Sirna Kanker Mahkota Kedua

Sirna Kanker Mahkota Kedua 1
Aktivitas farmakologis kurkumin antara lain sebagai antioksidan, antimirob, antiradang, antitumor, dan antikanker

Aktivitas farmakologis kurkumin antara lain sebagai antioksidan, antimirob, antiradang, antitumor, dan antikanker

Rutin mengonsumsi kunyit, Lili Marliena terbebas dari operasi kanker payudara.

Lembaran pahit hidup Lili Marliena—nama samaran—bermula pada 2011. Saat itu ia acap merasa gatal dan sakit di payudara kiri. Jika sudah begitu, ia hanya bisa mengusap-ngusap sambil membaca doa. Semula perempuan yang saat itu berusia 31 tahun mengira itu hanya dampak menstruasi. “Sejak remaja hal seperti itu sering kali terjadi,” ujarnya. Namun, setelah setahun Lili merasa perubahan pada bentuk mahkota keduanya itu karena muncul benjolan dan terdapat penebalan kulit di dekat ketiak kiri.

Saat memeriksakan diri ke rumahsakit, dokter mendiagnosis perubahan itu sebagai kanker payudara. Dokter menyarankan Lili menjalani tes Magnetic Resonance Imaging (MRI). Pada Mei 2012 Lili terkejut saat menjumpai payudaranya mengeluarkan cairan. Sepanjang malam ia merasa payudaranya panas seperti terbakar. “Panas, pegal, nyeri, dan gatal bercampur jadi satu,” ujar pehobi kucing itu. Kondisi itu yang akhirnya mendorong Lili melakukan MRI.

 

“Kunyit paling dominan dalam kombinasi herbal untuk penyembuhan tumor maupun kanker,” ujar Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta

“Kunyit paling dominan dalam kombinasi herbal untuk penyembuhan tumor maupun kanker,” ujar Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta

Tolak operasi

Hasil MRI menunjukkan Lili positif mengidap kanker payudara stadium 2. Diagnosis itu membuat Lili terpukul. Ia tak bisa menuruti saran dokter untuk menjalani operasi. Menurut Lili selain biaya operasi yang tinggi ia tengah menjalani program memiliki anak. Harap mafhum, setelah 7 tahun menikah ia belum dikaruniai momongan. “Atas dasar itu operasi kanker payudara saya tunda,” kata anggota staf produksi di perusahaan tekstil di Jakarta itu.

Menurut dr Edwin Perdana SpOG dari Rumahsakit Mayapada Modernland, Tangerang, Provinsi Banten, yang berisiko terkena kanker payudara antara lain perempuan tak menikah atau menikah tetapi tak pernah melahirkan, melahirkan anak setelah berusia 35 tahun, dan perempuan yang haid pertama pada usia amat muda. Data Kementerian Kesehatan Indonesia pada 2012 memperlihatkan prevalensi kanker mencapai 4,3 setiap 1.000 orang. Artinya jika saat ini penduduk Indonesia 250-juta, maka penderita kanker diperkirakan 1,1-juta.

Baca juga:  Para Pewaris Daun Datar

Dari kasus kanker itu, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2009 memperlihatkan persentase kanker payudara mencapai 30%. Tanpa upaya pengobatan kondisi Lili semakin menurun. Dalam waktu 2 bulan bobot tubuhnya menjadi 60 kg dari semula 72 kg. Rasa sakit dan gatal bisa menyerangnya sepanjang hari sehingga Lili memutuskan untuk berhenti bekerja. “Setiap malam saya masih merintih kesakitan,” ujar Lili pasrah.

Perempuan yang belum pernah melahirkan beresiko lebih besar terkena kanker payudara

Perempuan yang belum pernah melahirkan beresiko lebih besar terkena kanker payudara

Lili belakangan mencoba menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Setiap pagi ia berlari santai di sekitar rumah bersama suami selama setengah jam. Lili juga menghindari makanan berlemak terutama daging. Sebelum memutuskan untuk kembali berobat ke rumahsakit, Lili mendapat informasi mengenai pengobatan herbal di Sukabumi, Jawa Barat. Pada Januari 2013 ia mendatangi Ganda Soertjipto, herbalis yang memberikan ramuan herbal berbahan utama kunyit.

“Kandungan kurkumin pada rimpang kunyit sangat ampuh menggempur kanker,” ujar pria 53 tahun itu. Ganda mengakui sejak awal menjadi herbalis pada 2008 kunyit salah satu herbal andalannya. Ia mengombinasikan kunyit dengan kunyitputih, temulawak, sambiloto, dan pegagan.

 

Khasiat kunyit

Ganda meresepkan kunyit dalam bentuk kapsul untuk mempermudah pasien mengonsumsi. Perempuan 34 tahun itu mendapat 3 kapsul berbeda yang diminum 3 kali sehari. Masing-masing 2 kapsul setiap kali minum. Ganda juga menyarankan Lili tetap mengonsumsi air perasan kunyit. Seduh 500 gram rimpang kunyit yang diparut dan dicampur dengan sesendok madu. Dalam sehari Lili mengonsumsi seduhan itu sebanyak 2 kali.

Selang sebulan mengonsumsi rutin, perbaikan mulai terlihat. Rasa gatal di payudara hilang dan sakitnya pun berkurang. Memasuki bulan keenam benjolan di payudara kiri terasa kian mengecil. Suami Lili awalnya tidak percaya sang istri membaik dalam waktu relatif singkat. Ia memutuskan membawa istrinya ke rumahsakit pada Desember 2013. Hasil Ultrasonografi (USG) memperlihatkan, tak ada lagi benjolan di payudara kiri Lili. Yang tampak hanya lingkaran menghitam pertanda sel kanker mati. “Saya bersyukur karena saya bisa sembuh,” kata Lili.

Konsumsi kunyit dalam bentuk seduhan 2 kali sehari

Konsumsi kunyit dalam bentuk seduhan 2 kali sehari

Khasiat kunyit untuk kanker payudara memang sejalan dengan riset Ganji Purnachandra Nagaraju dari Departemen Hematologi dan Onkologi, Universitas Emory, Amerika Serikat, pada Juni 2012. Riset itu membuktikan rimpang Curcuma longa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dengan membuat sel kanker berapoptosis (bunuh diri). Data eksperimental juga menunjukkan kurkumin manjur sebagai kemo preventif, membalikkan resistensi kanker, dan mencegah metastasis atau penyebaran sel kanker.

Baca juga:  Panen Kubis Bermutu Tinggi

Periset di Departemen Neurosains, Brain, and Circulation Institute of Indonesia, Universitas Surya, di Tangerang, Provinsi Banten, dr Dito Anurogo, mengatakan kandungan kurkumin pada kunyit berperan mengurangi poliferasi atau pembelahan sel kanker. Menurut Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta, kunyit selalu diresepkannya untuk pasien tumor dan kanker.

Lina mengombinasi kunyit itu dengan kulit kayumanis, bunga cengkih, dan rimpang temulawak. “Sifat kombinasi herbal untuk saling menguatkan,” ujar Lina. Lili tetap rutin mengonsumsi seduhan kunyit setiap hari. “Pola makan, tidur, dan olahraga juga tetap saya pertahankan,” kata pecinta kuliner itu. Semua terjadi berkat khasiat kunyit yang luar biasa. (Rizky Fadhilah)

531_Hal_120_2

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x