Ekstrak putih telur membantu mengatasi rambut rontok dan uban berlebihan.

Putih telur kaya akan Fibroglast Growth Factor (FGF) yang mampu mengatasi kebotakan dan uban pada rambut di kepala.

Putih telur kaya akan Fibroglast Growth Factor (FGF) yang mampu mengatasi kebotakan dan uban pada rambut di kepala.

Sejak pertengahan 2013 rambut Silvia Sherly terus-menerus rontok. “Setiap kali keramas rata-rata 100 helai rambut saya rontok,” kata perempuan yang saat itu berusia 33 tahun itu. Enam bulan berselang mahkota perempuan asal Kota Bandung, Jawa Barat, itu semakin menipis. Kondisi itu menyebabkan ia tak percaya diri. Untuk mengatasinya, penata rambut dan rias itu melakukan perawatan rambut ke salon.

Di sana ia menggunakan beberapa merek tonik dan vitamin untuk memperbaiki rambutnya. Namun, upaya itu belum berhasil. “Setelah mendapatkan perawatan di salon, rambut saya tetap rontok,” katanya. Menurut dokter kecantikan di Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, dr Yenny Vandalita, rambut rontok lebih dari 10 helai merupakan gejala yang tidak normal. Kerontokan rambut abnormal merupakan salah satu gejala penyakit alopecia.

 

Putih telur
Yenny Vandalita mengatakan, “Penyebab penyakit itu akibat penuaan, genetik, dan pemakaian obat-obatan.” Selain itu perawatan rambut yang keliru juga memicu rambut rontok. “Contohnya terlalu sering keramas menggunakan sampo kimia, apalagi jika kepala digosok dan ditekan terlalu keras,” katanya. Penyebab lain, suhu air yang terlalu tinggi saat keramas. Pada awal 2014, seorang teman menyarankan Silvia untuk mengonsumsi kapsul ekstrak putih telur.

Silvia Sherly (tengah) kembali percaya diri dan menjalani aktivitas normal bersama keluarganya.

Silvia Sherly (tengah) kembali percaya diri dan menjalani aktivitas normal bersama keluarganya.

Silvia lantas mencobanya setelah melihat khasiat kapsul itu yang dapat membantu menyembuhkan penyakit otoimun dan stroke yang dialami suami dan ayah mertua rekannya. Ibu satu orang anak itu rutin mengonsumsi kapsul ekstrak putih telur 2 kali sehari masing-masing 2 kapsul. Setelah 5—6 pekan rutin mengonsumsi kapsul ekstrak putih telur, rambut Silvia kembali normal. Rambutnya pun kembali menebal.

Baca juga:  Penakluk Ikan Terberat

“Setelah sembuh saya jadi lebih percaya diri,” kata Silvia. Meski rambutnya tak rontok lagi, perempuan kelahiran 1980 itu tetap rutin mengonsumsi kapsul ekstrak putih telur. “Tapi sekarang dosisnya saya kurangi menjadi 1 kapsul per 2 hari,” kata perempuan yang kini berusia 36 tahun itu. Selain membantu mengatasi rambut rontok, secara empiris kapsul putih telur juga mengatasi uban.

Atasi uban
Iwan Suherli di Jakarta merasakan faedah ekstrak putih telur untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan rambut. Sejak berusia 30 tahun, rambut Iwan 90% tertutup uban sehingga tampak seperti berambut putih. “Mungkin juga karena faktor keturunan. Ayah saya juga sudah beruban sejak masih muda,” kata pria 49 tahun itu. Kondisi itu membuatnya minder. Untuk mengatasi kekurangannya itu ia mewarnai rambutnya dengan cat rambut hitam.

Santan sebagai herbal alternatif untuk kesehatan kulit kepala.

Santan sebagai herbal alternatif untuk kesehatan kulit kepala.

Namun, efek cat rambut hanya sementara. “Setelah cat rambutnya hilang justru makin terlihat putihnya,” tuturnya. Iwan juga pernah mencoba pil herbal asal Tiongkok untuk menghitamkan rambut. Herbal itu memang ampuh membuat rambut Iwan menghitam. Namun, kondisi itu hanya berlangsung setahun. “Saat berhenti mengonsumsi obat, rambut saya kembali putih. Sejak itu saya menyerah dan tidak mengobati uban saya lagi,” kata Iwan.

Menurut dr Yenny uban adalah perubahan warna rambut menjadi lebih pucat. Munculnya uban merupakan salah satu proses penuaan. Penyebabnya berbagai faktor, seperti akibat keturunan, konsumsi obat kimia dalam jangka waktu lama, dan terlalu sering mewarnai rambut. “Uban yang tumbuh akibat genetik sulit diobati,” kata dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti itu.

Baca juga:  Rumput Bikin Awet Muda

Pada Februari 2014 seorang rekan Iwan mengajaknya menghadiri presentasi tentang faedah kapsul ekstrak kulit telur. Karena berharap sembuh, sejak itu ia rutin mengonsumsi kapsul ekstrak putih telur 2 kali sehari masing-masing 2 kapsul. Hasilnya, setelah 5 bulan mengonsumsi, jumlah ubannya berkurang. Rambut Iwan terlihat dominan hitam. “Sekarang uban saya hanya 15%—20%,” katanya.

Sel punca
Apa yang menyebabkan ekstrak putih telur begitu ampuh mengatasi gangguan kesehatan rambut? Menurut konsultan medis PT Lifepharm Global Network, dr Winda Olysa Panjaitan, kapsul ekstrak putih telur kaya akan fibroglast growth factor (FGF) yang dapat mengaktifkan sel batang (sel punca). Sel punca berperan meregenerasi atau mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Ekstrak putih telur mengaktifkan sel punca untuk meregenerasi sel-sel rambut.

Selain itu sel punca juga memacu pertumbuhan rambut baru. Hasilnya rambut yang rontok digantikan rambut baru. Semakin banyak rambut baru yang tumbuh, maka jumlah uban pun berkurang sehingga rambut tampak kembali hitam. Menurut Yenny kandungan protein yang tinggi pada putih telur berdampak positif untuk kesehatan rambut. “Untuk mencegah kerontokan, akar rambut juga harus diperkuat,” kata Yenny.

1.pdfCaranya dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin A, vitamin E, dan protein. Selain itu pasien juga harus rutin berolahraga agar aliran darah ke kepala menjadi lancar. “Akupuntur juga dapat membantu memperlancar aliran darah ke kepala,” kata Yenny. Untuk menjaga kesehatan rambut Yenny menyarankan untuk menggunakan bahan alami seperti urang aring, kemiri, atau santan.

Untuk memperoleh manfaat bahan itu, tumbuk segenggam daun urang-aring, minyak kemiri, atau segelas santan. Aplikasinya, usapkan ramuan itu hingga merata ke seluruh bagian rambut. “Lakukan sekali sehari sebelum tidur. Malam hari adalah waktunya tubuh meregenerasi sel,” tutur Yenny. Dengan begitu mahkota pun terjaga kesehatannya. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Baca juga:  Jambu Madu Deli Hijau: Tanpa Wadah Bisa!

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d