Sebanyak 12 pohon botol ditanam di Taman Batu Alam, Kabupaten Tangerang Selatan, Banten.

Sebanyak 12 pohon botol ditanam di Taman Batu Alam, Kabupaten Tangerang Selatan, Banten.

Tanaman introduksi baru untuk taman.

Belasan pohon botol berjejer rapi di sudut taman di Kelapadua, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Disebut pohon botol karena tanaman asal Amerika selatan itu memiliki batang mirip botol, yakni menggembung di bagian tengah. Perancang taman menanam Brachychiton rupestris tanpa menggali tanah. Tujuannya agar sosok batang terkespose karena tumbuh persis di permukaan tanah.

Abdul Hakim Lutfi menunjukkan bottle tree dengan bentuk botol berbelimbing seharga Rp600-juta.

Abdul Hakim Lutfi menunjukkan bottle tree dengan bentuk botol berbelimbing seharga Rp600-juta.

Pengelola taman, Abdul Hakim Lutfi, hanya menimbun bagian bawah pohon dengan pasir setinggi 80 cm. Menurut Lutfi saat didatangkan dari Argentina melalui Taiwan, pohon itu tanpa akar. “Setelah 3 bulan ditanam, akar serabut baru tumbuh, lalu menembus tanah,” ujar Lutfi. Karena keunikan dan kelangkaannya, kini kumpulan pohon botol itu sering menjadi latar foto pranikah.

Permintaan meningkat
Lutfi mendatangkan pohon raksasa—tinggi 4—6 meter, diameter 80—150 cm, pertama kali pada 2013. Saat itu ia mendatangkan dua pohon untuk keperluan landskap seorang pencinta tanaman di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pembeli memiliki pekarangan yang cukup luas untuk menam pohon anggota famili Malvaceae itu. Selain untuk landskap di rumah, pohon itu juga banyak dibeli untuk menghias tempat rekreasi.

Menurut Lutfi, selain unik karena ukuran dan bentuknya, bottle tree juga sohor dengan julukan budha tree. Karena harga jual yang tinggi, pohon itu juga dianggap dapat menaikkan gengsi pemiliknya. Sejak didatangkan tiga tahun lalu, permintaan tanaman itu terus meningkat. Pada 2013 hingga September 2015 Lutfi mendatangkan lebih dari 30 pohon. Ia sengaja mendatangkan pohon sebelum ada pesanan agar calon pembeli memilih dan melihat langsung pohon yang diinginkan.

Ceiba speciosa masih satu keluarga dengan randu memiliki daya tarik di bunga berwarna merah muda yang lebat.

Ceiba speciosa masih satu keluarga dengan randu memiliki daya tarik di bunga berwarna merah muda yang lebat.

Pada 2015 Lutfi menjual 9 pohon dengan kisaran harga Rp100-juta—Rp600-juta. Bentuk botol, ukuran, dan umur pohon mempengaruhi harga pohon. Menurut pencinta tanaman bonsai itu, harga bottle tree akan mahal jika botol terlihat solid atau merata saat dilihat dari empat sisi berbeda. Lutfi membedakan ukuran menjadi tiga yaitu kecil (diameter 80—90 cm), sedang (di atas 130 cm), dan besar (di atas 150 cm).

Baca juga:  Aral Apel di Pot

“Semakin tua maka harga semakin tinggi,” ujar Lutfi. Selain tiga kriteria utama itu, pembeli juga menghendaki batang yang mulus tanpa luka. Oleh karena itu saat pengiriman Lutfi memberi dua lapisan pembungkus pada pohon botol untuk menghindari luka. Lapisan pertama yaitu spon atau daun pisang dan karung goni sebagai lapisan kedua. Batang pohon anggota famili Malvaceae itu memiliki dua tipe yaitu berduri dan tanpa duri.

Bottle tree berduri memiliki daya tarik lebih untuk para calon pembeli. “Bottle tree berduri lebih cepat terjual, karena lebih langka atau jarang,” ujarnya. Pohon jumbo lainnya yang diminati karena bentuk batangnya adalah zaitun. Jika bottle tree lebih diminati oleh penganut ajaran Budha, zaitun lebih diminati oleh penganut agama Islam dan Kristen. Sebab, kedua kitab agama itu menyebut tanaman zaitun. Pria yang menyukai tanaman sejak 30 tahun lalu itu mendatangkan zaitun untuk landskap pada awal 2015.

Zaitun berumur ratusan tahun cocok untuk landskap.

Zaitun berumur ratusan tahun cocok untuk landskap.

“Untuk landskap, tanaman olive jumbo paling cepat penjualannya,” ujar Lutfi. Pada Maret 2015 Lutfi mendatangkan 80 pohon zaitun berusia ratusan tahun dari Spanyol. Lebih dari setengahnya langsung terjual sebelum berganti tahun. Kini di Taman Batu Alam tersisa sekitar 10 pohon. Tanaman itu banyak dipasang di rumah pribadi atau vila. Lutfi menjual sebatang Olea europaea Rp1,5-juta—Rp400-juta tergantung ukuran.

Bunga
Tanaman introduksi baru lainnya benang sutera Ceiba speciosa (semula Chorisia speciosa) berbunga elok. Batang tanaman kerabat kapuk randu itu tidak mirip botol. Daya tariknya ada pada bunga berwarna merah muda. Importir tanaman di Bogor, Jawa Barat, Sugiono Budhiprawira, membeli 2 biji chorisia di Thailand seharga 100 bath setara Rp40.000. Ia menyemai dan menanam keduanya namun, hanya satu yang tumbuh. Kini ia telah memiliki puluhan pohon hasil perbanyakan dengan cangkok.

Contoh landskap menggunakan Lophanthera lactescens di bagian kiri taman.

Contoh landskap menggunakan Lophanthera lactescens di bagian kiri taman.

Menurtu Sugiono harga tanaman itu mahal saat berbunga. Ia menjual tanaman setinggi 1 meter yang sedang berbunga Rp3-juta. Harga pohon dengan tinggi sama, tanpa bunga hanya Rp1,5-juta. Pohon lain yang indah karena bunganya adalah Lophanthera lactescens. Menurut importir tanaman hias di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Maki, perancang taman melirik lophanthera sejak 3 tahun lalu.

Baca juga:  Lengkeng Rubi Berbuah di Pot

Tanaman itu berbunga kuning dan menggantung, mekar tanpa musim. “Saat musim kemarau bunga semakin banyak, asal penyiraman rutin dua kali sehari,” ujar Maki. Perawatan juga tergolong mudah, hanya perlu penambahan pupuk fosfor dan kalium untuk memunculkan bunga. Menurut Maki tanaman yang memiliki tajuk lebar, dengan tipe percabangan terminalis itu cocok di tengah taman. Harga pohon setinggi 3 meter Rp2,5-juta. (Ian Purnama Sari)

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d