stamina prima saat puasa

Suplemen penjaga tubuh saat beradaptasi menghadapi bulan puasa.

Stamina prima saat puasa – Kannang Wahyudi tak merasakan lemas maupun loyo saat berpuasa pada Ramadan. “Semangat saya masih tinggi. Rasanya seperti sedang tidak puasa, ya paling hanya lapar saja,” ujarnya. Tak hanya itu, saat banyak tetangganya terkena penyakit flu dan diare lantaran proses adaptasi pada awal puasa, daya tahan tubuh Kannang tetap kuat.

“Saya tetap sehat dari awal hingga akhir puasa,” ujar lelaki kelahiran Sukaharjo, Jawa Tengah, itu.

Rahasia kebugaran Kannang terletak pada minuman herbal. Ia mengonsumsi saat makan sahur dan sebelum makan berbuka. Ia menambahkan herbal cair fermentasi pada minuman itu.

“Saya biasa menambahkan herbal itu satu sloki dalam satu gelas air putih atau jus setelah makan sahur dan satu sloki lagi pada teh hangat sebelum mengonsumsi makanan saat berbuka,” kata Kannang.

Suplemen nabati agar stamina prima saat puasa

Menurut Kannang selain segar, minuman itu menjadi lebih nikmat lantaran beraroma leci yang wangi. Harap mafhum, dalam herbal cair itu mengandung bakteri baik bagi tubuh yaitu Lactobacillus yang bertugas memfermentasi kandungan air kelapa dan susu pada herbal itu.

Probiotik penghasil asam laktat itu membuat nutrisi dalam herbal cair pun maksimal. “Sifatnya juga memperbaiki sistem pencernaan tubuh mulai usus hingga lambung,” ujar Kannang.

Kulit manggis mengandung antioksidan.
Kulit manggis mengandung antioksidan.

Herbal itu juga mampu meregenerasi sel yang rusak. Hal itu membuat tubuh selalu bugar lantaran metabolisme menjadi lancar. Untuk perempuan juga cocok lantaran bermanfaat juga mengembangkan fungsi hormonal. Ekstrak kulit manggis juga ampuh menjaga daya tahan tubuh saat puasa.

Kandungan antioksidan tinggi menjadi senyawa andalan ratu buah itu menangkal serangan bakteri mapun virus yang membahayakan tubuh.

Baca juga:  Riset Buktikan Okra Atasi Diabetes

“Antioksidan sifatnya menangkal radikal bebas sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga meski di bulan puasa,” ujar Raymond Hendarto, bagian pemasaran PT Sido Muncul. Harap mafhum, kandungan antioksidan kulit manggis lebih tinggi 66,7 kali dibanding wortel dan 8,3 kali dibanding jeruk.

Konsumsi ekstrak kulit manggis baik setelah sahur dan setelah berbuka puasa. Menurut farmakolog dari Institut Teknologi Bandung, Dr Sukrasno, kandungan senyawa aktif xanthon dan tanin pada kulit manggis bagus untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa.

“Xanthon bersifat antioksidan sehingga menjaga daya tahan tubuh sementara tanin menjaga tetap kenyang saat puasa,” ujar Sukrasno.

Bagi penderita mag yang tetap ingin lancara berpuasa, kunyit bisa menjadi pilihan. Empon-empon itu berfungsi memperbaiki saluran pencernaan terutama lambung. “Kunyit bagus untuk penderita maag, sehingga bagi penderita penyakit asam lambung itu, puasa bisa tetap jalan,” ujar Raymond.

Kandungan kurkumin pada kunyit juga bersifat mencegah peradangan pada kulit lambung sehingga mencegah penyakit maag atau radang.

Suplemen hewani

Konsumsi suplemen hewani seperti gamat atau teripang juga dapat membantu daya tahan tubuh. Menurut Kustiariyah dari Departemen Teknologi Hasil Perairan, Institut Pertanian Bogor teripang mengandung beragam senyawa bergizi tinggi seperti asam amino esensial, kolagen, vitamin E, zat-zat mineral seperti khromium, ferum, kadmium, mangan, nikel, kobalt dan seng.

Senyawa penting lain yaitu asam lemak berupa asam eikosapentaenoat (eiscosapentaenoic acid, EPA) dan asam dokosaheksaenoat (docosahexaenoic acid, DHA) bersifat penyembuh luka dan antithrombotik atau antipembekuan darah di dalam saluran darah.

Harap mafhum pembekuan darah dapat mengakibatkan beragam penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. EPA dan DHA itu pula yang membantu memperlambat proses degenerasi sel disamping juga memperlambat proses penuaan.

Baca juga:  Albumin Ikan Gabus Lawan Diabetes

Bahan bioaktif teripang juga terkenal sebagai antioksidan kuat yang mengurangi kerusakan sel dan jaringan tubuh. Kandungan antibakteri dan antifungi bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Manfaat lain teripang yaitu mempunyai efek antinosiseptif atau penahan sakit dan anti-inflamasi atau melawan peradangan dan mengurangi pembengkakan.

Salah satu produsen teripang yaitu PT Diamond Intererest yang mengolahnya menjadi jeli sehingga praktis dan nikmat saat dikonsumsi.

Bersepeda salah satu olahraga yang disarankan saat puasa. Lakukan 30-40 menit menjelang buka puasa.
Bersepeda salah satu olahraga yang disarankan saat puasa. Lakukan 30-40 menit menjelang buka puasa.

Selain teripang, susu kambing sebagai produk hewani berkhasiat cocok pula dikonsumsi saat puasa. Menurut Dr Sukrasno susu kambing kaya protein, mineral, dan karbohidrat. Susu kambing bersifat tidak asam atau alkali sehingga konsumen terhindar dari gangguan lambung seperti diare.

Dalam riset pada 2012, Fathun Niswah dari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, menyebutkan susu kambing memiliki butiran lemak yang lembut, halus, dan lebih kecil.

Hal itu berbeda jika dibandingkan dengan lemak pada susu sapi yang cenderung lebih kasar. Itu membuat susu kambing etawa menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Susu kambing juga memiliki beragam manfaat seperti antiseptik alami yang mampu menekan pembiakan bakteri patogen dalam tubuh. Susu kambing juga tak menyebabkan diare lantaran proteinnya lembut dan efek laktasifnya ringan.

Susu kambing bersifat alkali cocok dikonsumsi saat sahur.
Susu kambing bersifat alkali cocok dikonsumsi saat sahur.

Lemaknya mudah dicerna karena tekstrurnya lembut, halus, dan lebih kecil dibanding susu sapi, sehingga para konsumen terhindar dari alergi susu. Beragam suplemen penambah stamina untuk mengahadapi bulan puasa sudah tersedia, tak ada alasan lagi loyo karena puasa. 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments