aglaonema ayunindi,aglaonema berdaun membulat,aglaonema unik,aglaonema langka,pesona ratu daun aglaonema

Beberapa aglaonema hibrida baru incaran para kolektor.

Pesona ratu daun aglaonema – Sebuah pot aglaonema berdaun merah itu amat seronok. Seorang calon pembeli langsung jatuh hati dan membawanya ke kasir di sebuah nurseri.

“Maaf, Pak, aglaonema itu belum kami jual,” ujar Benny Zulkifli, pemilik nurseri di Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, itu. Tak lama berselang calon pembeli lain juga hendak membeli tanaman yang sama.

“Kejadian seperti itu bukan hanya terjadi di dunia nyata saja. Saat pertama kali saya mengunggah fotonya di media sosial, minat para kolektor untuk membelinya luar biasa tinggi,” ujar Benny.

Dalam 10 menit saja lebih dari sepuluh orang berhasrat untuk memiliki aglaonema pendatang baru asal Thailand. Itulah aglaonema nezkia yang mencuri hati para penggemar tanaman hias.

Pesona ratu daun aglaonema langka

Aglaonema nezkia berdaun merah solid dan menyisakan warna hijau di tulang daun utamanya. Benny menduga aglaonema jenis cochin itu silangan yang salah satu induknya berupa Aglaonema commutatum sebagai penghasil warna hijau pada tanaman.

“Cochin jenis itu unik karena saat daun muda diawali dengan warna yang dominan hijau. Namun, saat dewasa berubah menjadi merah solid. Itulah salah satu daya tarik bagi kolektor si rejeki,” kata Benny.

aglaonema nezkia,aglaonema berdaun merah solid,aglaonema unik,aglaonema langka
Aglaonema nezkia berdaun merah solid, masih langka di tanah air

Menurut Benny mayoritas kolektor aglaonema di Indonesia menyukai corak merah karena warnanya seronok. Jumlah cochin nezkia yang masih sangat terbatas menjadi alasan utama Benny belum melepas ke kolektor lain.

Bukan hanya di Indonesia, di dari daerah asalnya di Thailand pun sulit dijumpai. Saat ini Benny baru memiliki sebuah pot. Oleh karena itu ia ingin memperbanyak aglaonema berbatang putih yang kini berdaun 13 helai itu.

Namun, usaha itu bukannya tanpa kendala. Salah satunya adalah waktu pertumbuhan tanaman yang lambat. “Akibat dominasi warna merah, maka jumlah klorofil atau zat hijau daun sebagai pengolah nutrisi sumber makanan tanaman jumlahnya terbatas.

Baca juga:  Aneka Tanaman Anthurium Unik

Perlu kesabaran untuk menunggu sampai dewasa dan siap untuk diperbanyak melalui anakan maupun biji,” ujar pehobi traveling itu.

aglaonema iriana,aglaonema bertangkai daun rapat,aglaonema unik,aglaonema langka
Ciri khas aglaonema iriana bertangkai daun rapat dan kompak sehingga menawan dan kokoh

Pada umumnya, penangkar dan penyilang di Thailand hanya membolehkan pembeli, terutama dari luar negeri untuk membawa sebuah tanaman saja. Eddy Santoso dan Benny Zulkifli mengalami hal serupa.

Penjual di Thailand menerapkan kebijakan one pot one seed alias hanya mengizinkan mereka membawa satu pot indukan nezkia berasal dari biji. Itulah sebabnya Benny harus memperbanyak dahulu.

Aglaonema hibrida baru

Benny Zulkifli adalah orang kedua yang memiliki nezkia asal negeri Gajah Putih itu. Sejatinya koleksi itu hanyalah tanaman anakan. Orang pertama yang memboyong si daun merah itu Eddy Santoso pada 2011. Eddy membeli nezkia bukan di sentra aglaonema seperti di Chatuchak, Kota Bangkok.

“Saya melihat tanaman induk cochin yang saat itu belum memiliki nama, pada penjual tanaman hias skala kecil. Jadi bukan nurseri,” kata Eddy.

aglaonema ayunindi,aglaonema berdaun membulat,aglaonema unik,aglaonema langka,pesona ratu daun aglaonema
Aglaonema ayunindi itu berdaun membulat menandakan hasil silangan dengan jenis Aglaonema rotundum

Ia tertarik melihat tangkai daunnya pendek dan warna daun sangat merah, ukuran sedang, dan bentuknya seperti mata tombak. Keistimewaan lainnya adalah tanaman tidak mudah layu bila terpapar sinar matahari terik, seperti kebanyakan jenis cochin.

Sebab, tangkai daun nezkia berukuran besar. Setelah tiba di Indonesia, Eddy memberi nama cochin itu nezkia.

Meski kondisi pasar aglaonema tidak seramai pada 2010, pasar hibrida baru di Thailand masih bergairah. Hampir setiap bulan mereka melepas silangan baru dengan corak yang menawan.

Itulah yang mendasari Benny Zulkifli rajin berburu hibrida baru ke sana. “Sebulan sekali saya berburu silangan aglaonema baru. Dulu saat tahun 2008—2010, bahkan bisa seminggu sekali ke Thailand untuk memenuhi permintaan konsumen yang sangat banyak,” ujar Benny.

Benny Zulkifli
Benny Zulkifli rajin ke Thailand memburu aglaonema silangan baru

Ia terakhir berkunjung ke Negeri Gajah Putih pada akhir Desember 2015 lalu. Saat liburan itu, ia manfaatkan pula untuk berburu aglaonema di daerah Rayong. Ayah 2 putra itu memboyong 3 aglaonema hibrida baru ke tanah air, yakni ayunindi, jamila, dan denpasar moon.

Baca juga:  Surga Bunga Anggrek di Pulau Sulawesi

Konsumen menyukai bentuk daun membulat karena terlihat kompak dan jika daun rimbun, maka tanaman akan terlihat bulat. Warna daun merah di bagian tangah, tulang dan tepi daun hijau tua.

Batang dan tangkai daun berwarna hijau, tetapi berwarna merah muda pada bagian bawah daun. Adapun bentuk daun aglaonema jamila mirip aglaonema cochin nezkia, tetapi warnanya dominan putih dengan warna merah pada tulang daun.

aglaonema jamila,aglaonema merah pada tulang daun,aglaonema unik,aglaonema langka
Aglaonema jamila, warna merah pada tulang daun menjadi pusat perhatian

Warna putih tidak solid karena masih ada warna hijau pada bagian tepi dan ujung daun. Jamila salah satu silangan terbaru yang terjual melalui lelang di media sosial. Pemenang lelang berhak membawa pulang tanaman sekaligus memberi nama.

Sementara iriana berdaun hijau dengan tulang daun merah muda. Nama iriana terinspirasi dari istri Presiden Joko Widodo. Sri rejeki dengan tinggi 30 cm itu memiliki kesan lokal yang kental dan mewakili keanggunan sosok perempuan Indonesia.

“Tangkai daun tumbuh rapat dan kompak membuat iriana menawan dan kokoh,” kata Benny. Warna merah muda pada batang dan tangkai daun membuat penampilannya tetap indah saat terlihat “ruang kosong” di antara rumpun daun atas yang tegak dan bagian bawah yang masih tumbuh mendatar.

aglaonema denpasar moon,aglaonema unik,aglaonema langka
Aglaonema denpasar moon tampil unik. Dalam sebuah tanaman dapat terjadi daun dengan warna dominan merah muda pada bagian tengah dan dominan hijau pada daun yang lain

Denpasar moon mirip aglaonema moon light dan romantic love, keduanya silangan Gregori Garnadi Hambali di Bogor, Jawa Barat, pada 2007.

Warna daun unik karena dalam sebuah tanaman dapat terjadi daun dengan warna dominan merah muda pada bagian tengah dan dominan hijau pada daun yang lain. Tulang daun berwarna merah tua berasal dari jenis indukan rotundum. Pria 35 tahun itu mendatangkan denpasar moon pada 2015. (Muhammad Hernawan Nugroho)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments