Pasar Mocaf Mancanegara 1
Modified cassava flour (mocaf) mengisi pasar dalam negeri dan pasar mancanegara.

Modified cassava flour (mocaf) mengisi pasar dalam negeri dan pasar mancanegara.

Tepung mocaf produksi dalam negeri mengisi pasar ekspor.

Sejak Februari 2018, Suyoso rutin mengirimkan tepung singkong termodifikasi atau modified cassava flour (mocaf) ke Australia. Produsen di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, itu mengirimkan 100 kg mocaf pada Februari 2018. Pada Maret dan April 2018 Suyoso memasok masing-masing 150 kg mocaf setiap bulan. Artinya permintaan mocaf di Australia meningkat 50%. Saat ini ia hanya memenuhi permintaan 1 distributor di Australia.

Pengelola CV Agro Nirmala Sejahtera, Bekasi, Jawa Barat, Suyoso, rutin memasok 100—150 kg mocaf ke Australia sejak Februari 2018.

Pengelola CV Agro Nirmala Sejahtera, Bekasi, Jawa Barat, Suyoso, rutin memasok 100—150 kg mocaf ke Australia sejak Februari 2018.

“Ada sekitar 5 distributor lain di sana,” kata Pengelola CV Agro Nirmala Sejahtera itu. Dengan kata lain masih ada peluang pasar mocaf di Australia. Agar masuk pasar Australia Prodes—merek mocaf Suyoso—juga mesti terbukti tidak mengandung gluten. Oleh karena itu, ia memeriksakan mocaf miliknya ke laboratorium di negara berpenduduk asli Aborigin itu.

Bebas gluten

Hasil pengujian menunjukkan, mocaf kreasi Suyoso tidak mengandung gluten sehingga konsumen di Australia dapat membeli produk itu. Ahli gizi dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, M.S., mengatakan penderita autisme disarankan mengonsumsi makanan bebas gluten seperti mocaf. Musababnya anak berkebutuhan khusus sensitif gluten yang antara lain terdapat dalam terigu.

Menurut peneliti mocaf di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor, Jawa Barat, Misgiyarta, S.P.,M.Si., mengatakan mocaf lebih unggul ketimbang terigu lantaran berserat dan berkalsium tinggi. Keunggulan itu membuat masyarakat dalam dan luar negeri memburu mocaf. Apalagi tren hidup sehat tengah menguat.

Manggu salah satu varietas singkong terbaik untuk memproduksi mocaf.

Manggu salah satu varietas singkong terbaik untuk memproduksi mocaf.

Bagaimana cara mendapatkan pembeli dari negara lain? “Salah satunya mengikuti pameran yang pengunjungnya juga warga negara asing,” kata produsen mocaf sejak 2015 itu. Sebetulnya Suyoso juga pernah mengirim 250 kg mocaf ke Korea Selatan pada 2015. Sayang, permintaan dari Negeri Ginseng itu berhenti. Ia memproduksi mocaf sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu berserat kasar maksimal 2%, derajat putih minimal 87%, dan berkadar air maksimal 13%.

Baca juga:  Herbal Atasi Sjogren

Masuknya mocaf ke Australia itu sebuah prestasi prestisius. Sebelumnya saat kali pertama ditemukan pada 2005 penjualan mocaf hanya di dalam negeri.

Tantangan

Tidak hanya Suyoso yang berhasil mengeskpor mocaf ke mancanegara. Nun di Padangpariaman, Sumatera Barat, Antonyus, pun mengirimkan 100 kg mocaf ke Uni Emirat Arab pada Februari 2018. Syarat mocaf produksi Antonyus mesti mendapatkan izin produksi pangan berupa Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun terpenuhi. Pembeli itu menyukai produk milik Antonius dan memesan 1.000 ton mocaf per bulan selama 10 bulan.

Mocaf hampir sama dengan terigu karena bisa diolah menjadi aneka penganan seperti kue kering.

Mocaf hampir sama dengan terigu karena bisa diolah menjadi aneka penganan seperti kue kering.

Sayangnya penjualan mocaf ke negeri di Timur Tengah itu tidak berlanjut lantaran pembeli mematok harga terlampau rendah yakni sekitar Rp7.000 per kg untuk pengiriman berikutnya. Meski begitu pria yang pernah bekerja di Jepang itu pantang menyerah. Pembeli lain pun berdatangan. Ia mengekspor lebih dari 1 ton mocaf ke Amerika Serikat pada Mei 2018. Pembeli asal Negeri Abang Sam menghendaki mocaf bersertifikasi organik dari lembaga di Indonesia.

Antonyus mengirimkan 100 kg mocaf ke Uni Emirat Arab pada Februari 2018 dan lebih dari 1 ton mocaf ke Amerika Serikat pada Mei 2018.

Antonyus mengirimkan 100 kg mocaf ke Uni Emirat Arab pada Februari 2018 dan lebih dari 1 ton mocaf ke Amerika Serikat pada Mei 2018.

“Setelah mendapatkan sertikat organik, saya siap mengirim mocaf ke Amerika Serikat,” kata pria berumur 37 tahun itu. Pembeli dari Amerika Serikat itu juga berkenan menerima mocaf asal Padangpariaman berapa pun jumlahnya asal berseritifikat organik. Rencana ekspor mocaf itu terwujud berkat bantuan kawan Antonyus. Semula Antonyus memang menyasar pasar mocaf mancanegara. Alasannya kesadaran mengonsumsi pangan sehat masyarakat luar negeri lebih tinggi daripada mayoritas masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Bersatu Lebih Untung

Boleh dibilang pasar bahan pangan sehat seperti mocaf sudah terbentuk di mancanegara sehingga penjualan relatif lebih mudah. Hanya saja produsen mocaf mesti melengkapi dokumen yang diminta pembeli dari negara tujuan seperti sertifikat organik. Antonyus beruntung karena pembeli menerima sertifikat organik dari lembaga di tanah air.
Lazimnya pembeli dari mancanegara menginginkan sertifikat organik dari lembaga internasional. Selain kelengkapan dokumen, kualitas mocaf mesti diperhatikan. “Pembeli dari mancanegara menyukai mocaf berwarna putih terang, beraroma tawar, dan tidak berbau gaplek,” kata produsen mocaf sejak November 2017 itu. Jika tantangan itu teratasi makin banyak mocaf Nusantara yang diterima pasar mancanegara. (Riefza Vebriansyah)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *