Pesona Iguana crutchfield Albino

Harga iguana crutchfield albino mencapai Rp35-juta.

Mula-mula sekujur tubuh iguana itu berwarna kuning terang ketika berumur 2—3 bulan. Bercak jingga muncul di sekitar punggung. Namun, berangsur-angsur bercak itu memudar empat bulan berselang. Itulah sebabnya warna tubuh melulu kuning.

Namun, saat berumur 2—3 tahun warnanya berubah jingga. Itulah keunikan iguana crutchfield koleksi Chandra Gunawan.

Pehobi reptil di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, itu kini mengoleksi sembilan iguana albino berumur antara 2-3 bulan dan panjang 30 cm. Setelah berumur enam bulan, panjang reptil itu bertambah dua kali lipat menjadi 60-65 cm.

“Saat dewasa panjang iguana jantan bisa mencapai 1,5 meter, seperti iguana pada umumnya,” ujar pencinta reptil itu sejak 20 tahun lampau itu.

Menurunkan albino

Satwa asal Meksiko dan Karibia itu sejatinya tak memiliki sifat mimikri—penyesuaian diri antara lain dengan mengubah warna sesuai dengan alam sekitarnya untuk melindungi diri dari bahaya—seperti bunglon.

Namun, kulit iguana strain albino berubah warna sejak kecil hingga dewasa. Menurut Chandra harga seekor iguana albino berumur 7 bulan mencapai Rp35-juta (th 2015).

Ia kesengsem melihat keelokan satwa yang pertama kali dideskripsikan oleh ahli Biologi asal Austria, Josephus Nicolaus Laurenti, pada 1768 itu. Chandra mendatangkan reptil eksotis itu pada Februari 2015.

Embel-embel crutchfield mengacu pada penangkarnya, Tom Crutchfield di Florida, Amerika Serikat, bagian tenggara itu. Ia memang memperoleh satwa anggota famili Iguanidae itu langsung dari Tom Crutchfield.

Crutchfield orang yang pertama yang mengembangbiakkan iguana albino jenis itu. Itulah sebabnya namanya disematkan pada iguana hasil tangkarannya. Menurut Chandra dua dari sembilan iguana albino koleksinya bersifat heterezigot, yakni membawa sifat albino.

Dua iguana crutchfield berwarna hijau terang seperti jenis iguana hijau Iguana iguana pada umumnya. Jika ia memanfaatkannya sebagai indukan, maka berpeluang hingga 75% untuk mendapatkan iguana albino pada keturunannya.

Iguana crutchfield stain albino saat sheeding di bagian kaki.

Iguana crutchfield stain albino saat sheeding di bagian kaki.

Adapun 25% berpeluang menghasilkan iguana biasa. Itulah sebabnya nilai jual iguana crutchfield strain albino heterezigot lebih tinggi 25% dibandingkan homozigot. Banyak pehobi ingin memiliki iguana albino. Mereka bukan sekadar menjadikannya sebagai hewan peliharaan, kebanyakan justru ingin menangkarkannya.

Menurut pemilik toko reptil di Bandung, Jawa Barat, Tony Wahyu, harga iguana albino jauh lebih mahal dibandingkan iguana hijau karena warnanya jauh lebih bagus.

Untuk menjaga koleksinya berkulit cerah, Chandra memberikan pakan berupa serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong setiap 2 hari. Serangga sebagai sumber protein bagi iguana.

Menurut Chandra jatah seekor iguana berumur 2—3 bulan hanya 2 jangkrik dan 5 ulat hongkong. Ia memberikannya dengan cara mencampurkan pada tempat pakan saat pagi hari.

“Reptil tidak perlu terlalu banyak asupan protein,” ujarnya. Chandra juga memberikan sayuran dan buah segar antara lain bayam dan tomat setiap pagi. Ia menaburkan satu sendok makan vitamin berbentuk serbuk di atas pakan sebanyak per hari.

Selain pemberian pakan yang teratur, Chandra memperhatikan kondisi kandang. Sanitasi kandang sangat penting untuk reptil.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x