Sediakan bahan herbal di dapur atau tanam di halaman rumah untuk mengatasi penyakit ringan.

567_ 30-1Selepas gerbang tol, kendaraan Ir Hary Bagyanto hanya maju 100 m sebelum melambat dan berhenti. Arsitek yang tinggal di Jakarta Timur itu lalu menarik tuas rem tangan dan mengempaskan tubuhnya ke sandaran jok. Lajur tol ibukota selewat petang memang menguji kesabaran pengemudi. Ia memijat tengkuk dan leher belakang untuk mengurangi pegal yang mendera.

Valentina Indrajati, penganjur herbal di Bogor, Jawa Barat.

Valentina Indrajati, penganjur herbal di Bogor, Jawa Barat.

Selang beberapa menit, rasa pegal itu menjalar ke kepala belakang. Ia hafal itu sebagai gejala naiknya tekanan darah. Setelah 45 menit berjibaku dengan jalanan, Hary tiba di rumah. Ia langsung mengambil tiga tangkai seledri, menumbuk pelan di cobek bersih, meletakkan dalam gelas, lalu menyeduh dengan air panas. Setelah mandi dan berganti pakaian, Hary meneguk air seduhan seledri itu sembari menonton televisi.

Pegal dan sensasi berat di tengkuk dan kepala belakangnya berangsur reda. Ayah 2 anak itu menanam seledri, daun salam, dan sirsak di dak rumah sebagai sediaan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Ia juga menyimpan berbagai rimpang yang selain menjadi bumbu dapur juga berkhasiat mengurangi rasa sakit, seperti jahe, temulawak, kunyit, atau lengkuas.

Penganjur herbal di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Valentina Indrajati, memberikan beberapa resep herbal praktis sebagai obat alami yang bisa dibuat di rumah. Untuk merebus, Valentina menganjurkan penggunaan kuali tanah liat atau panci berlapis enamel. Berikut resep herbal untuk sakit atau luka di rumah. (Marietta Ramadhani)

Pertolongan pertama ingat Herbal.pdf

Tags: herbal, majalah trubus, obat tradisional, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d