Sinergi Dengan Kemoterapi 1
Prof. Dr. Hiroaki Nanba, Ph.D., kombinasi MD-fraction dengan kemoterapi lebih efektif dalam membantu menyembuhkan kanker.

Prof. Dr. Hiroaki Nanba, Ph.D., kombinasi MD-fraction dengan kemoterapi lebih efektif dalam membantu menyembuhkan kanker.

Menurut Prof. Dr. Hiroaki Nanba, maitake tidak menyerang sel kanker secara langsung, tapi dengan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Adapun kemoterapi menyerang sel kanker secara langsung. Oleh sebab itu, Prof. Nanba mencoba memadukan terapi pemberian maitake dengan obat kemoterapi kepada hewan uji yang diinduksi sel tumor. Ia membagi hewan uji ke dalam 4 kelompok. Kelompok I dijadikan kontrol.

Adapun hewan uji pada kelompok II diberikan asupan MD-fraction dengan dosis 1 mg per hari. Prof. Nanba memberikan obat mitomycin C (MMC), obat yang biasa digunakan untuk terapi berbagai jenis kanker. MMC menyebabkan efek samping yang parah, dengan dosis 0,5 mg per hari pada kelompok III. Pada kelompok IV, Prof. Nanba mengombinasikan pemberian MD-fraction berdosis 0,5 mg per hari dan MMC 0,25 mg per hari.

Hasil penelitian menunjukkan, kelompok hewan uji yang diberikan perlakuan MD-fraction secara tunggal dapat menghambat pertumbuhan sel tumor hingga 80%. Jumlah penghambatan itu lebih tinggi daripada daya hambat MMC yang hanya 45%. Namun, ketika kedua perlakuan itu dikombinasikan, ternyata daya hambat pertumbuhan sel tumornya lebih tinggi, yakni mencapai 98%. Dengan hasil itu, Prof. Nanba menyimpulkan sinergi maitake dan obat kemoterapi menggempur sel tumor dengan dua cara sekaligus. Obat kemoterapi menyerang sel tumor secara langsung dan maitake mengaktifkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya anjlok saat menjalani kemoterapi. (Imam Wiguna)

Tags: kemoterapi, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *