Sentra Tanaman Taman 1

Salah satu nurseri terbesar di Italia Vannucci Piante, produsen tanaman taman berkualitas prima

580-H124-2“Tempat ini sangat menarik karena seperti etalase yang berisi aneka tanaman,” kata arsitek dari Polandia, Malgorzata Dyrska, ketika mengunjungi Pistoia Nursery Park pada Juni 2017. Anggota Italian Association of Landscape Architecture (AIAPP) Francesca Neonato pun terpesona dengan Pistoia Nursery Park. Francesca mengatakan taman itu menakjubkan karena berisi tanaman besar dalam pot. “Kemungkinan model taman seperti itu yang pertama di Eropa,” kata salah satu pengajar di Polytechnic of Milan, Italia, itu.

Taman yang berlokasi di Pistoia, Italia, itu berisi ratusan jenis tanaman yang tingginya rata-rata lebih dari 2 m. Pengelola menanam tanaman koleksi itu dalam wadah tanam beragam bentuk seperti heksagonal dan bulat. Besarnya pot menyesuaikan ukuran tanaman. Makin besar tanaman makin besar pot. Tanaman cedar Cedrus atlantica ’Glauca Pendula’ salah satu penghuni taman seluas 10 hektare itu. Tanaman setinggi 2 m itu tumbuh di pot bulat berdiameter lebih dari 50 cm.

Tersertifikasi

Sosok tanaman yang didatangkan dari Perancis itu unik lantaran cabang dan daunnya menjuntai. Tanaman berdaun seperti jarum itu

Cedrus atlantica ’Glauca Pendula’ bersosok unik karena cabang dan daunnya menjuntai. Pistoia Nursery Park berisi ratusan tanaman berukuran besar dalam wadah tanam seperti Ilex crenata ‘Kinme’.

Cedrus atlantica ’Glauca Pendula’ bersosok unik karena cabang dan daunnya menjuntai.
Pistoia Nursery Park berisi ratusan tanaman berukuran besar dalam wadah tanam seperti Ilex crenata ‘Kinme’.

cocok sebagai elemen taman karena toleran kekeringan dan cuaca panas dibandingkan dengan tanaman konifer lain seperti pinus. Tanaman lain yang menempati Pistoia Nursery Park yaitu bonsai awan Ilex crenata ‘Kinme’. Pengelola menempatkan bonsai besar setinggi sekitar 2 m itu di pot berdiameter lebih dari 50 cm.
Penampilan tanaman asal Negeri Sakura itu mencolok lantaran daun berkumpul dan diibaratkan seperti gumpalan awan, tapi berwarna hijau. Tanaman lain yang mendiami taman itu antara lain oak, willow, dan magnolia. Jurnalis dari Perancis, Patricia Grolier, senang berada di Pistoia Nursery Park. “Tempat ini sangat penting. Presiden Italia menggunakan helikopter pribadi datang ke taman ini untuk membeli tanaman pengisi taman miliknya,” kata Patricia.

Baca juga:  Krisis Kopi di Depan Mata

Pemilik Pistoia Nursery Park adalah salah satu nurseri terbesar di Pistoia, Vannucci Piante. Nurseri yang berdiri pada 1938 itu meresmikan taman pajang itu pada Juni 2013. Menurut Manajer Pemasaran Vannucci Piante, Andrea Massaini, taman itu etalase nurseri yang didirikan Vannino Vannucci. Artinya semua tanaman dalam taman itu untuk dijual. Andrea berharap arsitek atau perancang lanskap dapat menemukan tanaman impian di taman itu sesuai dengan rancangan taman masing-masing.

Chief executive officer (CEO) Vannucci Piante, Vannino Vannucci.

Chief executive officer (CEO) Vannucci Piante, Vannino Vannucci.

“Tanaman dalam taman itu dibudidayakan khusus dan yang paling cantik. Mudah dipindahkan dan ditanam di tempat baru,” kata Andrea. Lebih lanjut ia menuturkan semua tanaman tersertifikasi ramah lingkungan. Media tanam yang digunakan berupa peatmoss karena ringan dan berporositas baik. Vannucci Piante memperoleh sertifikasi keberlanjutan dan lingkungan dari lembaga sertifikasi di Belanda, Milieu Programma Sierteelt (MPS) Foundation, dengan predikat A.

MPS memanfaatkan indikator lingkungan untuk menentukan pengaruh setiap bahan kimia pada manusia dan lingkungan di tempat tertentu. Dengan kata lain pekebun mesti mengurangi penggunaan bahan kimia dalam budidaya dan menerapkan metode penanaman yang lebih ramah lingkungan. Nurseri yang berulang tahun ke-80 pada 2018 itu juga mengantongi sertifikasi MPS-GAP sehingga pasar swalayan dan pusat kebun (garden centers) memperoleh produk yang aman dan dapat diterima secara ekologi dan sosial serta bermutu prima.

Nurseri Vannucci Piante membudidayakan sekitar 2.000 jenis tanaman di lahan 500 hektare.

Nurseri Vannucci Piante membudidayakan sekitar 2.000 jenis tanaman di lahan 500 hektare.

Acara internasional

Kedua sertifikat itu meneguhkan Vannucci Piante sebagai salah satu nurseri terdepan di Italia, bahkan Eropa. Vannucci Piante sohor sebagai produsen tanaman taman di Italia dan juga dunia. Chief executive officer (CEO) Vannucci Piante, Vannino Vannucci, mengatakan luas nurseri sekitar 500 hektare dan memperkerjakan 310 karyawan dari berbagai negara seperti Rusia, Turki, dan Jerman. Ia menjual aneka tanaman seperti acer, agave, dan clematis.

Baca juga:  Bina Swadaya Peduli Aceh

Total jenderal terdapat 2.000 jenis tanaman yang dijual dan diekspor ke 60 negara tujuan di Eropa (Jerman, Hungaria, dan Perancis) dan Asia (Uni Emirat Arab, Qatar, dan Tiongkok). Vannucci Piante juga punya etalase lain berupa rumah kaca seluas 3.000 m2 yang berisi semua produk tanaman beragam bentuk dan dimensi. Selain itu nurseri yang kini dikelola generasi ketiga itu memiliki Pistoia Nursery Campus yang lokasinya berdekatan dengan Pistoia Nursery Park.

Menurut Andrea Pistoia Nursery Campus berperan sebagai pusat belajar tentang penyebaran informasi seputar nurseri tanaman sekaligus mendorong kaum muda melek industri berkebun. Vannino Vannucci meresmikan tempat seluas 3 hektare itu pada Oktober 2015. Arsitek dan perancang lanskap pun dipersilakan bertukar pengalaman di Pistoia Nursery Campus. Kunjungan ke Vannucci Piante salah satu rangkaian acara pada kegiatan berskala internasional di Pistoia, Italia, Vestire il Paesaggio 2017. Pistoia berjarak sekitar 300-an kilometer sebelah utara Roma dan hanya 10 kilometer dari Laut Versilia.

Kota yang dikelilingi pegunungan itu kaya bangunan bersejarah dan artistik. Pameran Vestire il Paesaggio bertujuan memperkuat citra Pistoia sebagai kota tanaman sekaligus kota seni, kota lanskap, dan kota budaya. Direktur Vestire il Paesaggio, Dr. Renato Ferretti, mengundang jurnalis, arsitek, dan lanskaper di Eropa untuk memeriahkan dan mempopulerkan Vestire il Paesaggio. Para peserta antara lain berasal dari Perancis, Jerman, Swiss, Polandia, Ukraina, Spanyol, dan Finlandia. Trubus satu-satunya media dari Asia yang mendapat undangan menghadiri acara prestisius yang diselenggarakan pada 11—17 Juni 2017 itu. (Riefza Vebriansyah)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *