Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak peminat. Salah satu jenis jambu biji yang sedang populer adalah jambu kristal, dikenal pula dengan sebutan guava crystal. Jambu kristal memiliki banyak keunggulan dibandingkan jambu jenis lain. Banyak petani telah membudidayakan jambu jenis ini.

Jambu kristal ini pertama kali dikembangkan di Taiwan. Jadi jangan heran jika orang juga menyebutnya jambu biji Taiwan. Ciri khas jambu kristal adalah pada daging buahnya memiliki jumlah biji yang sangat sedikit. Jambu kristal ini sekarang populer di Indonesia, terutama Jawa karena rasanya yang lezat.

Budidaya Jambu Kristal

Metode budidaya jambu kristal tidak jauh berbeda dengan jenis jambu biji lainnya. Dalam hal pemeliharaan untuk menghasilkan buah yang berkualitas, jambu kristal juga tidak memerlukan perlakuan khusus dan sulit. Hanya saja bahwa kita tidak boleh menggunakan pupuk yang mengandung unsur nitrogen (yang biasanya terdapat dalam pupuk kandang dari kotoran ayam).

Pemangkasan juga merupakan kunci untuk menghasilkan tajuk yang seimbang dan dapat mengatur dan meningkatkan produksi buah jambu kristal.

Perbanyakan budidaya jambu kristal bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti sambung pucuk, okulasi, dan cangkok. Perbanyakan jambu biji dengan cara sambung pucuk ini banyak dilakukan karena tekniknya relatif mudah dan sederhana, selain itu bibit yang dihasilkan lebih cepat berbuah.

Perbanyakan jambu biji dengan cara okulasi ini paling banyak dilakukan oleh penjual bibit, karena cara ini cukup mudah dan sederhana hanya dilakukan dengan mata tunas. Cara perbanyakan okulasi ini akan menghasilkan bibit lebih banyak dibandingkan dengan cara sambung pucuk atau cangkok.

Perbanyakan jambu biji dengan cara mencangkok memiliki kelebihan memiliki sifat yang sama dengan induknya, tanaman cepat besar, cepat berbuah, teknik pelaksanaannya mudah dan sederhana, dan tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

Baca juga:  Pentingnya Pola Tanam Yang Tepat

Namun juga memiliki kekurangan pada susahnya untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dan tidak mempunyai akar tunggang, sehingga tanaman mudah rebah.

Kelebihan Jambu Kristal

Kelebihan jambu kristal yang paling terlihat ada pada buahnya. Bobot buah buah jambu kristal dapat mencapai 900 gram. Kulit buah yang dilapisi lilin cukup tebal membuat sulit untuk  ditembus hama. Warna daging buahnya putih dengan tekstur renyah saat mangkal dan empuk saat matang.

Kelebihan utama jambu kristal ini adalah berbiji sedikit dan bisa berbuah sepanjang tahun. Kandungan biji pada jambu ini kurang dari 10% dari isi dagingnya.

Daging buah jambu kristal

Dari sisi pohonnya, jambu kristal lebih tahan cuaca dibandingkan tanaman buah lainnya. Pohon tersebut bisa berbuah di semua musim, baik saat kemarau maupun kering. Kelebihan lainnya, jambu kristal bisa berbuah kapan saja, bahkan enam bulan setelah masa tanam jika diberi perlakuan yang optimal.

Dari segi manfaat, jambu kristal juga memiliki banyak manfaat untuk orang yang memakannya. Jambu kristal mampu memutihkan kulit, memperlancar pencernaan, dan kaya akan vitamin C.

Jambu kristal juga banyak digunakan untuk perawatan tubuh. Dengan semua kelebihan ini, harga jambu kristal ini tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibanding dengan jenis jambu yang lainnya.

Prospek bisnis jambu kristal bisa dikatakan sangat terbuka. Permintaan jambu kristal di sekitar pulau Jawa cukup tinggi dan dibarengi program pemerintah yang ingin mengekspor buah-buahan lokal yang salah satunya jambu kristal ini.

Sumber : f a r m i n g . i d