Siasat Silangkan Jarak 1

Menurut penyilang di Thailand, Pramote Rojruangsang, menyilangkan jatropha sangat mudah. Untuk membedakan bunga jantan dan betina juga gampang. Pada satu kuntum bunga, maka yang pertama kali mekar adalah betina. Bunga jantan mekar pada hari kedua dan ketiga. Jadi dalam satu kuntum ada 10—20 bunga jantan. Saat bunga betina mekar pada pukul 09.00—12.00, ambil serbuk sari dari kuntum bunga lain yang mekar pada hari kedua atau setelahnya.

Jarak hasil silangan berbunga kuning.

Jarak hasil silangan berbunga kuning.

Cara penyerbukannya sangat gampang. Pramote menggunakan kapas pentul atau cotton bud atau tusuk gigi untuk mengambil serbuk sari. Setelah itu ia meletakkan polen itu di bunga betina. Segera itu tutup dengan plastik agar serbuk tidak terbawa air siraman atau hujan. Bila penyerbukan berhasil, tampak dari terbentuknya bakal buah berupa bulatan kecil di dasar bunga setelah bunga rontok. Sebulan kemudian, buah matang ditandai kulit berubah cokelat.

Buah akan pecah saat matang sehingga biji dapat hilang bila tanpa sungkup. Langkah berikutnya semaikan biji. Menurut Pramote biji mudah berkecambah. Ia menyeleksi anakan yang tumbuh. Chiu—sapaan Promote—menyeleksi dan memilih yang sosoknya kompak. Tangkai daun pendek atau dwarf. Ia memilih dwarf karena tujuannya untuk hasilkan tanaman hias pot eksklusif. (Syah Angkasa)

Tags: daun jarak, majalah, majalah trubus, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *