Si Kecil Prestasi Besar 1
Juara kelas kelas bunga kompak koleksi Oasis Sentul.

Juara kelas kelas bunga kompak koleksi Oasis Sentul.

Dua adenium berukuran kecil menjadi yang terbaik pada lomba di Flona 2017.

Sosok kamboja jepang Adenium arabicum dan ra chi nee pan dok itu memang kecil, tak lebih dari 60 cm. Namun, prestasi mereka pada kontes adenium di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, membesarkan hati pemiliknya. Keduanya tampil menawan bersosok indah, proporsional, dan sehat sehingga memperebutkan gelar grand champion. Untuk penentuan grand champion, kelima juri memilih adenium arabicum koleksi Kristanto.

Si Kecil Prestasi Besar 2

Juara kelas Arabicum

Menurut juri dari Bekasi, Jawa Barat, Tono Sudaryanto, arabium itu mempunyai proporsi ideal. Lebar tajuk pas dengan ukuran bonggol yang berdiameter 20 cm. Itu pas dengan ukuran batang dan percabangan. Juga alur atau gerak dasar dari bonggol dan cabang ke anak cabang nyaris sempurna. Ia pun meraih nilai total tertinggi yaitu 331.00 dan dinyatakan sebagai yang terbaik dengan meraih piala Gubernur DKI Jakarta 2017.

Juara kelas total performance koleksi Kristanto.

Juara kelas total performance koleksi Kristanto.

Kelas baru
Adenium ra chi nee pan dok (RCN) proporsional antara bonggol dan lebar tajuk. Ia meraih nilai 326,33. Kedua juara itu mempunyai penampilan paling menarik. “Sosok keduanya ideal dengan bonggol dan percabangan proporsional,” kata Tono. Namun, juara kelas RCN kurang “padat”. Batangnya kurang bengkak dan bentang-tajuknya juga belum maksimal. Sebenarnya adenium juara kelas thai soco kecil juga berpenampilan cukup bagus.

Si Kecil Prestasi Besar 3

Juara kelas RCN

Nilainya pun lumayan tinggi, yakni 324,33. Namun, dari penampilan secara keseluruhan, ia masih kalah dari 2 juara di atasnya. Penyelenggara kontes adenium pada 19 Agustus 2017 itu Komunitas Adenium Indonesia bekerja sama dengan Himpunan Petani dan Pencinta Adenium (HPPA). Kontes berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, memeriahkan pameran Flona 2017.

Dewan juri memverifikasi kelayakan calon pemenang.

Dewan juri memverifikasi kelayakan calon pemenang.

Menurut ketua panitia, Eddy Nova, lomba itu terdiri atas 18 kelas, di antaranya, kelas arabicum pemula, arabicum utama besar, dan arabicum utama kecil, RCN besar, RCN pemula, dan RCN Utama kecil. Selain itu panitia juga menyelenggarakan dua kelas baru, yaitu bunga indah untuk menampilkan varietas-varietas baru dan free style untuk mengekspresikan gaya bebas kreasi pembuatnya.

Baca juga:  Teknologi Baru: Bikin Vanili Kian Wangi

574_ 83Peserta dari berbagai kota seperti Situbondo, Gresik, Surabaya—semua di Provinsi Jawa Timur, Tangerang (Banten), Bekasi (Jawa Barat), dan Jakarta memeriahkan kontes bertajuk Dari Kita untuk Kita itu. Acara ini juga merupakan silaturahmi anggota dari berbagai komunitas pencinta adenium di Indonesia. (Syah Angkasa)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments