Jimmy Oetji menangkarkan kucing american short hair.

Jimmy Oetji menangkarkan kucing american short hair.

Jimmy Hartato Oetji sejatinya mulai menangkarkan kucing sejak 2013. Ia tertarik menjadi penangkar kucing ras karena suka sekali dengan binatang. “Di antara aneka jenis binatang, kucing yang paling saya senangi,” ujar alumnus Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Paulus di Kota Bandung itu. Saking sayangnya, kucing-kucing yang berkeliaran di pasar pun bukan menjadi ancaman meski ia berjualan ikan.

“Bahkan kucing-kucing itu sering saya kasih ikan,” katanya. Suatu waktu terbersit keinginan untuk memelihara kucing ras yang bagus. Jimmy pun jatuh hati pada kucing jenis maine coon. Ia tertarik memelihara kucing asal negara bagian Maine, Amerika Serikat, itu lantaran sosoknya yang jumbo, gagah, tapi tetap jinak untuk dimanjakan. Pada 2013 ia membeli anakan seekor maine coon umur 4 bulan dari seorang penangkar di Kota Bandung.

Kucing ras perdananya itu ternyata membuat Jimmy ketagihan untuk menambah koleksi. Ia lalu mengadopsi lagi 3 kitten maine coon dari penangkar lokal dan 5 ekor anakan impor. Jimmy juga aktif mengikuti berbagai kontes dan memperoleh berbagai penghargaan. Kucing-kucing yang menggemaskan itu ternyata beranak-pinak. Sejak itulah Jimmy mulai melepas beberapa anakan maine coon untuk diadopsi.

Untuk seekor kitten yang pernah mengikuti minimal satu kali kontes ia lepas dengan biaya adopsi Rp8 juta per ekor. Namun, pada saat bersamaan para penangkar maine coon ibarat jamur di musim hujan. Di tanah air bermunculan para penangkar yang khusus menangkarkan kucing berbulu lebat itu. Sejak itu Jimmy pun mencoba menangkarkan kucing ras jenis lain yang unik.

“Kalau saya tetap menangkarkan maine coon saya hanya bisa menjadi follower. Oleh sebab itu, saya memilih jenis american short hair (ASH) karena belum ada yang menangkarkan di Indonesia,” ujarnya. Itulah sebabnya anakan dari kedua pasang induk ASH milik Jimmy banyak dinanti para pehobi untuk diadopsi. Kini ia juga tengah mempersiapkan sepasang induk jenis turkish angora dari Belgia. Sayangnya ia belum bersedia memperlihatkan kucing endemik Turki itu. (Imam Wiguna)

Baca juga:  Garut Simpan Pisang Unik

Tags: kucing, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d