Upaya Rici Solihin memperpendek rantai pasokan dengan membentuk kemitraan.

Upaya Rici Solihin memperpendek rantai pasokan dengan membentuk kemitraan.

Untuk memenuhi permintaan pasar, Rici Solihin bermitra dengan para petani paprika lain di Desa Pasrilangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dengan membentuk Kelompok Tani Segar Barokah. Hingga kini terdapat 10 petani dan 40 buruh tani yang bergabung menjadi mitra. Menurut Rici pembentukan kelompok tani itu diharapkan dapat memutus rantai pasokan yang panjang.

“Dalam satu rantai pasokan terdapat setidaknya 6—7 tujuh perantara,” ujarnya. Akibatnya, para petani hanya mendapatkan untung maksimal 30%, sisanya dinikmati tengkulak. “Jika kita bisa mempersingkat rantai pasokan menjadi tiga atau dua, itu bisa meningkatkan pendapatan petani. Keuntungan petani bisa naik lebih dari 40%,” katanya. Untuk memutus rantai pasokan itu Rici melakukan strategi bisnis dengan menyasar penjualan paprika ke pasar yang melayani konsumen langsung, seperti restoran, pasar swalayan, dan hotel.

Rici juga mengembangkan aplikasi berbasis internet dengan nama Farmtastic. Dengan aplikasi itu konsumen akhir bisa langsung memesan komoditas sayuran dan buah-buahan kepada petani sehingga tidak lagi bergantung pada tengkulak. Berkat ide pembuatan aplikasi itu, Rici mendapat penghargaan sebagai Juara I dalam Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALI) Pitch Master Chef Business Competition. Kompetisi itu salah satu rangkaian kegiatan YSEALI Generation: Power of Entrepreneurship yang digelar di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, pada 27—31 Mei 2015.

Meski demikian, Rici tidak bermaksud mematikan tengkulak. Caranya dengan menyasar segmen pasar berbeda. Para tengkulak biasanya menjual produk ke pasar induk tanpa memperhitungkan kualitas sehingga tidak melakukan grading. Adapun Rici menyasar pasar menengah ke atas. “Oleh sebab itu kami hanya menerima paprika berkualitas premium,” ujarnya. Cirinya kondisi buah harus mulus dan berbobot sekilo isi 6—7 buah. (Imam Wiguna)

Baca juga:  Rupiah dari Kale

Tags: paprika, petani muda, rici solihin

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d