Bunga pohon meriam Couropita guianensis beraroma harum. Dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum atau kosmetik.

Bunga pohon meriam Couropita guianensis beraroma harum. Dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum atau kosmetik.

Lebih dari 100 jenis tanaman cauliflora tumbuh di hutan hujan tropis di Indonesia. Kebun Raya Bogor mengoleksi 38 jenis.

Buah seukuran telur itik itu bergerombol di sekujur batang. Satu setengah meter batang di atas permukaan tanah nyaris tak tampak akibat “terbungkus” buah seronok itu. Masyarakat Pagerlembata, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, menyebut buah itu empaung. Menurut warga yang tinggal di tepi hutan Pagerlembata, Kartiman, masyarakat memanfaatkan buah itu dalam pengolahan getah karet untuk mencegah bau tak sedap.

Tanaman burahol termasuk ke dalam simple cauliflora. Bunga tumbuh di batang atau cabang utama.

Tanaman burahol termasuk ke dalam simple cauliflora. Bunga tumbuh di batang atau cabang utama.

Melihat buah empaung Baccuarea lanceolata muncul di batang utama masih tampak aneh bagi beberapa orang. Bunga tumbuhan berkayu pada umumnya muncul di tunas muda, pucuk, atau ranting pohon. Namun, tidak semua demikian, ada sebagian tumbuhan yang menghasilkan bunga dan buah di cabang utama. Fenomena bunga yang muncul di batang sohor dengan sebutan cauliflora. Caulis artinya batang dan flor berarti bunga.

Dekat sumber nutrisi
Setiap tumbuhan yang menghasilkan bunga dan buah di batang atau cabang utama disebut cauliflorous. Cauliflora banyak macam. Berdasarkan letak bunga dan buahnya dikenal beberapa macam cauliflora, antara lain simple cauliflora, trunkiflora, basiflora, dan ramiflora. Simple cauliflora jika bunga suatu tumbuhan muncul di batang atau cabang utama daripada di ranting. Adapun trunkiflora yaitu ketika bunga muncul dan berkembang di sepanjang batang utama.

Saat bunga muncul dan berkembang terbatas pada bagian pangkal batang saja, itu disebut basiflora. Jika bunga-bunga bermunculan di cabang kecil atau ranting pohon dinamakan ramiflora. Menurut beberapa ahli tanaman, suatu jenis tanaman menjadi cauliflora jika cabang kecil tidak kuat mendukung buah. Bunganya tumbuh di batang atau cabang, maka buahnya cenderung menjadi lebih besar dan lebih berat.

Buah empaung.

Buah empaung.

Selain itu, cauliflora lebih efisien dalam memanfaatkan faktor lingkungan. Bunga dan buah yang tumbuh di batang atau dekat permukaan tanah akan menerima nutrisi dan air yang melimpah dibandingkan dengan yang tumbuh di kanopi. Dormansi tunas bunga pada batang utama membutuhkan waktu relatif lama. Selama proses pertumbuhan, tunas yang dorman tertutup atau berada di bawah jaringan sekunder.

Baca juga:  Alami Rawat Mahkota

Saat tunas yang semula dorman akan aktif lagi. Tunas-tunas baru menerobos kulit batang yang akhirnya bunga muncul pada batang. Tanaman cauliflora berpotensi sebagai tanaman buah, tanaman hias, tanaman obat, dan penghasil kayu. Beberapa koleksi Kebun Raya Bogor seperti pohon meriam, tampui, mahoni kuning, pohon lilin, pohon loa, dan burahol termasuk cauliflora.

Pohon meriam atau cannonball tree termasuk anggota famili Lecythidaceae. Penemunya seorang ahli botani dari Perancis, Jean Baptiste Christophore Fusee Aublet pada 1775. Bunga berukuran cukup besar dengan warna merah—jingga mencolok serta buah bulat cokelat seperti meriam tumbuh di sepanjang batang. Aroma bunga harum akan tercium pada malam dan pagi hari. Couroupita guianensis dimanfaatkan untuk parfum, kosmetik, obat tradisional, dan pakan ternak.

Daging buah tampui Baccaurea reticulata berwarna putih, kuning, atau jingga dan rasanya manis keasaman. Dapat dikonsumsi sebagai buah segar.

Daging buah tampui Baccaurea reticulata berwarna putih, kuning, atau jingga dan rasanya manis keasaman. Dapat dikonsumsi sebagai buah segar.

Tampui
Tampui Baccaurea reticulata memiliki ukuran buah yang lebih kecil dibanding dengan pohon meriam dan berkulit lebih tebal. Tinggi tanaman anggota famili Phyllanthaceae itu 29 m. Perbungaan muncul di batang atau cabang (simple cauliflora). Buah terangkai dalam tandan sepanjang 15 cm. Buahnya bulat atau agak bulat, kulit buah tebal mengayu, berwarna cokelat, kuning, jingga, merah tua atau hijau tua. Daging buah tampoi berwarna putih, kuning, atau jingga. Rasanya manis keasaman dapat dimakan sebagai buah segar.

Jenis lain adalah pohon mahoni kuning Dysoxylum cauliflorum yang menghasilkan bunga dan buah di batang. Bunga putih, harum baunya muncul di sepanjang batang utama. Buah muda berwarna hijau, berubah menjadi merah ketika tua. Tanaman tersebar di Indocina, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Borneo, dan Filipina. Ekstrak daun dan kulit berpotensi sebagai antioksidan, sitoprotektif atau mengatasi mukosa lambung, dan imunomodulator.

Buah lilin Parmentiera cereifera berbentuk silindris menyerupai lilin panjang 60 cm dibungkus oleh lapisan lilin. Penemunya petani Perancis, Antoine-Augustin Parmentier pada 1737—1813. Parmentiera diambil dari nama penemu, cereifera berarti bantalan lilin. Tanaman anggota famili Bignoniaceae itu berupa pohon kecil setinggi 7 m. Bunga soliter atau bergerombol sampai 4 bunga, berwarna putih-merah jambu, tumbuh di batang dan cabang-cabang utama.

Buah kayu arang Diospyros cauliflora merupakan kerabat dekat buah bisbul atau kesemek.

Buah kayu arang Diospyros cauliflora merupakan kerabat dekat buah bisbul atau kesemek.

Buah asal Panama itu tumbuh menggantung di batang dan cabang utama. Buah muda berwarna hijau, jika tua berubah menjadi kuning, licin seperti lilin. Pohon loa Ficus racemosa salah satu jenis beringin yang termasuk ke dalam famili Moraceae. Tanaman setinggi 20—30 m itu tumbuh di hutan tropis atau di pinggir sungai. Buah bulat dan bergerombol di sepanjang batang. Buah muda berwarna hijau, berubah menjadi jingga atau merah saat masak.

Baca juga:  Bluberi: Produktif di Negeri Tropis

Pengharum tubuh
Batang burahol Stelechocarpus burahol berwarna cokelat-kelabu tua sampai hitam, memiliki banyak tonjolan yang biasanya sebagai tempat munculnya bunga. Bunga berwarna hijau dan berubah menjadi kuning keputihan. Bunga jantan muncul di batang atas dan cabang-cabang yang lebih tua. Bunga betina di batang bawah. Buah berbentuk bulat, berwarna kecokelatan bergerombol menggantung di sepanjang batang.

Buah tanaman anggota famili Annonaceae itu berkhasiat sebagai pengharum badan dan urine, mencegah radang ginjal, dan kontrasepsi alami. Tanaman asal Asia Tenggara yang sohor dengan sebutan kepel itu dapat dijadikan tanaman hias. Sebab, bentuk tajuk tanaman kerabat sirsak itu amat elok menyerupai piramida. Selain itu warna daun muda burahol kemerah-merahan.

Buah pohon lilin Parmentiera cereifera memiliki bunga yang bergerombol mencapai 4 bunga yang berwarna putih—merah jambu.

Buah pohon lilin Parmentiera cereifera memiliki bunga yang bergerombol mencapai 4 bunga yang berwarna putih—merah jambu.

Kayu arang merupakan kerabat dekat dengan bisbul atau kesemek. Bunga soliter atau bergerombol, muncul di sepanjang batang, terutama bagian pangkal batang. Bunga berwarna cokelat kemerahan. Buah Diospyros cauliflora berbentuk bulat, bagian ujung runcing, tertutup oleh bulu-bulu halus berwarna keperakan. Makin tua umur buah, bulu-bulu yang menempel makin berkurang. Kulit buah sangat keras. Buah masak rasanya manis.

Mahoni kuning Dysoxylum cauliflorum tersebar di Indochina, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Borneo, dan Filipina. Berpotensi sebagai antioksidan dan imunomodulator.

Mahoni kuning Dysoxylum cauliflorum tersebar di Indochina, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Borneo, dan Filipina. Berpotensi sebagai antioksidan dan imunomodulator.

Jenis tanaman cauliflora yang umum bagi masyarakat Indonesia yaitu belimbing wuluh. Tinggi Averrhoa bilimbi mencapai 10 m. Bunga berwarna putih, kuning, atau lila. Bunga muncul langsung dari batang atau cabang utama. Buah muda berwarna hijau, jika masak berubah menjadi kuning atau kuning pucat. Daging buah berair, rasanya sangat masam. Selain untuk bumbu masak, belimbing wuluh juga berkhasiat untuk obat diabetes mellitus. (Tri Handayani, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, LIPI)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d