Pasar Ingin Lemon Kalifornia 1

Trubus Edisi Agustus 2018 Highrest.pdf

Lemon kalifornia menembus pasar buah tanah air mendampingi lemon impor.

Di sebuah pasar swalayan ternama di Kota Bogor, Jawa Barat, terpajang buah lemon yang tersusun rapi membentuk piramida. Yang menarik, di belakang tumpukan buah lemon itu tertulis lemon lokal yang dijual dengan harga Rp33.900 per kg. Harga jual itu jauh lebih murah daripada lemon impor yang dipajang di sebelahnya. Harga lemon impor mencapai Rp49.900 per kg.Meski lemon lokal, penampilan buah tak kalah menarik dibandingkan dengan lemon impor.

Warna kulit buah sama-sama kuning mentereng. Yang membedakan bentuk buah. Pada bagian bawah buah lemon impor tampak seperti benjolan. Pada lemon lokal benjolan itu tidak terlalu kentara bahkan sebagian besar buah cenderung tanpa benjolan. Lemon lokal itu juga cenderung berbentuk lebih membulat bila dibandingkan dengan lemon impor yang lonjong. Ukuran buah lemon lokal juga cenderung lebih besar.

Lemon kalifornia

Sebagian besar pekebun lemon di tanah air membudidayakan lemon kalifornia.
Sebagian besar pekebun lemon di tanah air membudidayakan lemon kalifornia

Menurut pemasok lemon lokal di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rio Erlangga, jeruk lemon lokal yang dimaksud bukanlah lemon berukuran kecil atau yang kerap disebut jeruk nipis. “Pasar swalayan biasanya menempatkan jeruk nipis di bagian sayuran. Kalau lemon masuk kategori buah-buahan,” ujarnya. Lemon yang ia pasok kerap disebut lemon kalifornia.

Rio memperoleh pasokan lemon kalifornia dari para pekebun di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Bogor, dan Sukabumi, semuanya di Provinsi Jawa Barat. Para pekebun menyebut lemon kalifornia lantaran sumber bibit berasal dari Kalifornia, Amerika Serikat. Pada 2011 seorang pengacara asal Kota Bandung, Jawa Barat, Bob Nainggolan, S.H., memperoleh bibit dari seorang kolega yang berkunjung ke Kalifornia.

Di sana rekan Bob sengaja membeli lemon yang masih beranting di sebuah toko buah agar bisa dijadikan bibit. Ia membawa ranting itu dan menaruhnnya dalam koper bersama lipatan baju. Ia memanfaatkan ranting itu sebagai batang atas untuk menghasilkan bibit dengan teknik okulasi. Bibit hasil okulasi itu ternyata sukses bertahan hidup. Bob lalu menanam bibit lemon asal Negeri Abang Sam itu di kebunnya di kawasan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Baca juga:  Jantung Kembar

Bibit mampu bertahan hidup dan berbuah lebat di kebun Bob. Lemon introduksi itu bahkan berbuah lebat meski ditanam di dalam pot di dak lantai 2 rumahnya di Kota Bandung. Sejak itu bibit lemon kalifornia menyebar di kalangan para penangkar tanaman buah. Beberapa pekebun di kawasan Lembang pun makin banyak yang mengebunkan. Jika melihat bentuk buahnya, lemon kalifornia itu mirip dengan lemon varietas meyer yang banyak dikembangkan di Kalifornia.

Menurut pengamat kuliner alumnus The French Culinary Institute, Kelli Foster, lemon meyer sebetulnya lemon introduksi yang didatangkan ke Amerika Serikat dari Tiongkok pada awal abad ke-20. Menurut Frank Curk dari Institut National de la Recherche Agronomique (INRA), San Giuliano, Perancis, lemon meyer adalah lemon hibrida asal Tiongkok hasil perkawinan silang antara Citrus medica dengan Citrus reticulata atau pamelo Citrus maxima. Masyarakat Tiongkok menanam lemon meyer sebagai tanaman hias lantaran buahnya lebat dan warna atraktif.

Bonnie brae

Peneliti di United States Department of Agriculture (USDA), Frank Nicholas Meyer, membawanya ke Amerika Serikat pada 1908. Pada pertengahan 1940-an, lemon meyer banyak ditanam di Kalifornia. Namun, ketika itu mayoritas pohon jeruk meyer yang dikloning terserang penyakit akibat virus Citrus tristeza. Serangan virus anggota famili Closteroviridae itu membunuh jutaan pohon jeruk di seluruh dunia.

Jika bertahan hidup tanaman berhenti berproduksi. Setelah penemuan penyakit itu, sebagian besar pohon meyer di Amerika Serikat dihancurkan untuk menyelamatkan pohon lain yang sehat. Pada 1950 University of California berhasil menyeleksi lemon meyer yang bebas kontaminasi virus. Lemon meyer hasil seleksi itu kemudian disertifikasi dan dirilis pada 1975 dengan nama baru ‘improved meyer lemon’ atau Citrus × meyeri ‘Improved’.

Lemon kalifornia (kanan) berukuran lebih besar sehingga menghasilkan air perasan lebih banyak dibandingkan dengan lemon impor (kiri).
Lemon kalifornia (kanan) berukuran lebih besar sehingga menghasilkan air perasan lebih banyak dibandingkan dengan lemon impor (kiri)

Buah tanaman anggota famili Rutaceae itu mulai dikenal sebagai bahan makanan di Amerika Serikat pada 1970. Ketika itu seorang juru masak di sebuah restoran bernama Chez Panisse di Kalifornia, Alice Waters, menggunakan lemon meyer pada resep makanan khas Kalifornia. Menurut Kelli lemon meyer mempunyai citarasa berbeda dengan lemon yang biasa dikonsumsi masyarakat Amerika Serikat.

Baca juga:  12 Cara Menanam Cabe Gendot di Pot Hingga Panen Sukses

Masyarakat di sana biasanya lebih banyak mengonsumsi lemon jenis bonnie brae. Kelli menjelaskan rasa lemon bonnie brae masam sekali, sedangkan meyer sedikit manis. “Makin matang buah, rasa masam lemon kalifornia makin berkurang dan rasa manisnya bertambah,” tutur Rio. Itulah sebabnya sebagian masyarakat Amerika Serikat menikmati meyer sebagai salah satu bahan salad.

Jika dilihat dari bentuk buahnya, lemon impor yang membanjiri pasar tanahair kemungkinan adalah jenis bonnie brae. Saat ini beberapa pekebun di tanah air juga ada yang membudidayakan lemon yang banyak dikembangkan di daerah Bonita, Kalifornia, Amerika Serikat, sejak 1800-an itu. Meski demikian Rio lebih memilih lemon meyer karena menghasilkan air perasan lebih banyak ketimbang lemon impor. 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments