Andy Domen memproduksi 25-juta aneka tanaman setiap tahun, seperti tanaman hutan, tanaman pagar, dan pohon natal.

Pseudosuga menziesii ‘Douglas’ produk andalan De Douglas.

Pseudosuga menziesii ‘Douglas’ produk andalan De Douglas.

Tanaman cemara Pseudosuga menziesii ‘Douglas’, Abies nordmanniana, Picea abies, dan Picea pungens ‘Glauca’ berbaris rapi di atas bedengan. Ke mana pun pandangan diarahkan yang tampak hijau beragam komoditas kehutanan itu. Harap mafhum nurseri De Douglas Boomkwekerijproducten BV memang spesialis mengembangkan tanaman kehutanan untuk penghijauan.

Nurseri di Wernhout, Belanda, mengelola lahan 7 hektare terdiri atas 6 hektare rumah tanam dan 1 hektare rumah kaca. Pada 2000 De Douglas membangun nurseri baru di Polandia yang kini seluas 55 hektare berisi rumah tanam dan lahan terbuka. Di sana tempat khusus mengembangkan tanaman berukuran besar berumur sekitar 3 tahun. Nurseri itu mempekerjakan 10 karyawan tetap dan 20 pekerja lepas saat pengiriman.

Tanaman dilindungi
Pemilik nurseri, Andy Domen, mengatakan bahwa setiap tahun nurseri De Douglas menjual 25-juta aneka tanaman berbagai ukuran. Konsumen terutama negara di Eropa seperti Jerman, Austria, Polandia, Rusia, Swedia, dan Denmark. cemara Pseudosuga menziesii salah satu produk utama nurseri keluarga itu dan Picea pungens produk eksklusif. Tanaman anggota famili Pinaceae itu spesies yang dilindungi di Kanada.

De Douglas Boomkwekerijproducten BV menggunakan metode plug cultivation untuk membudidayakan aneka tanaman.

De Douglas Boomkwekerijproducten BV menggunakan metode plug cultivation untuk membudidayakan aneka tanaman.

Di negara asal dan Amerika Serikat tanaman anggota famili Pinaceae itu terkenal dengan sebutan baby blue. Andy mendapatkan hak eksklusif untuk menyebarkan “bayi biru” di Eropa. Ia memberikan merek Super Blue Seedling mengacu pada daunnya yang kebiruan. Blue spruce bersosok kompak dan tumbuh seragam. Warna daun Super Blue Seedling biru keabu-abuan hingga biru tergantung kualitas tanah.

Sprinkel digunakan untuk menyiram dan memupuk tanaman.

Sprinkel digunakan untuk menyiram dan memupuk tanaman.

Makin tua tanaman, semakin biru. Tanaman yang diidentifikasi ahli botani berdarah Jerman-Amerika, George Engelmann, itu menghendaki sinar matahari penuh dan tanah porous. Super Blue Seedling cocok untuk pohon perayaan Natal dan taman. Perawatan mudah karena tidak perlu pemangkasan. Andy mempersilakan konsumen memesan tanaman sesuai selera masing-masing.

Andy Doomen memberikan tanda pengenal pada setiap komoditas berisi tanggal tanam,umur, jumlah, dan nama konsumen.

Andy Doomen memberikan tanda pengenal pada setiap komoditas berisi tanggal tanam,umur, jumlah, dan nama konsumen.

Pengiriman tanaman pada September—November. Mesin sortir otomatis memangkas jumlah pegawai harian hingga 50%. Nurseri itu membudidayakan beragam tanaman kehutanan tanpa pot. Lazimnya rumah tanam greenhouse nurseri di Belanda berisi jejeran rapi pot-pot kecil dengan tanaman muda. Nurseri De Douglas Boomkwekerijproducten menggunakan baki atau tray untuk tanaman muda.

Baki tidak bersentuhan langsung dengan tanah agar akar mengumpul pada media.

Baki tidak bersentuhan langsung dengan tanah agar akar mengumpul pada media.

De Douglas memiliki 3 macam baki berkode P-204, P-126, dan P-40 yang berbeda ukuran lubang tanam. Kedalaman lubang tanam P-204 dan P-126 sama yaitu 7 cm, sedangkan diameternya berbeda yaitu 2,5 cm dan 3,5 cm. Sementara kedalaman lubang tanam P-40 mencapai 9 cm serta berdiameter 6,5 cm (bagian atas) dan 4,5 cm (bagian bawah).

Rumahtanam De Douglas di Wernhout seluas 6 hektare.

Rumahtanam De Douglas di Wernhout seluas 6 hektare.

Tanaman di dalam baki pun berbeda sesuai ukuran lubang tanam. Tanaman muda yang akan dipindah ke pot kecil atau meja tanam di lahan terbuka masuk ke dalam baki P-204. Tanaman lebih besar dan siap ditanam di hutan dibudidayakan dalam baki P-126. Baki P-40 untuk tanaman yang lebih kuat dan lebih besar daripada tanaman di baki P-204 dan P-126.

Baca juga:  Khasiat Kulit Pamelo

Biji

Andy Doomen, pengelola De Douglas Boomkwekerijproducten BV.

Andy Doomen, pengelola De Douglas Boomkwekerijproducten BV.

Konsumen bisa menanam tanaman dalam baki P-40 di lahan atau hutan. Baki berasal dari perusahaan di Belanda dan dapat digunakan selama 10 tahun. Andy Doomen mengatakan cara budidaya itu disebut plug cultivation. Keuntungan teknik itu antara lain waktu tumbuh tanaman singkat (2—3 tahun), mudah dilakukan, dan tanaman seragam. Andy menerapkan plug cultivation sejak 1990.

Mesin sortasi otomatis memilih tanaman sesuai keperluan.

Mesin sortasi otomatis memilih tanaman sesuai keperluan.

Sebelumnya kakek buyut dan kakek Andy mengembangkan tanaman secara tradisional menggunakan sekop di lahan terbuka. Mayoritas tanaman pada nurseri De Douglas berasal dari biji yang diimpor dari Rusia atau Georgia. Andy menyimpan biji dalam kotak berisi serbuk sabut kelapa kering. Ia lalu meletakkan karung goni, plastik, dan karung goni di atas tumpukan serbuk sabut kelapa kering dan biji.

Rumah tanam berisi satu komoditas.

Rumah tanam berisi satu komoditas.

Kotak penyimpanan biji itu berada dalam ruangan bersuhu 2—5°C. Tujuannya agar kelembapan terjaga. Cara penyimpanan biji itu akumulasi pengalaman selama belasan tahun. Cara lain biji disimpan dalam plastik kedap udara tanpa cocopeat atau pasir. Setiap hari petugas mesti mengecek kelembapan. Lazimnya penyemaian biji pada Januari dan Februari saban tahun.

Sebelum menanam, Andy memilah biji menggunakan mesin penyortir biji otomatis. Penggunaan teknologi termutakhir memudahkan pekerjaan Andy. Ia juga memanfaatkan mesin untuk mengisi media tanam dan biji tanaman dalam baki. Media tanam berupa kulit batang kayu dan pasir di bagian teratas. Kulit batang kayu berguna agar sirkulasi udara lancar, sedangkan pasir memadatkan media.

Berdasarkan pengalaman, kulit batang kayu dan pasir juga mencegah pertumbuhan gulma seperti lumut hati. Andy meletakkan baki dalam rumah tanam. Setahun kemudian ia memindahkkan baki ke luar agar tanaman lebih kuat dan perakaran berkembang sempurna. Andy tidak menaruh baki langsung di atas tanah. Ia menggunakan pot setinggi 12 cm untuk menyangga baki.

Tanaman dikemas rapi agar tetap segar di tangan konsumen.

Tanaman dikemas rapi agar tetap segar di tangan konsumen.

Tujuannya agar akar tidak menembus tanah sehingga sulit dipindahkan. Akar yang melebihi panjang lubang tanam akan mati dan membentuk akar baru pada media tanam. Dampaknya akar bertambah banyak dan kuat. Andy memastikan konsumen menerima tanaman berkualitas prima. Kini nurseri De Douglas mengembangkan sekitar 75 varietas beragam tanaman seperti tanaman hutan, tanaman pagar, dan pohon natal.***

Baca juga:  Jamur Maitake Lawan Kanker

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d