Salad Lezat Bertabur Bunga 1
Aneka bunga tropis, yakni bunga pisang atau jantung, bunga turi (warna putih), dan bunga telang (biru) menjadi bahan baku salad yang lezat.

Aneka bunga tropis, yakni bunga pisang atau jantung, bunga turi (warna putih), dan bunga telang (biru) menjadi bahan baku salad yang lezat.

Bunga telang, bunga turi, dan bunga pisang menjadi bahan salad yang lezat.

Bunga telang Clitoria ternatea identik untuk kesehatan mata atau merangsang pertumbuhan rambut. Namun, di tangan Arini Suwarli bunga telang menjadi bahan baku salad yang lezat. Arini mencampur bunga telang dengan bunga turi Sesbania grandiflora dan bunga pisang atau jantung Musa paradisiaca. Ia mengiris melintang jantung pisang sehingga berukuran kecil. Arini membuat bumbu atau dressing berbahan baku irisan bunga kecombrang Nicolaia speciosa, buah lemon, cabai, garam, minyak kelapa, dan gula semut.

Salad buah berbahan semangka dan beberapa jenis bunga.

Salad buah berbahan semangka dan beberapa jenis bunga.

Perempuan 47 tahun itu menyiramkan bumbu di atas bunga, mengaduk agar tercampur merata, dan kini salad bunga itu siap santap. Cita rasa salad bunga itu lezat. Arini mengonsumsi bunga-bunga dalam keadaan mentah. Sebab, sejak lima tahun terakhir Arini menganut pola konsumsi pangan mentah atau row food. Namun, sebetulnya penggemar salad juga bisa mengukus atau merebus sesaat bunga-bunga itu.

Kaya manfaat

Menurut Arini kandungan gizi bunga-bunga mentah dalam salad itu tetap tinggi. Proses pengukusan atau perebusan menyebabkan kandungan gizi berkurang. Itulah sebabnya Arini mengonsumsi salad bunga mentah. Ia setiap hari mengonsumsi salad bunga telang dan turi. Di halaman rumahnya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tumbuh beragam tanaman berbunga seperti telang, turi, mawar, dan torenia yang silih berganti berbunga.

Menurut Arini bunga telang kaya antioksidan yang manjur mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, mampu mengatasi flu, masalah pada saluran pernapasan, dan memperlancar perncernaan. “Manfaat mengonsumsi salad edible flower mampu memerangi radikal bebas,” kata Arini.

Baca juga:  Amarilis Berkelir Anyar

Keruan saja untuk memperoleh manfaat itu kita harus mengonsumsi minimal segenggam kuntum bunga setiap hari. “Kalau kita hanya mengonsumsi 1—5 kuntum setiap hari, efeknya akan lama dirasakan oleh tubuh,” kata Arini. Menurut penelitian Kun Sri Budiasih dari Universitas Yogyakarta, bunga telang mengandung senyawa aktif flobatanin, triterpenoid, flavanol, glikosida, protein, alkaloid, antrakuinon, antisianin, dan saponin.

Salad buah berbahan dasar melon bertabur bunga.

Salad buah berbahan dasar melon bertabur bunga.

Adapun bunga turi kaya senyawa protein, serat kasar, karbohidrat, vitamin C, dan flavonoid. Selain berwarna putih, juga terdapat bunga turi merah yang mengandung kandungan potasium yang berguna untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu Arini juga mengolah bunga Torenia fournieri dan pansi Viola tricolor menjadi salad. Cara membuatnya pun sama, yakni dengan mencampur bahan baku dan menambhkan bumbu kecombrang.

Bahkan, jika tersedia Arini membuat salad bunga mawar. Menurut Arini penggemar juga bisa memanfaatkan bumbu salad yang tersedia di pasaran jika ingin praktis. Siang itu Arini memadukan bunga telang, turi, dan jantung pisang itu dengan selada dan irisan wortel. Daun selada dan umbi wortel selama ini lazim sebagai bahan salad. Ia mengambil daun selada berawarna hijau, memotong kecil, lalu meletakkannya di mangkuk.

Ibu satu anak itu lalu menambahkan irisan jantung pisang, bunga telang, dan turi lalu mengaduk rata, dan menyiramkan bumbu yang sama. Salad bunga bercampur daun dan umbi pun siap dinikmati. Pemanfaatan bunga telang, turi, jantung pisang membuktikan bahwa komoditas yang selama ini terabaikan itu ternyata berpotensi menjadi sumber pangan yang lezat dan bergizi. Masyarakat memanfaatkan bunga telang untuk kesehatan. Bahkan, jantung pisang acap kali terbuang.

Ketagihan

Arini Suwarli memanfaatkan beragam bunga tropis sebagai bahan baku salad.

Arini Suwarli memanfaatkan beragam bunga tropis sebagai bahan baku salad.

Selain menyajikan salad bunga, Arini juga mengombinasikan dengan buah seperti melon dan semangka. Ia memotong dadu buah anggota famili Cucurbitaceae itu. Lalu Arini menaburkan bunga di atas potongan buah dan menyiramkan bumbu bikinannya. Menikmati salad buah bercampur bunga dengan bumbu khas kecombrang memberikan sensasi yang berbeda. Arini menyajikan salad bunga bukan hanya untuk anggota keluarganya.

Baca juga:  Tanam-Panen Serbamesin

Sejak 2017 ia mempersilakan penggemar salad untuk menikmati sajiannya di sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan. Ketika Trubus datang ke kafe itu pada pengujung Maret 2018, hampir semua kursi—total 20 buah—terisi oleh pengunjung. Ia mengembangkan ide bisnis kuliner sambil menerapkan hidup sehat kepada masyarakat. Harap mafhum, biasanya kebanyakan orang merasa aneh untuk menyantap bunga.

Lazimnya bunga hanya sebagai tanaman hias dan bukan untuk konsumsi. Itulah salah satu hambatan mengenalkan salad bunga kepada masyarakat. “Karena menurut mereka, memakan bunga hal yang aneh dan tidak biasa. Namun, setelah memberitahukan bahwa salad bunga ini baik untuk kesehatan, akhirnya mereka semua mulai memahaminya,” kata perempuan kelahiran 11 November 1971 itu. Orang yang semula menolak, setelah mencoba pun ketagihan karena rasanya yang unik.

Salad gulung bunga telang.

Salad gulung bunga telang.

Arini juga memanfaatkan bunga telang sebagai bahan minuman teh chia telang. Ia menggunakan bunga telang kering, sepotong lemon, gula, dan biji chia—mirip biji selasih. Rasa minuman itu sangat segar, enak, dan sedikit masam. “Jadi, semua bahan-bahan yang digunakan tidak terbuang sia-sia. Bunga telang yang baru dipetik, bisa digunakan untuk pembuatan salad, jika masih tersisa maka kami keringkan sebagai bahan dasar pembuatan minuman,” kata Arini. (Rizky Sandra Pratiwi)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *