Salon Mewah Untuk Anjing

Salon mewah dilengkapi kolam renang untuk anjing kesayangan.

Aktivitas berenang berfungsi untuk relaksasi dan melatih pernapasan.

Aktivitas berenang berfungsi untuk relaksasi dan melatih pernapasan.

Di salon mewah itu Nova berjalan santai. Ia terpeleset dan jatuh ke kolam renang sedalam 1,1 meter. Nova tetap tenang dan mengayunkan kaki menuju tepi kolam. Rani Dewi, pemiliknya, kaget sejenak, tetapi tetap tenang. Ia tahu anjing pudel berwarna abu-abu itu mahir berenang. Rani kerap kali mengajak Nova belajar berenang di salon khusus itu. Salon anjing, Pet Station, langganan Rani itu menyediakan kolam renang berukuran 7 meter x 3 meter.

Salon-salon anjing eksklusif kini memang menyediakan kolam renang. Menurut Henny Marlita Pangadjaja, pemilik Pet Station, manfaat berenang bagi anjing hampir sama dengan manusia, yaitu untuk relaksasi dan melatih pernapasan. “Tidak jarang pemilik anjing ikut berenang untuk bermain bersama anjingnya di kolam renang,” ujar Henny.

Renang

Gelembung mikro, fasilitas baru salon anjing lebih efektif membersihkan kulit dan bulu anjing.

Gelembung mikro, fasilitas baru salon anjing lebih efektif membersihkan kulit dan bulu anjing.

Sebelum berenang, Abdul Syakur, petugas senior di Pet Station, menyibak bulu dengan blower sehingga bagian dalam tampak jelas. Syakur juga mengangkat kedua kaki depan anjing untuk melihat bagian perut dan mengecek kesehatan anjing. Menurut Syakur yang berpengalaman selama 2,5 tahun itu, kutu dan cendawan bisa menular ke anjing lain dengan cepat. “Jika ada kutu atau cendawan, anjing tidak boleh berenang,” ujar Syakur.

Selain itu Syakur juga mengecek kesehatan anjing. Menurut Syakur ciri-ciri anjing sakit yaitu hidung kering, lidah pucat, dan bagian perut hangat atau panas. “Jika terlihat ciri-ciri seperti itu maka kita perlu konfirmasi kepada pemilik. Jika sakit tidak boleh berenang,” ujarnya. Selain cek kesehatan, bobot anjing juga perlu ditimbang. Bobot anjing mempengaruhi biaya berenang.
Biaya berenang dibedakan menjadi empat yaitu anjing kelas kecil (1—5 kg) Rp110.000, sedang (5—15 kg) Rp135.000, besar (15—30 kg) Rp155.000, dan di atas 30 kg seharga Rp180.000. Anjing boleh berenang sepuasnya. Pada dasarnya semua anjing bisa berenang. Namun, pemilik atau petugas salon tetap perlu mendampingi. Anjing yang baru pertama kali berenang memerlukan groomer sebagai pendampingnya.

Petugas merapikan bulu anjing sebelum dimandikan

Petugas merapikan bulu anjing sebelum dimandikan

“Waktu yang kami sediakan untuk mendampingi anjing berenang sekitar 15—20 menit,” ujar Syakur. Menurut drh Isnanto Cahyono Nugroho di Singkawang, Kalimantan Barat, ketika berenang air tidak boleh masuk ke lubang telinga. “Jika masuk ke telinga dapat mengakibatkan radang telinga atau otitis,” ujar Isnanto. Sebaiknya usai berenang atau mandi langsung dikeringkan terutama di bagian telinga.

Berenang sudah menjadi gaya hidup anjing. Di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta banyak salon anjing menyediakan kolam renang. Menurut Vela Sriyanti, pengurus Pet Ground di Surabaya, Jawa Timur, pada Ahad kolam renang berukuran 20 meter x 5 meter dengan kedalaman 1 meter bisa menampung lebih dari 20 anjing. Menurut Isnanto air yang bersih mutlak dipakai. Penggunaan kaporit berlebihan memicu iritasi kulit pada anjing.

Fasilitas Lengkap

Ruang tunggu yang nyaman untuk para pemilik menunggu grooming anjing.

Ruang tunggu yang nyaman untuk para pemilik menunggu grooming anjing.

Pagi itu Rani juga membawa Maikel dan Milo—keduanya jenis pudel—untuk grooming. “Saya rutin membawa mereka untuk mandi seminggu sekali,” ujar pehobi di Tangerang, Provinsi Banten, itu. Menurut Henny anjing pudel memang harus sering-sering dibawa ke salon untuk grooming karena jenis bulunya yang keriting dan cepat kusut. Selain mandi, setiap tiga pekan sekali ketiga anjingnya itu rutin dipotong bulu dan kuku.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x