisa lelap sebelum menggunakan bantal hingga 2—3 tingkat, kadang kaki ikut membengkak, jantung terasa tertekan, napas sesak ketika berjalan terutama saat naik tangga.

“Hal itu karena jantung memenuhi rongga dada, sehingga paru-paru menjadi terimpit,” ujar Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif Rumahsakit dr Soetomo itu. Ketika gejala-gejala itu muncul, dokter akan menyarankan penderita untuk rontgen. Tujuannya untuk mengetahui ukuran jantung penderita apakah membesar atau membengkak. Saat hasil rontgen keluar, dokter akan menghitung angka Cardio Thoracic Ratio (CTR). “Jika angka CTR di atas 50% pada orang dewasa, maka bisa dikatakan jantungnya membengkak,” ujar dr Arijanto

Baca juga:  Cabai dan Paprika Capsicum Pilihan Pekebun

Biji anggur

Dokter memberikan obat kepada Mawar Rahma berupa 4 jenis tablet. Mawar disiplin mengonsumsi 3 kali sehari. Kondisi tubuh Mawar pun mulai membaik. Namun, ia malah berhenti mengonsumsi obat-obatan itu ketika habis. Mestinya ia menebus obat itu lagi karena khawatir efek sampingnya, ia juga dari keluarga tak mampu sehingga berat untuk menebus obat itu. Atas saran kerabat, Mawar Rahma mengonsumsi kapsul ekstrak biji anggur yang lebih murah.

Perempuan berusia 60 tahun itu mengonsumsi 2 kapsul setiap hari. Berselang sepekan, tubuh Mawar terasa bugar. “Rasa jantung tertekan dan sesak napas intensitasnya berkurang. Biasanya sepekan bisa sampai 10 kali, tapi sekarang sudah jarang, sekitar 3 kali sepekan,” ujarnya. Saat itu ia juga menghentikan kebiasaannya mengonsumsi goreng-gorengan.

Melihat berbagai manfaat biji anggur untuk jantung, pada 2011 Feringa HH, Laskey DA, Dickson JE, dan Coleman CI dari Sekolah Medis Yale, Connecticut, Amerika Serikat meriset efek ekstrak biji anggur terhadap tekanan darah, denyut jantung, kadar lemak, dan kadar protein reaktif. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ekstrak biji anggur efektif menurunkan tekanan darah sistolik dan denyut jantung. Namun, pada kadar kolesterol darah maupun kadar protein, pemberian ekstrak biji anggur tidak berpengaruh.

Ekstrak biji anggur juga terbukti mengurangi infark miokard atau kerusakan otot jantung. Hal itu sesuai riset Matoaki Sato dan rekan dari Departemen Bedah, Fakultas Kedokteran Universitas Connecticut, Amerika Serikat. Mereka membagi hewan uji dalam 2 kelompok: perlakuan ekstrak biji anggur dengan dosis 100 mg per kg bobot tubuh setiap hari dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok perlakuan mengalami penurunan pada luas infark miokard dibanding kelompok kontrol. Mereka menyimpulkan, kandungan biji anggur berupa senyawa proantosianidin memiliki efek kardioprotektif terhadap cedera reperfusi iskemik.

Buah anggur juga kaya nutrisi, vitamin, dan antioksidan kerap diolah menjadi wine

Buah anggur juga kaya nutrisi, vitamin, dan antioksidan kerap diolah menjadi wine

Antioksidan

Baca juga:  Media Tanam Sukulen

Kita bisa mencegah serangan bengkak jantung antara lain dengan disiplin konsumsi biji anggur. Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof Ali Khomsan MS, menyarankan agar mengonsumsi seluruh bagian buah anggur, termasuk bijinya. Ia bahkan mengunyah biji-biji pahit itu untuk mempermudah penyerapan kandungan nutrisi. “Biji dan kulit anggur paling banyak menyimpan nutrisi. Biji kaya zat fitokimia, kulit kaya antosianin,” ujarnya.

Bagaimana proses biji anggur membuat kondisi penderita penyakit jantung membaik? Menurut dr Arijanto, hal itu sangat memungkinkan. “Biji anggur memiliki antioksidan tinggi. Senyawa antioksidan membantu mengurangi radikal bebas yang turut memperberat kerja jantung. Ketika radikal bebas diatasi, beban jantung menjadi berkurang dan ukuran jantung pun ikut berkurang atau mengecil,” ujar Ketua Program Studi Pengobatan Tradisional, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya itu.

Namun, untuk mengetahui kondisi penderita sudah mulai membaik atau belum, tidak bisa dinilai secara subjektif atau perasaan si penderita saja. Perlu pengecekan secara objektif dengan melakukan rontgen. “Ketika dirontgen dan angka CTR berkurang atau kurang dari sama dengan 50%, maka bisa dikatakan membaik,” ujarnya.

Sayang, sejak mengonsumsi kapsul biji anggur, Mawar Rahma belum melakukan rontgen lagi. Namun menurut ibu rumatangga di Banyuwangi itu, ia sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala. “Saya masih tetap mengonsumsi biji anggur untuk menjaga stamina tubuh,” ujar Mawar Rahma. (Bondan Setyawan/Peliput : Argohartono Arie Raharjo, Desi Sayyidati Rahimah, dan Kartika Restu Susilo)

Faedah Biji

Faedah Biji

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *