Binahong mampu redakan asam urat.

Binahong mampu redakan asam urat.

Konsumsi daun binahong menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Menu kegemaran Ahmad Fatoni adalah jeroan yang gurih. Beberapa saat setelah menyantap menu favoritnya itu ia akan merasakan nyeri yang luar biasa di pergelangan kakinya. Ia merasakan kakinya seperti ditusuki jarum bila berjalan. Itulah sebabnya pria 47 tahun itu kerap kali harus berhenti beberapa kali ketika berjalan dari kamar tidur menuju kamar mandi hanya untuk sedikit meredakan nyeri.

Fatoni paham, kegemaran akan jeroan menyebabkan kadar asam uratnya naik. Pernah suatu ketika Ahmad memeriksakan di sebuah klinik kesehatan ketika nyeri melanda, kadar asam uratnya hampir 10 mg/dl. Padahal, kadar asam urat normal untuk laki-laki dewasa adalah 3,5—7,2 mg/dl. Kalau sudah begitu Ahmad segera mengonsumsi obat berbahan aktif allopurinol untuk mengurangi derita asam urat.

Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dapat menyebabkan asam urat.

Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dapat menyebabkan asam urat.

Purin
Data Kementerian Kesehatan pada 2008 menunjukkan penderita asam urat di Indonesia cukup tinggi, sekitar 29% dari total penduduk. Menurut dr Rulli M.A.Roesli, SpPDKGH, ahli ginjal dari Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. RA Habibie, Bandung, asam urat yang tidak segera diobati berkembang menjadi penyakit yang lebih berat.
“Batu ginjal dan bahkan gagal ginjal dapat terjadi akibat keterlambatan penanganan penyakit asam urat,” kata mantan Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia. Umumnya dokter meresepkan obat berbahan aktif allopurinol untuk mengurangi kadar asam urat. Namun, penggunaan obat itu dalam jangka panjang dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.

Bagi pengonsumsi yang mengalami alergi akan muncul warna kemerahan di kulit. Efek lebih parah menyebabkan demam, menggigil, jumlah sel darah putih meningkat di atas nilai normal, dan kadar eusinofil di dalam darah meningkat.Kegemaran konsumsi jeroan, kacang-kacangan, dan melinjo yang mengandung purin tinggi penyebab asam urat. Sebenarnya purin adalah zat alami yang ditemukan pada semua sel-sel tubuh dan terdapat dalam setiap bahan makanan.

Baca juga:  Kelor Turunkan Asam Urat

Tubuh manusia memetabolisme purin dan mengubah menjadi asam urat. Dalam kondisi normal, tubuh membuang asam urat sisa metabolisme melalui urine. Namun konsentrasi yang berlebihan di dalan tubuh menyebabkan tidak semua asam urat dapat dibuang melalui urine dan akan berkumpul di persendian. Penumpukan asam urat dalan jangka panjang akan membentuk kristal di jaringan ikat atau ruang antara dua tulang.

Dampaknya muncul peradangan dengan gejala pembengkakan. Selain efek jangka panjang, penggunaan obat sintetis secara ekonomi juga memberatkan dalam hal biaya. Sejatinya di Indonesia banyak tanaman berkhasiat yang lebih aman untuk penyembuhan asam urat, salah satunya binahong. Masyarakat mengenal binahong sebagai penawar nyeri gigi, pembengkakan, nyeri kepala, panas dalam, diabetes mellitus, mag, sariawan.

Wahyu Suprapto, herbalis dari Batu, Jawa Timur

Wahyu Suprapto, herbalis dari Batu, Jawa Timur

Setara allopurinol
Selain itu ternyata binahong Anredera cordifolia itu juga mampu mengatasi asam urat. Dalam penelitian Nida Ghania Lidinilla dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, ekstrak binahong mampu menurunkan kadar asam urat hewan uji. Dalam penelitian itu Nida menggunakan hewan uji 36 tikus putih jantan yang diinduksi kafein secara intrapersonal dengan dosis 3 mg per 200 g bobot tubuh.

Nida Ghania membagi hewan percobaan itu dalam 6 grup perlakuan yaitu kelompok normal yang merupakan kelompok kontrol tanpa perlakuan, kontrol negatif yang hanya diinduksikan kafein, kelompok kontrol pembanding yang diberi allopurinol, kelompok dosis rendah yaitu 50 mg per kg bobot tubuh ekstrak daun binahong, kelompok dosis sedang (100 mg), dan kelompok dosis tinggi (200 mg).

Baca juga:  Arang Bergelimang Dolar

Periset itu menggunakan allopurinol untuk membandingkan ekstrak etanol 70% daun binahong. Pengukuran kadar asam urat darah sebelum dan sesudah pemberian ekstrak pada hari ke-9, 12, dan 15. Dari hasil penelitian diketahui efek penurunan kadar asam urat tertinggi terjadi pada pengukuran hari ke-15. Pada kelompok perlakuan dosis pemberian ekstrak daun binahong, persentase tertinggai 91,83% pada dosis 200 mg.

Jahe membuat nyaman penderita asam urat.

Jahe membuat nyaman penderita asam urat.

Hasil itu hanya terpaut sedikit dari penggunaan kontrol pembanding yang menggunakan allopurinol yaitu 96,73%. Itu menunjukkan bahwa ekstrak etanol 70% daun binahong mempu mengatasi asam urat, dengan nilai persentase tidak jauh dari penggunaan obat dengan bahan aktif allopurinol yang diresepkan dokter.

Menurut herbalis di Kota Batu, Jawa Timur, Wahyu Suprapto, binahong biasa digunakan untuk mengobati masalah pencernakan dan mengembalikan stamina setelah sakit. Selain itu khasiat binahong untuk mengatasi nyeri lutut yang disebabkan oleh rematik artitis, ataupun gout. Bagian tanaman yang biasa dipakai adalah umbi, akar, dan tunas yang masih muda.

Caranya dengan merebus 30—60 g bagian tanaman yang dipakai ke dalam 400—600 ml, hingga air mendidih dan berkurang setengahnya. Setelah air rebusan dingin, konsumsi 2 kali dalam sehari. Tanaman merambah yang semula dianggap gulma itu ternyata berkhasiat untuk menurunkan kadar asam urat. (Muhammad Awaluddin/Peliput: Hernawan Nugroho).

Binahong Turunkan Asam Urat

Binahong Turunkan Asam Urat

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Similar Posts