Parfum Bikin Walet Betah 1
Walet nyaman dengan parfum aroma.

Koleksi : PT EMS, Walet nyaman dengan parfum aroma.

Penyemprotan parfum khusus di rumah walet menyebabkan si liur emas betah.

Parfum bukan hanya membuat tubuh wangi, tapi juga membikin nyaman dan membangkitkan semangat. Bagi kawanan burung walet demikian juga, parfum membuat mereka betah. Lihat saja di sebuah klenteng di daerah Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, banyak walet menginap di ruangan samping altar. “Padahal di ruangan sebelahnya ada asap karena banyak orang membakar dupa,” kata Eddy Wijaya yang mengamati perkembangan walet di klenteng itu.

Manajer PT Energitama Multiguna Solusi, Peter John.

Manajer PT Energitama Multiguna Solusi, Peter John.

Semula praktikus walet di Cengkareng, Jakarta Barat, itu menuturkan, “Dulu saya bingung hingga belasan tahun kondisinya tetap sama.” Menurut Eddy walet betah karena aroma cocok untuk si liur emas tinggal. Aroma perpaduan dupa dan kayu-kayuan membuat walet nyaman dan meningkatkan insting homing atau pomah. Kasus lain di sentra tempat anyaman bambu juga banyak burung walet bersarang. Burung banyak masuk dari ventilasi di atas pintu. Itu makin menguatkan walet menyenangi aroma yang membuatnya rileks.

Cegah stres

Menurut manajer produsen perangkat walet dari PT Energitama Multiguna Solusi (EMS), Peter John, hal itulah yang mendasarinya membuat “parfum” khusus walet. Produk kreasi PT EMS itu berbentuk gas dalam kaleng semprot. Satu kaleng berisi 280 ml. Menurut Peter aroma diperkuat dengan formula pomah atau insting homing yang membuat anakan dan indukan nyaman atau betah dan selalu kembali ke tempat asalnya.

Formula pomah dapat mengurangi stres pada walet sehingga indukan walet cepat membuat sarang. Peter mengatakan, anakan burung yang terbiasa dengan aroma maka insting pomah akan tumbuh dan berkembang. Senyawa aromatik mengikat anakan walet makin betah di rumah walet hingga menjadi indukan baru. Pada walet dewasa aroma akan membangkitkan semangat atau gairah walet untuk kawin. Jika walet kawin maka produktivitas sarang akan meningkat.

Parfum aroma bisa disemprotkan pada tweeter agar aroma menempel pada tweeter.

Parfum aroma bisa disemprotkan pada tweeter agar aroma menempel pada tweeter.

Menurut ayah satu orang anak itu, parfum makin efektif jika di rumah walet kelembapan hingga 80—90%. Desain bangunan dan tata ruang yang kondusif juga disarankan agar parfum makin efektif. Kelembapan rendah dan terlalu banyak ventilasi membuat penggunaan parfum kurang efektif. Rumah walet berukuran 6 m x 4 m memerlukan sebuah parfum. Jika rumah walet lebih besar, maka kebutuhan parfum juga lebih banyak.

Baca juga:  Binahong Atasi Tifus

Peter mengatakan kelebihan lain parfum aroma kreasi EMS adalah mencegah tumbuhnya bakteri dan cendawan. Pasalnya, salah satu komposisi senyawa aktif di dalam parfum yang mengandung antibakteri dan anticendawan. Penyemprotan parfum bisa secara manual atau otomatis, yakni jika alat dikombinasikan dengan dispenser parfum—mirip pengharum ruangan. Maka parfum akan menyemprot otomatis dengan interval waktu tertentu seperti 30 menit sekali.

Peter menyarankan penyemprotan parfum pada padi pukul 05.00—06.00 dan 15.00—19.30. Harap mafhum, pada siang hari burung pergi mencari pakan. Frekuensi penyemprotan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Penyemprotan bisa diatur selang 30 menit pada pagi dan sore untuk hasil optimal. Pemasangan parfum di dekat area keluar masuk burung. Tujuannya agar aroma parfum itu menempel pada tubuh walet.

Kombinasi

Ketika siang hari mencari pakan walet lain akan tertarik dan ikut pulang ke rumah burung walet yang sudah terkena aroma parfum. Selain senyawa antibakteri kandungan lain dari parfum itu yakni ekstrak walet, dan pewangi kayu-kayuan yang disenangi walet. Kelebihan lainnya aroma juga aman jika terhirup manusia. Menurut Peter penggunaan aroma dikombinasikan dengan nesting plank twetter. Semprotkan aroma parfum pada nesting plank twetter atau jenis twetter untuk menarik walet hinggap.

Pengalaman Peter aroma yang menempel pada nesting plank twetter masih menempel hingga satu tahun. Perlakuan itu disarankan bagi rumah walet baru. Adapun jika pemakaian normal satu kaleng 280 ml itu bisa dipakai hingga 2.500 kali semprot atau berdurasi rata-rata 1,5—2 bulan. EMS melepas produk parfum itu pada November 2017. Bahan baku parfum berupa ekstrak kayu dan bambu. Sayang, Peter enggan membuka jenis bahan baku parfum.

Perusahaan itu membanderol sekaleng parfum Rp150.000 dengan volume 280 ml. Hingga kini sudah terjual puluhan ribu buah. Pembeli terbanyak antara ain dari Kalimantan Timur dan Sulawesi. Harapan Peter semoga banyak pemilik gedung di seluruh tanah air merasakan faedah inovasi anyar kreasi PT EMS. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Baca juga:  Wangi dan Kaya Protein

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *