Ragam alat tepat untuk menunjang hobi berkebun di halaman.

Sita Pujianto, pegiat pertanian perkotaan di Ciledug, Tangerang, Provinsi Banten.

Sita Pujianto, pegiat pertanian perkotaan di Ciledug, Tangerang, Provinsi Banten.

Belakangan ini Yetti Kurniati gandrung berkebun di halaman. Namun, ia kerap mengalami berbagai masalah saat menyalurkan hobinya itu. Contohnya telapak tangan Yetti menjadi kasar dan kapalan akibat sering mencabut gulma saat penyiangan. Sebetulnya ibu satu anak itu bisa menjaga kehalusan telapak tangannya jika menggunakan alat yang tepat. Ia bisa menggunakan alat pencabut rumput yang sudah tersedia di toko-toko perkakas di pusat perbelanjaan.

Perempuan asal Kota Malang, Jawa Timur, juga kerap kesulitan menata kebunnya agar tertata rapi dan terlihat cantik. Yetti sebetulnya bisa meniru Sita Pujianto, pegiat pertanian perkotaan di Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Pehobi berkebun sejak 2012 itu menggunakan aneka jenis pot untuk menanam lidah buaya, cincau, kembang telang, wortel, suji, dan kemangi.

Banyak pilihan
Sita Pujianto juga menggunakan talang air untuk menanam aneka sayuran, seperti radis, mint, sawi, dan selada. Ia menata puluhan pot dan talang itu di balkon rumah. Menurut Ermi Tri Mulyani dari PT Utomo Utomo, perusahaan penjual peralatan berkebun di Sunter, Jakarta Utara, kini tersedia banyak alat penunjang kegiatan berkebun di perkotaan, mulai dari pembibitan hingga untuk perawatan.

Penggunaan pot mempercantik penataan kebun.

Penggunaan pot mempercantik penataan kebun.

Konsumen tinggal memilih alat yang dibutuhkan. “Sebaiknya berbagai aspek harus diperhatikan saat memilih peralatan untuk berkebun. Alat yang digunakan sebaiknya sehat untuk pengguna, tanaman, dan lingkungan,” kata Mulyani. Alat dan bahan itu untuk membantu para pekebun di perkotaan yang dua tahun terakhir kian marak. (Muhamad Fajar Ramadhan/ Peliput: Andari Titisari)

Baca juga:  Jasa Baik Batu

Tags: pot, sarana berkebun

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d