Calderona tin asal Spanyol, salah satu koleksi Khulub Satria Hadi.

Calderona tin asal Spanyol, salah satu koleksi Khulub Satria Hadi.

Varietas tin baru yang unggul sehingga layak untuk dikebunkan.

Buah tin berwarna hitam dan berukuran besar seperti de la reina menjadi incaran kolektor. Buah de la reina berbobot 63,38 g dan bercitarasa manis. Warna buah saat masak hitam dengan daging buah merah. “De la reina termasuk baru di Indonesia. Biasanya kolektor mendatangkan jenis baru dari Spayol setiap musim dingin yaitu pada akhir Oktober hingga Februari,” ujar Khulub Satria Hadi.

Kolektor buah ara atau tin di Seturan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, itu mendatangkan varietas de la reina pada 2014. Ia memerlukan 2 tahun untuk verifikasi jenis sebelum melepas ke pasar. Khulub mendatangkan setek de la reina langsung dari Spayol, dengan harga € 10 setara Rp140.000 per batang. Menurut Khulub tin yang berasal dari Spayol itu tumbuh dengan baik di Indonesia. Walau berasal dari daerah subtropis, tin itu dapat berbuah di daerah tropis.

Tin de la reina berwarna hitam rasa manis lezat dari Spanyol.

Tin de la reina berwarna hitam rasa manis lezat dari Spanyol.

Jenis potensial
De la reina tergolong tin yang tahan terhadap pecah buah jika dibandingkan dengan brown turkey. Buahnya berbentuk lonjong dengan bagian pangkal buah meruncing. Tin itu membutuhkan waktu 3 bulan dari penyerbukan hingga matang. Menurut Khulub sinar matahari mempengaruhi warna buah dan ukuran daun. “Semakin tinggi intensitas sinar matahari maka buah akan berwarna hitam pekat dan berdaun lebar,” kata Khulub.

Ketika kurang sinar maka buah matang berwarna merah marun. Menurut bungsu dari dua bersaudara itu de la reina merupakan jenis tin hitam spesial. “Pekebun tin di Malaysia ada yang berencana mengebunkan jenis de la reina karena produktivitasnya cukup tinggi,” ujar Khulub. Tanaman milik Khulub sudah mulai berbuah saat berumur 4—5 bulan. Tinggi tanaman 60 cm menghasilkan 9—10 buah yang matang bergantian.

Baca juga:  Muryono: Kembalinya Laksamana Perkutut

Menurut kolektor tin di Mampangprapatan, Jakarta Selatan, Fauzi Effendi, de la reina juga tahan terhadap hujan. Fauzi memiliki dua tanaman de la reina setinggi 1 meter yang akan dijadikan indukan untuk menghasilkan individu baru. Fauzi membanderol bibit cangkok setinggi 15—20 cm Rp750.000—Rp 850.000 dan bibit bibit setinggi 30 cm di polibag berdiameter 20 cm mencapai Rp1,2-juta.

Doree atau goutte d’or tin berasal dari Spanyol milik Khulub Satria Hadi, kolektor tin di Seturan, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Doree atau goutte d’or tin berasal dari Spanyol milik Khulub Satria Hadi, kolektor tin di Seturan, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Fauzi mengatakan, permintaan bibit saat ini masih tinggi. “Bibit de la reina masih jarang sehingga harganya cukup mahal,” ujarnya. Selain de la reina, jenis tin hitam lainnya seperti albacor comuna dan calderona juga termasuk baru di Indonesia. Khulub mendatangkan albacor comuna dan calderona bersamaan dengan de la reina yaitu dua tahun silam. Albacor comuna dua kali berbuah. Menurut kolektor tin di Batu, Jawa Timur, Hartawan Susanto, albacor comuna juga potensial untuk dikebunkan.

“Kulit albacor comuna lebih tebal dibandingkan jenis tin hitam lainnya, sehingga tidak mudah rusak dan ukuran buah sedang yaitu 80 gram,” ujar Hartawan. Walaupun begitu, menurut Khulub, tingkat kemanisan albacor comuna masih di bawah de la reina dan calderona. “Jika dibandingkan tingkat kemanisan peringkat pertama adalah calderona, kedua de la reina, dan ketiga albacor comuna,” ujar Khulub.

Albacore comuna berbobot sedang dengan daging kulit tebal.

Albacore comuna berbobot sedang dengan daging kulit tebal.

Belang
Tin baru lainnya rimada berkulit belang alias variegata. Menurut Fauzi tin berwarna belang cocok untuk tanaman buah dalam pot atau tabulampot. Sebab, warnanya menarik, waktu pajang buah pun lama. Buah memerlukan waktu 4 bulan untuk matang. “Semakin lama buah matang maka semakin lama juga buah bisa dipajang,” ujarnya. Fauzi mendatangkan kelima jenis rimada ke Indonesia pada Juni 2015.

Baca juga:  Terpikat Ixora Kerdil

Rimada merupakan hasil mutasi indukan. Contohnya paratjal rimada yang merupakan varietas paratjal yang bermutasi sehingga buahnya berwarna belang. “Mutasi bisa terjadi akibat pengaruh iklim sehingga buah dan daunnya belang,” ujar kolektor tin sejak 2010 itu. Paratjal rimada berbobot 44,240 g dengan bentuk bulat telur. Perubahan warna buah dari muda ke tua diawali dengan adanya garis dari pangkal buah ke ujung buah berwarna kuning dan hijau. Lalu berubah menjadi ungu tua saat matang.

Yang unik coll de dama rimada. Buah berbobot rata-rata 44,56 g, tetap berwarna belang hijau kuning saat matang. Walau begitu warna daging coll de dama rimada lebih merah dan lebih manis dibandingkan paratjal rimada. Coll de dama rimada memiliki kulit lebih tebal sehingga lebih keras dan tidak mudah retak. Tin belang lainnya adalah bordissot negra rimada. Buahnya hanya berbobot 29 g. Itu artinya bordissot negra rimada merupakan jenis rimada yang memiliki bobot paling kecil.

Luv tin baru berwarna biru milik Dato Syed Elias, pekebun tin di Malaysia.

Luv tin baru berwarna biru milik Dato Syed Elias, pekebun tin di Malaysia.

Perubahan warna buah diawali dengan adanya garis-garis memanjang berwarna kehijauan. Lalu menjadi kemerahan dan buah matang menjadi kehitaman seperti jenis bordissot. Selain tin berwarna belang dan hitam, tin berwarna kuning juga termasuk anyar, contohnya de la gloria dan doree. De la goria berwarna kuning terang dengan daging buah berwarna merah sedangkan doree berwarna kuning pucat dan daging jingga.

Selain Spayol, Malaysia juga memiliki tin baru yang eksklusif. Tin itu terkenal dengan nama luv. Tin berwarna kebiruan dan berbentuk sedikit lonjong itu memang terlihat menarik di kebun Dato Syed Elias, pekebun tin di Malaysia. Selain belum banyak pekebun atau kolektor yang memilikinya, tin itu juga memiliki harga tinggi. Menurut Elias bibit berukuran 20-30 cm hasil cangkok seharga 2000 ringgit atau setara dengan Rp6.400.000. (Ian Purnama Sari)

De la goria tin berwarna kuning terang.

De la goria tin berwarna kuning terang.

 

Baca juga:  Dukungan Presiden

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d