bunga bangkai raksasa,bunga bangkai

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) berbeda dengan padma raksasa (Rafflesia arnordii).

Kerabat suweg yang sohor dan mendunia adalah bunga bangkai Amorphophallus titanum. Masyarakat internasional menyebutnya titan arum.

Sedikit orang yang mengetahui bahwa bunga bangkai termasuk anggota keluarga talas-talasan (Araceae), masih satu keluarga dengan talas bogor Colocasia esculenta, sri rezeki Aglaonema, atau anthurium.

Masyarakat acap kali menyangka bunga bangkai itu sebagai padma raksasa Rafflesia arnordii.

bunga bangkai dan rafflesia arnoldi
Bunga bangkai raksasa

Masyarakat mengenal kedua jenis tumbuhan itu dengan sebutan bunga bangkai. Tidak sepenuhnya salah, karena keduanya sama-sama mengeluarkan aroma menyengat seperti bangkai. Namun, kedua jenis bunga itu sangat jauh berbeda.

Sering kali kita menemukan dalam berbagai media maupun buku pelajaran anak sekolah bahwa yang disebut dengan bunga bangkai itu Rafflesia arnoldii, sedangkan dalam foto tampak Amorphophallus Titanium atau sebaliknya.

Ciri-ciri dari Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) dan Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)

Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)
Penghuni asli belantara Sumatera Penghuni asli belantara Sumatera
Termasuk ke dalam suku Rafflesiaceae (padma) Termasuk ke dalam suku Araceae (talas-talasan)
Merupakan tumbuhan parasit Bukan tumbuhan parasit
Sebagai parasit, ia hidup menempel pada akar atau batang tumbuhan inang. Inanglah yang memberi nutrisi dan tempat berbiak la merupakan tumbuhan yang memasok makanannya sendiri
Tidak mempunyai batang dan daun karena ia tidak memerlukannya Mempunyai umbi, batang dan daun
Berkembang biak dengan biji yang dihasilkan oleh bunga betina Berkembang biak dengan bijl, umbi, dan daun
Bunga jantan dan bunga betina tidak terdapat dalam satu tumbuhan, terkadang malah tumbuh berjauhan, sehingga dibutuhkan serangga untuk menyerbuki bunga betina dengan serbuk sari dari jantannya. Bunga jantan dan bunga betina terdapat dalam satu tumbuhan. Bunga jantan dan bunga betina terdapat dalam satu tumbuhan. Bunga betîna matang lebih dahulu sehingga bunga jantan tidak dapat menyerbuki bunga betina. Artinya diperlukan lebih dari satu bunga supaya bunga betina dapat diserbuki oleh bunga jantan dengan bantuan serangga.
Bau menyengat yang dikeluarkannya digunakan untuk mengundang serangga agar membantu proses penyerbukan. Mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai, yang gunanya untuk mengundang serangga agar membantu dalam proses penyerbukan.
Mulai dari munculnya kuncup sampai mekar membutuhkan waktu 21 bulan. Mulai dari munculnya kuncup sampai mekar membutuhkan waktu 1 – 3 bulan.
lronisnya, biarpun membutuhkan waktu lama untuk berbunga, ia hanya mekar selama 5 hari. Bunganya mekar sempurna hanya 1 hari, masih bisa bertahan sampai 7 hari sebelum terkulai layu.
Bijinya berjumlah ribuan, berukuran sangat kecil dan halus seperti pasir dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Bijinya berjumlah ratusan berukuran 2-4 cm, berwarna merah bila telah matang.
Baca juga:  Cara Agar Petani Kopi Kian Makmur

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d