543_ 14-15Salah satu kelebihan lengkeng new kristal adalah daya tahan bunga dan buah dari terpaan hujan dan terik matahari. Dengan demikian pekebun dapat mengatur waktu berbuah new kristal sepanjang tahun tanpa khawatir buah gugur. Menurut penangkar bibit buah di Demak, Jawa Tengah, Prakoso Heryono, persentase bunga new kristal pada musim hujan hanya 10—15%; itoh 30—40 %. Waktu panen yang diinginkan pekebun biasanya menjelang Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan Imlek.

Ketika itulah permintaan buah cenderung meningkat. Sebaliknya pekebun justru menghindari panen berbarengan dengan masuknya buah asal Thailand ke Indonesia, yakni Agustus—September. Saat itu harga lengkeng relatif murah, Rp15.000 per kg. Itulah sebabnya pekebun menetapkan waktu panen yang diinginkan di luar banjir lengkeng.

Setelah itu menarik mundur 5,5—6 bulan dari waktu panen untuk merangsang bunga. Enam bulan itu waktu pembesaran sejak munculnya bunga hingga buah siap panen. Contoh bila menginginkan panen pada Natal dan Tahun baru, maka pekebun memberikan larutan perangsang pada 25 Juli—10 Juli.

543_ 14

Tags: lengkeng, panen lengkeng

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d