Daun Putri Malu Pengusir Asam Urat

Daun Putri Malu Pengusir Asam Urat 1

Kandungan flavonoid pada putri malu berperan sebagai anti hiperurisemia.

Menurut dr Laniyati Hamijoyo SpPD KR MKes hiperurisemia adalah kondisi berlebihnya kandungan asam urat (purin) dalam darah. Kadar purin normal pada pria maksimal 7 mg/dl dan wanita 6 mg/dl. Salah satu dampak hiperurisemia adalah radang sendi yang dapat menimbulkan nyeri yang sangat hebat disertai bengkak, rasa hangat, terkadang kemerahan, dan sendi sulit digerakkan.

Dalam dunia kedokteran istilah itu disebut artritis gout. Namun, tidak semua penderita hiperurisemua terkena artritis gout. Berdasarkan data Perhimpunan Reumatologi Indonesia (PRI) prevalensi artritis gout pada 2010 di dunia berkisar 1—2%.

Jumlah itu meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan dua dekade sebelumnya. Di Indonesia prevalensi artritis gout belum diketahui secara pasti dan bervariasi antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Makanan tinggi purin

Dalam salah satu penelitian menyebutkan prevalensi artritis gout di Jawa Tengah mencapai 1,7% dan di Bali 8,5%. Dokter di Rumahsakit Tentara Dr Soedjono di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dr Guntur Heri Putranto, mengatakan asam urat adalah asam berbentuk kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel tubuh.

dr Guntur Heri Putranto,dokter dari Rumahsakit Tentara Dr Soedjono

dr Guntur Heri Putranto, dokter dari Rumahsakit Tentara Dr Soedjono, Magelang, Jawa Tengah.

Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, baik dari tanaman atau pun dari hewan. Gejala klinis asam urat terdiri atas gejala ringan dan berat.

Namun, pada umumnya pasien merasakan gejala asam urat ketika sudah menyerang sendi. Faktor yang mempengaruhi kadar asam urat bermacam-macam. Semakin bertambah usia, maka kadar asam urat pun turut meningkat.

Baca juga:  Demi Insan Tetap Bugar

Pria lebih berisiko terkena hiperurisemea ketimbang wanita. Penyakit itu juga dapat diturunkan. Penyebab lain asam urat adalah obesitas, pengaruh obat-obatan, dan stres. Kondisi terparah akibat hiperurisemia adalah terbentuknya tofus atau kristal yang dapat menyebabkan sendi tak bisa bergerak.

Untuk mencegah tingginya asam urat hindari mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti ikan teri, otak, remis, dan ikan sardin.

Konsumsi obat-batan yang mengandung bahan aktif allupurinol atau probenicid juga memicu asam urat. Penderita artirits gout biasanya mengonsumsi obat yang mengandung bahan aktif ibuprofen dan indometasin. “Jika sudah parah bisa dilakukan operasi untuk penyembuhannya,” tutur dr Guntur.

Ekstrak daun putri malu

Berdasarkan hasil penelitian Maulida Hayani dan Wahyu Widyaningsih masing-masing dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan, putri malu menjadi obat alternatif untuk membantu mengobati asam urat.

Dalam penelitian itu Maulida dan Wahyu menguji pengaruh ekstrak daun putri malu terhadap penurunan kadar asam urat mencit jantan galur swiss yang diinduksi jus hati ayam.

Daun encok salah satu herbal untuk mengatasi asam urat.

Daun encok salah satu herbal untuk mengatasi asam urat.

Maulida dan Wahyu lalu membagi 25 mencit jantan berbobot 20—30 gram dan berumur 2—3 bulan menjadi lima kelompok uji. Anggota setiap grup 5 ekor. Pada kelompok pertama Maulida memberi pakan standar dan akuades sebagai kontrol normal.

Sementara pada kelompok kedua ia memberikan pakan standar dan jus hati ayam berdosis 0,5 ml per 20 g bobot tubuh 3 kali sehari selama 7 hari.

Selanjutnya pada hari ke-8—10 ia memberi larutan Carboxy Methil Cellulose (CMC) 0,5% sehingga kelompok itu mengalami hiperurisemia.

Sementara untuk kelompok ketiga Maulida memberikan pakan standar dan jus hati ayam berdosis sama 3 kali sehari selama 7 hari. Pada hari ke-8—10 ia memberikan allupurinol berdosis 10 mg per 20 g bobot tubuh sebagai kontrol obat.

Baca juga:  6 Manfaat Humus untuk Tanaman dan Kesuburannya

Pada kelompok keempat dan kelima Maulida memberikan pakan standar dan jus hati ayam berdosis dan frekuensi sama. Namun, pada hari ke-8—10 ia memberikan ekstrak putri malu berdosis masing-masing 0,25 g dan 0,5 g per kg bobot tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan, kadar asam urat kelompok mencit yang mengonsumsi ekstrak putri malu berdosis 0,25g turun 0,860 mg/dl pada hari pertama dan 1,105 mg/dl pada hari ketiga.

Adapun kadar asam urat pada kelompok yang mengonsumsi ekstrak putri malu berdosis 0,5g turun 0,658 mg/dl pada hari pertama dan 1,4 mg/dl pada hari ketiga. Menurut Maulida dan Wahyu penyebab turunnya kadar asam urat mencit berkat kandungan flavonoid pada putri malu.

Beberapa senyawa flavonoid dan alkaloida menghambat kerja xantin oksidase sehingga pembentukan asam urat dalam tubuh pun turut terhambat.

Daun Putri Malu Pengusir Asam Urat 2

Cara membuat penurun asam urat dengan daun putri malu

Menurut herbalis di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, Ir Wahyu Suprapto, putri malu dikenal sejak lama dapat membantu menormalkan saraf, seperti mengatasi susah tidur pada anak-anak.

Untuk mengonsumsinya, rebus segenggam (60g) daun putri malu kering dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 1—2 kali sehari. “Jika berbentuk serbuk cukup diseduh. Sekali seduh 6g,” kata pria 75 tahun itu.

Selama ini Wahyu tidak meresepkan putri malu untuk asam urat. Untuk membantu menurunkan asam urat, ia meresepkan kombinasi daun encok, jeringau, jahe, dan kencur.

Menurut Wahyu daun encok dan jeringau berperan meredakan rasa sakit, sedangkan jahe dan kencur berperan melancarkan peredaran darah dan bersifat analgesik. “Meski begitu, putri malu berpotensi untuk membantu menurunkan asam urat,” kata Wahyu.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x