Madu Trigona itama berkhasiat mengatasi jerawat.

Madu Trigona itama berkhasiat mengatasi jerawat.

Madu trigona menghaluskan kulit dan mengatasi jerawat.

Lisayyidatina dan ibunya sedang berdandan bersama di depan cermin. Tiba-tiba sang ibu berucap pada Lisa, “Wajahmu lebih halus daripada biasanya.” Keruan saja Lisa senang bukan kepalang. Harap maklum, sepekan sebelumnya remaja 17 tahun itu resah lantaran jerawat bermunculan di pipi dan area di sekitar alisnya. “Jerawatnya kecil tetapi banyak,” ujar Lisa—sapaan akrabnya.

Untuk mengatasi jerawat, ia menggunakan sabun pembersih wajah. Namun, sulung tiga bersaudara itu hanya merasakan kesegarannya. Sementara jerawatnya tetap muncul. Untungnya tak ada kawan-kawan yang mengejek sehingga ia tak merasa minder saat bersekolah. “Teman-teman juga berjerawat sehingga tidak ada yang mengejek,” kata Lisa.

Drs James Hutagalung, MKes koordinator Penelitian Bahan Alam Berbasis Perlebahan, Universitas Airlangga, Surabaya.

Drs James Hutagalung, MKes koordinator Penelitian Bahan Alam Berbasis Perlebahan, Universitas Airlangga, Surabaya.

Panas dalam
Menurut dr Soeklola Mulady MSi, herbalis kosmetik di Jakarta jerawat merupakan peristiwa tersumbatnya saluran kelenjar minyak di permukaan kulit atau pori-pori kulit. Hal itu sering diikuti dengan proses peradangan akibat terinfeksinya bakteri Propionibacterium acne. Berbagai riset memperlihatkan 85% jerawat dijumpai pada remaja berusia 18—24 tahun. Namun, pada wanita jerawat dapat dijumpai sampai umur 40 tahun.

Penyebab jerawat banyak seperti ketidakseimbangan hormon, alergi, stres, kurangnya menjaga kebersihan, dan faktor genetik. Faktor hormonal berperan dalam meningkatkan produksi minyak di kulit. “Kasus hormonal contohnya pada anak pubertas, kelebihan hormon androgen, orang hamil, dan menstruasi,” ujar alumnus program magister herbal, Universitas Indonesia itu. Untuk faktor alergi yang memicu peradangan yang lebih lanjut.

Menurut dr Soeklola, salah satu penyebab jerawat menurut pengobatan tradisional adalah panas dalam. “Panas yang berlebih di tenggorokan disalurkan dalam bentuk jerawat,” ujarnya. Soal panas dalam, akar alang-alang jagonya. Wahyu Suprapto, herbalis di Kotamadya Batu, Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan tanaman anggota famili Poaceae itu memiliki ragam khasiat seperti mengobati darah tinggi, menurunkan suhu, melancarkan urine, dan melarutkan lemak sehingga aliran pembuluh darah menjadi lancar.

Baca juga:  Cinta Anura

Wahyu memilih alang-alang besar dan berbunga putih. Akar itu mengandung bahan aktif imperanene. Untuk memperoleh faedahnya dengan mencabut alang-alang beserta akarnya. Bersihkan dan potong daun hingga tersisa pangkal batang dan akar. Rebus akar dengan air secukupnya hingga mendidih. Akar alang-alang pun siap diminum. Cara lebih praktis dengan menyeduh ekstrak alang-alang seperti yang majalah Anda bagikan dalam program “Trubus Berbagi Sehat”.

Madu dapat dibuat masker untuk wajah.

Madu dapat dibuat masker untuk wajah.

Lisa sejatinya tak sengaja mengonsumsi madu untuk mengatasi jerawat. Semula ia meminum madu itu untuk meredakan demam. Tubuh Lisa panas hingga lima hari. Itulah sebabnya ia memeriksakan diri ke rumahsakit. Namun, dokter tak memberitahu penyakitnya. “Dokter hanya bilang, kalau nanti tidak turun panasnya, datang ke sini lagi,” ujar perempuan kelahiran Jember, Jawa Timur itu.

Kulit
Lisa mengatakan, “Tante saya menyarankan untuk minum madu trigona.” Madu itu hasil produksi lebah Trigona itama ternakan Hendry Mulia. Peternak di Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, itu menggunakan halaman rumahnya sebagai tempat produksi madu. Sebagai sumber nektarnya, Hendry menanam aneka macam tanaman seperti air mata pengantin.

Hendry sama sekali tak menambahkan bahan sintesis lain untuk memproduksi madu alias murni dari alam. Madu itama itulah yang dikonsumsi Lisa. Ia juga mengonsumsi obat dokter berupa tablet penurun panas. Ketika demam mereda, Lisa tetap mengonsumsi madu itama tiga kali sehari pada pagi, siang, dan malam. Sepekan setelah minum, jerawat mulai menjauh. Bahkan menurut perempuan yang hobi nonton dan jalan-jalan itu wajahnya menjadi bersih dari jerawat. “Jerawatnya hilang sama sekali,” ujarnya.

Menurut herbalis di Tangerang Selatan, Lukas Tersono Adi madu memang berkhasiat untuk mengatasi jerawat dan menghaluskan kulit. “Salah satu sifat madu adalah antiseptik. Sementara jerawat disebabkan oleh bakteri. Madu itu membersihkan dari bakteri-bakteri pada wajah,” ujar alumnus Universitas Diponegoro itu. Selain itu, madu juga dapat menghaluskan kulit lantaran merapatkan pori-pori.

Baca juga:  Mati karena Serangga

Lukas menganjurkan untuk menggunakan madu yang benar-benar asli tanpa campuran gula. “Kalau campuran bahan lain termasuk gula saat proses budidayanya menjadi tidak berkhasiat,” ujarnya. Apalagi jika dipakai secara oles, justru akan mengundang serangga untuk singgah. Menurut Lukas selain diminum, penggunaan madu juga dapat sebagai masker wajah atau dioles di bagian yang luka.

Akar alang-alang meredakan panas dalam.

Akar alang-alang meredakan panas dalam.

Dr Soeklola mengungkapkan hal senada. “Madu kerap digunakan sebagai masker wajah,” ujarnya. Caranya dengan mengoleskan madu sebagai masker ke seluruh wajah hingga merata. Tunggu 10—15 agar saripatinya meresap ke dalam wajah. Barulah dibilas dengan air hangat.

Menurut dr Soeklola secara umum madu mengandung senyawa biosulfur. Senyawa itu berguna sebagai antiseptik alami dan menyeimbangkan produksi lemak kulit atau biasa disebut mild astrigent. “Vitamin C yang tinggi juga dapat membantu membantu kolagenisasi kulit khususnya pada luka bekas jerawat,” ujar dr Soeklola. Drs James Hutagalung MKes, peneliti madu di Universitas Airlangga, mengungkapkan hal senada.

Koordinator Penelitian Bahan Alam Berbasis Perlebahan, Universitas Airlangga itu mengatakan bahwa proses “pengusiran” bakteri oleh madu karena perbedaan kekentalan atau viskositas pada madu dengan kulit. “Hal itu memudahkan madu mengangkat bakteri-bakteri pada kulit,” ujar pengampu mata kuliah Parasitologi di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu. Selain itu, beragam senyawa berkhasiat pada madu juga menyehatkan kulit. (Bondan Setyawan)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d