Sosok Anyar Ayam Poland 1
Ayam poland batik putih koleksi Muhammad Doni Saputra.

Ayam poland batik putih koleksi Muhammad Doni Saputra.

Varian baru ayam poland yang unik.

Sosok ayam itu amat unik. Sebuah mahkota atau jambul berwarna hitam, putih, cokelat, atau gabungan variasi dari ketiganya bertengger di kepala. Namun, bagian leher ayam itu nyaris tanpa bulu. Itulah ayam poland baru koleksi Muhammad Doni Saputra. Pehobi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, itu memperoleh ayam poland dari importir di Jakarta. Semula ia membeli ayam itu untuk memenuhi permintaan anaknya yang duduk di kelas 4 Sekolah Dasar.

Muhammad Doni Saputra penangkar ayam poland di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Muhammad Doni Saputra penangkar ayam poland di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Doni menyebut ayam poland itu legun—akronim dari leher gundul. Pehobi berusia 27 tahun itu merawat beberapa pasang ayam poland dengan intensif. Ia memberi pakan berupa campuran pur, jagung giling, beras merah, dan vitamin. Doni juga mengoleksi varian baru ayam poland seperti american silky, kapas, sultan, batik, chamois, brahma, gundul, dan walik. Persilangan antarjenis ayam poland berpeluang menghasilkan jenis baru.

Persilangan

Sejak 2013 Doni menyilangkan ayam-ayam poland sehingga memperoleh varian baru. Mahasiswa Universitas Tidar Magelang itu tertarik menyilangkan ayam poland untuk menghasilkan varian-varian baru. Proses menyilangkan ayam poland dan ayam jenis lain selalu berganti-ganti antara jantan dan betina untuk menghasilkan varian baru. Menurut Doni menyilangkan ayam poland relatif mudah. Ia memperhatikan lingkungan seperti tempat penangkaran harus kering dan bersih, serta sirkulasi kandang mesti lancar.

Doni menyilangkan ayam poland sebagai induk jantan dengan ayam poland legun atau leher gundul sebagai induk betina. Hasilnya berupa ayam poland berleher gundul. Penampilan leher tanpa bulu itu bahkan sejak hari pertama menetas. Pada bagian leher itu baik sosok jantan maupun betina sama saja, tanpa bulu. Sementara di bagian kepala terdapat jambul bak mahkota. Menurut Doni jambul sudah mulai muncul ketika ayam baru menetas. Keruan saja saat itu ukuran jambul masih kecil. Seiring dengan penambahan umur, maka ukuran jambul pun makin besar.

Ayam poland batik cokelat betina berumur 7 bulan.

Ayam poland batik cokelat betina berumur 7 bulan.

Silangan lain antara induk jantan poland dengan ayam lokal walik—ayam berbulu terbalik—sebagai induk betina. Hasil persilangan itu melahirkan ayam poland berbulu lebat dan mekar seperti walik. Warna bulu juga bervariasi seperti hitam, putih, dan cokelat.
Ayam poland batik merupakan hasil persilangan antara induk jantan poland dengan ayam batik italia atau kanada. Keturunan ayam itu bercorak batik pada bulu-bulunya. Warna bulu juga beragam seperti batik hitam, batik putih, dan batik cokelat. Selain ayam-ayam hibrida itu Doni juga menghasilkan poland kapas. Bulu ayam itu halus mengembang bagai kapas.

Baca juga:  Mutasi Makin Aksi

Untuk memperoleh ayam poland kapas, Doni menyilangkan ayam poland sebagai induk jantan dengan ayam kapas. Warna bulu ayam kapas hitam, hitam putih, dan triwarna. Adapun ayam poland sultan merupakan persilangan antara induk jantan poland dengan belgian d’uucle. Kelebihan ayam poland sultan yang berbulu panjang adalah hampir semua tubuhnya tertutup bulu hingga kaki.

Induk bergantian

Ayam poland walik jantan berumur 7 bulan.

Ayam poland walik jantan berumur 7 bulan.

Proses persilangan seringkali menggunakan jenis jantan dan betina secara bergantian. Misalnya untuk menghasilkan ayam poland american silky digunakan ayam poland sebagai induk jantan dan silky, belgian, chocin sebagai induk betina.

Pehobi ayam poland di Kecamatan Taktakan, Provinsi Banten, Syaefullah beberapa kali menyilangkan ayam poland. Namun, kerap gagal. Doni relatif berhasil menyilangkan ayam poland sejak lima tahun lalu. Ayam hias itu pun beranak-pinak. Itulah sebabnya, Doni menjajakan satwa hias kepada para pehobi. Kini ia rutin memasarkan hingga ratusan ekor ayam poland berbagai jenis seperti poland ori, batik, walik, chamois, brahma, american silky, sultan, kapas, dan legun per bulan.

Ayam poland walik jantan berumur 6—7 bulan.

Ayam poland walik jantan berumur 6—7 bulan.

Itu membuktikan bahwa penggemar ayam poland di Indonesia cukup banyak. Pembeli ayam poland berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Jambi. Setiap bulan ia mampu memasarkan hingga ratusan ayam berumur 1─8 bulan. Harga seekor ayam poland Rp75.000─Rp8 juta tergantung varian. Harga indukan berumur 7─8 bulan lebih mahal, mencapai Rp16 juta sepasang. Menurut Doni harga seekor ayam poland berumur sebulan mencapai Rp75.000─Rp3,5 juta per ekor.

Harga itu relatif sama untuk jantan dan betina. Harga akan melonjak ketika ayam berumur 8 bulan. Doni menjual ayam berumur 7─8 bulan hingga Rp8 juta per ekor. Adapun harga ayam poland dewasa sampai induk Rp600.000─Rp16 juta sepasang tergantung varian. Harga ayam poland termurah adalah ayam poland asli, sedangkan yang termahal varian american silky, chamois, brahma/brahma laced polish. (Fakhri Muhammad Luthfi)

582 87-4

Sepasang ayam poland leher gundul.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments