sayuran hidroponik sebagai dekorasi pernikahan

Hari pernikahan tentu saja menjadi hari yang paling istimewa untuk siapa saja. Tidak hanya itu, pernikahan sering dijadikan bukti cinta dan persiapan membangun kehidupan bersama sampai maut memisahkan.

Tiap pasangan yang hendak menikah tentu saja telah setuju untuk pilih topik tertentu yang nanti akan diaplikasikan. Dimulai dari konsep, dekorasi pelaminan, dekorasi ruang, busana, model make-up hingga souvenir pernikahan.

Tidak ada pernikahan yang betul-betul komplet tanpa dekorasi pernikahan. Sebuah acara pesta sekali dalam seumur hidup yang selalu Anda idamkan. Saat ini, dekorasi dalam pernikahan tidak mudah, diperlukan banyak pertimbangan dan persiapan yang matang.

Bunga sebagai dekorasi pernikahan

Berbicara mengenai dekorasi pernikahan, tidak bisa lepas dari kehadiran bunga-bunga yang menghiasinya.

Bunga Hydrangea, bunga yang terkenal dengan beberapa warnanya yang memikat, di antaranya; putih, hijau, pink dan biru. Kombinasi Hydrangea dengan bunga yang lain benar-benar pas dipakai untuk menghiasi pelaminan pernikahan Anda. Bunga ini filosofi mempunyai makna “Kau ialah detak jantungku”.

bunga mawar
bunga mawar digunakan sebagai dekorasi pernikahan

Bunga Mawar, merupakan tipe bunga pernikahan terpopuler saat ini. Ada beberapa ribu varietas mawar yang lain, dan pada biasanya memiliki warna putih, kuning dan merah. Mawar yang cantik dipandang seperti lambang cinta, gembira dan keelokan.

Bunga Sweet Pea, memilliki beberapa warna bunga, seperti merah, putih, pink dan ungu. Bunga sweet pea cocok untuk dekorasi pelaminan saat hari pernikahan Anda. Bunga sweet pea dengan wewangiannya yang unik dipakai untuk memproduksi minyak wangi.

Baca juga:  Perda Sari Dewi: Ganjaran Gagal Berlibur

Bunga Bakung, bunga yang berasal dari Asia dan Eropa ini melambangkan musim semi dan mengisyaratkan kebahagiaan, kerendahan hati dan rasa manis.

Bunga Tulip, tipe bunga yang mempunyai 75 varietas berbeda. Beberapa warna bunganya ialah putih, pink, kuning, merah, ungu dan magenta. Bunga tulip melambangkan “Mempunyai Cinta”.

Marigold, ialah bunga yang memiliki beberapa warna bunga yang kuat, seperti kuning dan oranye, akan memberikan kesan yang ceria pada pesta pernikahan. Membuat semua tamu yang datang semakin bahagia.

Bunga hampir selalu dipakai untuk menghiasi acara pernikahan. Anda dapat memilih bunga-bunga diatas, atau jenis lainnya yang ingin dipakai saat acara. Pastikan Anda menghitung jumlah bunga yang dibutuhkan karena harga bunga termasuk mahal.

Jika Anda ingin harga yang lebih bersahabat, unik dan pastinya tetap indah, Anda dapat menggunakan sayuran hidroponik sebagai dekorasi pernikahan.

Serba hijau, sayuran hidroponik sebagai dekorasi pernikahan

pelaminan berhias selada hidroponik
Pelaminan berhias selada hidroponik (Foto: Indarto)

Dilansir dari trubus–online.co.id, dekorasi pelaminan dengan bunga itu biasa. Namun kalau selada romaine, monday, atau pagoda menghiasi singgasana pengantin, pasti unik. Tamu yang datang pun penasaran dan tertarik. Alhasil di akhir acara, hiasan itu ludes tak bersisa diboyong pengunjung.

Itulah kreasi Indarto, pelaku hidroponik sekaligus pendekorasi pernikahan di Magelang, Jawa Tengah. Menurut Indarto biaya dekorasi bunga paling murah Rp700.000 (th 2017) saja masih tampak sederhana.

Usai pernikahan, bunga-bunga indah dan mahal itu hanya teronggok menjadi sampah. “Begitu saya pajang sayuran hidroponik dengan harga sama, pelaminan pun unik, indah, dan semarak,” kata Indarto.

Tamu yang datang pun banyak yang bertahan sampai selesai karena ingin mengambil sayuran yang jarang mereka lihat. Dekorasi unik itu pun menjadi alternatif pasar sayuran hidroponik.

Baca juga:  Cara Menanam Bunga Walisongo – Sederhana dan Mudah

Sayuran yang tidak terjual di pasar modern tapi masih segar pun bisa laku. Jika tidak mendekorasi pelaminan, Totok—panggilan Indarto—menyemai benih sayur yang lantas ia jual kepada pelaku pembesaran seharga Rp400 (th 2017) per tanaman.

Sayuran hidroponik sebagai dekorasi pernikahan di Madiun

Seorang warga di madiun menggelar resepsi pernikahan anaknya dengan tema sayuran hidroponik, selain dekorasinya, souvenir untuk tamu pun sayuran hasil kebun hidroponik miliknya sendiri.

Dekorasi panggung pernikahan dipenuhi sayuran hidroponik, ada selada, sawi, kangkung, daun mint, basil hingga cabe rawit. Sengaja memilih sayuran tersebut dijadikan hiasan agar nuansa pernikanan menjadi unik.

dekorasi pernikahan unik menggunakan sayuran hidroponik
Dekorasi pernikahan unik menggunakan sayuran hidroponik

Dekorasi pernikanan unik ini berkesan bagi para tamu undangan. “Keren, keren abis, unik, kelihatan hijau, asik, keren pokoknya” ujar Ella sebagai tamu undangan. Uniknya dekorasi ini menjadi inspirasi bagi warga, selain segar juga mengajak warga untuk berbisnis sehat dan menjaga lingkungan.

souvenir paket sayuran segar
Tamu undangan mendapat souvenir paket sayuran segar hasil hidroponik yang dapat langsung dimasak

Kualitas sayuran hidroponik

Imron menempuh cara lain untuk memasarkan sayuran hidroponik. Pekebun di Magelang, Jawa Tengah, itu menantang seorang penjual mi ayam menggunakan caisim produksinya.

Kebetulan sehari setelah membeli sayuran Imron, sang penjual mi ayam libur berjualan selama 3 hari karena seorang tetangga meninggal dunia.

Begitu akan berjualan lagi, penjual itu terkejut melihat caisim yang ia beli dari Imron masih segar tanpa menjadi layu atau menguning. Ia tidak ragu menggunakan caisim itu untuk berjualan. Sejak itu sang penjual menjadi pelanggan.

Similar Posts