Akar alang-alang herbal multikhasiat

Akar alang-alang herbal multikhasiat

Akar alang-alang manjur meredakan panas dalam.

Beragam gorengan acap kali menemani Bupati Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, Basuri Tjahaja Purnama, pada sore hari. Ia biasa menyantap penganan yang terdiri atas bakwan, tahu, tempe, singkong, combro, dan ubi goreng itu sembari memeriksa berkas-berkas. Sementara gangan—sup ikan khas Bangka Belitung—sebagai menu bersantap malam. Sup ikan bercampur sambal itu ia makin lezat selagi panas. Adik kandung Gubernur Jakarta, Ahok/Basuki Tjahaya Purnama, itu memang menggemari aneka masakan berminyak dan pedas.

“Saya tidak punya pantangan makan. Prinsip saya boleh makan enak asal jangan seenaknya,” ujar Basuri. Meski demikian kebiasaan mengonsumsi penganan gorengan tak urung memicu panas dalam. Namun, pria setinggi 180 cm itu memiliki prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati. Basuri gemar mengonsumsi produk yang mengandung ekstrak akar alang-alang demi mencegah serangan panas dalam.

Basuri Tjahaya Purnama mengonsumsi alang-alang untuk mencegah panas dalam

Basuri Tjahaya Purnama mengonsumsi alang-alang untuk mencegah panas dalam

Resep tradisional
Menurut Basuri dunia medis tidak mengenal istilah panas dalam sebagai penyakit, melainkan gejala suatu penyakit. Rasa terbakar di dalam tubuh bisa terjadi akibat berbagai kondisi seperti kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan, hingga ketidakseimbangan hormon. Panas dalam lumrah terjadi di daerah tropis seperti Indonesia. Namun, jika tak segera diatasi, panas dalam menyebabkan sariawan dan sulit buang air besar.

Konsumsi gorengan, makanan pedas dan berminyak menyebabkan panas dalam lantaran menyerap air di dalam tubuh. “Cairan tubuh berkurang sehingga darah mengental. Akibatnya, aliran darah melambat,” ujar pria berusia 47 tahun itu. Kondisi itu memperberat kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kandungan oksigen dalam darah kental juga lebih sedikit dibanding darah normal lantaran seluruh permukaan darah tertutup. Tak heran tubuh terasa lemas dan gampang terserang penyakit.

Jeruk nipis mengandung antioksidan alami

Jeruk nipis mengandung antioksidan alami

Panas dalam mengganggu aktivitas Basuri. Pekerjaan sebagai bupati Belitung Timur menuntut kondisi fit dan suara prima. Namun, ayah 3 anak itu tak perlu khawatir terkena panas dalam. Neneknya mengajarkan untuk merebus akar alang-alang demi meredakan panas dalam. Secara turun-temurun akar Imperata cylindrica itu memang manjur mengatasi panas dalam. Alang-alang merupakan resep paten untuk mengatasi gejala panas dalam sejak zaman nenek moyang.

Baca juga:  BASF Berbagi dengan Anak Yatim

Alang-alang memiliki sifat manis dan sejuk sehingga masyarakat Tiongkok biasa menggunakannya untuk meredakan panas dalam, mencegah sariawan, dan konstipasi. Cara pembuatannya dengan mencabut alang-alang beserta akarnya. Lalu membersihkan dan potong daun hingga tersisa pangkal batang dan akar. Setelah itu rebuslah akar dengan air secukupnya hingga mendidih selama sekitar 15 menit. Akar alang-alang siap diminum ketika dingin.

Ekstrak alang-alang tersedia di pasar

Ekstrak alang-alang tersedia di pasar

Senyawa aktif
Herbalis di Kota Batu, Jawa Timur, Wahyu Suprapto, mengatakan akar alang-alang berfungsi sebagai antiinflamasi dan bersifat diuretik alias melancarkan urine. Selain itu akar alang-alang berperan mengontrol tekanan darah, mengatasi mimisan, pendarahan dalam, dan gangguan jantung. Akar alang-alang mampu melarutkan lemak dalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Wahyu biasa meresepkan akar alang-alang berpadu kayu manis dan daun saga.

Ia memilih alang-alang besar dan berbunga putih yang banyak terdapat di tanah kosong, tegalan, atau pematang sawah. Akar alang-alang mengandung bahan aktif imperanene yang manjur mencegah pengentalan darah. Selain itu akar alang-alang bersifat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah. Tanaman anggota famili Poaceae itu juga berkhasiat mengobati penyakit darah tinggi, menurunkan suhu, melancarkan urine, menghentikan pendarahan, antiinflamasi, dan antidisfungsi ereksi.

Daun cincau kaya kandungan klorofil

Daun cincau kaya kandungan klorofil

Di pasaran kini tersedia ekstrak akar alang-alang yang siap konsumsi. PT Sido Muncul meluncurkan minuman berbahan baku ektrak alang-alang yang terjamin dan higienis. Alang-alang diproses dalam suhu rendah dan tekanan terkontrol sehingga tidak merusak senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Terdapat 3 varian rasa, yaitu ekstrak jeruk manis, ekstrak jeruk nipis, dan yang terbaru ekstrak sirsak. Produsen minuman multikhasiat itu juga menambahkan ekstrak daun cincau hijau dan vitamin C dalam ekstrak ilalang. Ekstrak daun cincau hijau juga berperan menghilangkan panas dalam. Daun cincau hijau mengandung klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiperadangan. Sementara itu jeruk kaya vitamin C dan antioksidan. Untuk hasil maksimal, perbanyak minum air putih sehingga tubuh cepat kembali bugar. Istirahat cukup juga membantu tubuh terhindar dari panas dalam.

Baca juga:  Funchamp ke-16

“Jeruk merupakan buah kesukaan sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga terpilih sebagai rasa alang sari,” ujar Manajer Produk, Boejoeng Mulia. Dengan kemajuan teknologi, Basuri tak perlu lagi membuat sendiri ramuan tradisional itu. Untuk mencegah panas dalam, pria kelahiran Tanjungpandan 1 Desember 1967 itu cukup melarutkan sebuah saset AlangSari Plus dalam 200 ml air. Basuri menyeduh dengan air dingin, mengaduk rata, dan meminumnya. Ia minum larutan itu sesudah makan, sekali sehari. Walau tetap makan gorengan, pada malam hari Basuri tidak merasa panas di tenggorokan. Akar gulma yang acap kali kita sia-siakan itu ternyata mujarab mengatasi beragam gangguan kesehatan. (Kartika Restu Susilo)

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d